Loading...
Tips & Trik - Rumah

7 Tips Menggunakan AC Agar Cepat Dingin

7 Tips Menggunakan AC Agar Cepat Dingin
Share:

AC merupakan salah satu peralatan yang banyak dipilih oleh banyak orang, terutama penduduk kota dengan udara panas, untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

Namun AC yang digunakan sehari-hari memerlukan perawatan rutin agar fungsinya tetap optimal.

Sayangnya, banyak kesalahan yang dilakukan saat menggunakan AC sehingga mempengaruhi efisiensi, efektivitas, dan keamanannya.

Mark Mendel, peneliti di Lawrence Berkeley National Laboratory's Indoor Environment Group mengatakan, AC jika tidak dirawat dengan baik dapat terkontaminasi mikroorganisme yang berbahaya jika terhirup.

Laporan Time pada Kamis (13 Oktober 2022). Berikut tujuh kesalahan yang dilakukan orang saat menggunakan AC.

Filter AC tidak pernah diganti atau dibersihkan

Filter AC sentral harus diganti minimal tiga bulan sekali jika digunakan terus menerus.

"Jika Anda tidak melakukan ini, filter yang kotor dapat mengurangi aliran udara dan menyebabkan kumparan evaporator unit membeku," kata James Brown, Profesor Teknik dan Direktur Pusat Arsitektur Kinerja Tinggi di Universitas Purdue.

Filter yang kotor dapat meningkatkan tagihan listrik AC Anda sebesar 5-15% dan memperpendek umur AC Anda.

Jika Anda memiliki AC split tanpa saluran, unit ini memiliki panel yang dapat dilepas sehingga Anda dapat membersihkannya dengan lap tanpa harus mengganti filter.

Suhu yang diatur terlalu rendah

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh manusia dapat beradaptasi dengan panas atau dingin dengan sangat cepat, misalnya dalam waktu 1-2 minggu.

Menaikkan suhu AC beberapa derajat dapat mengurangi biaya AC hingga 3%. Ada efek penghematan energi ketika suhu dipasang sekitar 22-24℃.

Banyak anggapan yang mengira ketika suhu AC dipasang serendah mungkin, misal 16℃, maka ruangan akan menjadi cepat dingin. Anggapan ini tidak tepat, karena suhu ruangan tidak sama dengan ruangan menjadi dingin merata.

Bagaimana agar ruangan menjadi cepat dingin semisal dengan suhu 24℃, maka pasanglah fan/kipas paling kencang (jika perlu gunakan mode turbo).

Menyejukkan ruangan tanpa penyekat

Saat ventilasi dibuka atau ruangan tidak ada penyekat, AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Oleh karena itu, tutuplah pintu dan jendela Anda agar tidak membuang-buang energi.

Tanpa tirai

Sinar matahari yang terang adalah musuh AC. Anda bisa melindungi ruangan Anda dari panasnya sinar matahari dengan menutup tirai untuk menghalangi sinar matahari.

Tidak ada termostat yang dapat diprogram

Braun mengatakan termostat yang dapat diprogram dapat menaikkan suhu secara otomatis saat Anda bepergian, sehingga menghemat jutaan rupiah per tahun untuk biaya AC.

Termostat cerdas yang dapat dikontrol melalui ponsel cerdas Anda akan memudahkan pemrograman.

Lokasi termostat atau ventilasi salah

Termostat tidak ditempatkan dengan benar. Berada di dekat lampu dan jendela dapat membuat AC Anda bekerja lebih keras. Menghalangi ventilasi AC Anda dengan furnitur atau tirai dapat berdampak buruk pada sirkulasi udara.

Tanpa Kipas Angin

Segala jenis kipas angin, terutama kipas langit-langit, mengalirkan udara sejuk ke seluruh rumah Anda dan mengurangi konsumsi daya AC.

Di musim panas, pastikan kipas langit-langit Anda berputar berlawanan arah jarum jam untuk meningkatkan aliran udara.

0 Komentar

Kirim Komentar

Slilahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top