Tips Mengatasi Dinding Lembab

By admin 30-09-2021 35

Tips Mengatasi Dinding Lembab

Dinding rumah yang lembab seringkali menimbulkan banyak masalah, mulai dari cat dinding yang rusak, menimbulkan bau yang tak sedap, serta menimbulkan sirkulasi udara yang kurang sehat. Dinding yang lembab disebabkan oleh beberapa hal bisa jadi karena sering terkena rembesan air hujan karena atap rumah yang bocor.

Tentu saja, dinding yang lembab pun juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan pernafasan bagi pemilik rumah. Lalu bagaimana cara mengatasi dinding lembab? Simak cara mudah berikut ini!

Tips Mengatasi Dinding Lembab

Memeriksa Atap dan Pipa Air

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lakukan pemeriksaan pada atap dan juga pipa air di dekat dinding yang lembab. Biasanya, dinding yang lembab tak akan jauh dari atap yang bocor karena air merembes masuk ke dalam tembok dan secara perlahan dinding tembok akan menjadi berjamur dan rusak.

Apabila Anda telah menemukan kerusakan pada atap yang bocor, segera perbaiki atap yang rusak dan gantilah dengan talang pipa air yang baru.

Buatlah Sirkulasi Udara yang Cukup

Berikan Sirkulasi Udara

Faktor lain yang menyebabkan dinding lembab dan berjamur adalah kurangnya sirkulasi udara pada ruangan sehingga menimbulkan dinding Anda lembab. Alangkah lebih baik, jika Anda membuat sirkulasi udara seperti membuat jendela buatan untuk memberikan sirkulasi udara serta pencahayaan alami.

Gunakan Cairan Fungisida atau Anti Jamur

Dinding tembok yang lembab umumnya disebabkan oleh adanya jamur dipermukaan dinding yang menyebabkan dinding Anda menjadi lembab. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu Anda bisa memberikan cairan anti jamur (fungisida) pada dinding tersebut setelah dibersihkan dari jamur yang ada. Anda juga bisa melakukan bentuk pencegahan pada dinding tembok Anda yang tidak berjamur.

Cat Dinding menggunakan Waterproof

Pemberian cat dinding anti air (waterproof) juga menjadi salah satu cara umum yang dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi dinding tembok yang lembab. Barikan cat dinding anti air yang berkualitas untuk mengatasi dinding Anda yang lembab.

Pasang Keramik Dinding

Pasang Keramik pada Dinding

Cara yang terakhir, untuk mengatasi dinding yang lembab yaitu Anda bisa memasang keramik pada dinding rumah Anda. Selain bisa mengatasi lembab pada dinding, keramik juga bisa memberikan kesan menarik pada dinding rumah Anda.

Semoga artikel ini bisa membantu sobat MasukSini properti untuk mengatasi dinding yang lembab pada rumah Anda. Alangkah lebih baik, apabila Anda berkonsultasi langsung kepada tukang yang ahli menangani kebocoran terlebih dahulu untuk mengetahui solusi terbaik.

Berita Terkini
Cara Mudah Registrasi Akun Baru di MasukSini.com

Lift Rumah Anjlok, Pria Berbobot 275 Kg Asal Malang Celaka

Teknik Mengambil Foto Properti Biar Cepat Laku

Tempat Wisata di Malang untuk Liburan Seru Bersama Keluarga

Kejahatan Perbankan di Era Digital

Pra-KTT Y20 Bahas Pentingnya Keuangan Digital Bagi Anak Muda

Inspirasi Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah

TV Analog Migrasi ke TV Digital Tahun Ini!

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Tips Menata Ruangan Minimalis Type 36