8 Rekomendasi Jenis Genteng Rumah Buat Kamu!
Tips & Trik

8 Rekomendasi Jenis Genteng Rumah Buat Kamu!

Sebelum membangun rumah banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya yaitu memilih jenis genteng yang tepat sesuai dengan kebutuhan kalian. Pasalnya, dalam memilih jenis genteng tidak hanya kelebihannya saja yang harus dipertimbangkan, namun juga berpengaruh pada konsep desain rumah sehingga akan terlihat proporsional serta menawan.

Disamping itu, pilihlah jenis genteng yang minim resiko artinya selain tidak mudah retak juga tahan lama sehingga dapat melindungi rumah dari panasnya sinar matahari serta hujan. Sebenarnya, semua jenis genteng bagus asalkan kita memahami kelebihan dan kekurangan serta kebutuhan genteng seperti apa yang cocok untuk digunakan. Nah, tanpa berlama-lama kali ini kami akan bagikan 8 rekomendasi jenis genteng rumah buat kamu. Apa saja jenisnya? Simak selengkapnya berikut dibawah ini!

8 Rekomendasi Jenis Genteng Rumah Buat Kamu!

1. Genteng Tanah Liatuploaded pictureJenis genteng satu ini, sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam membangun atap rumah. Disamping harganya yang ekonomis, genteng ini juga memiliki cukup ketahanan yang kuat serta ringan. Akan tetapi, metode pemasangannya membutuhkan ketelitian lebih agar tidak mudah bocor serta rentan terhadap jamur dan lumut. Dikarenakan cara pemasangan genteng ini pada atap yang miring menerapkan sistem saling mengikat dan mengunci.

2. Genteng Metal Pasir

uploaded picture

Genteng metal pasir ini berbahan zinc alume yang bagian bawahnya dilapisi back coat zinc alumunium coating, primary epoxy dan masih banyak lagi. Jenis ini mempunyai kemampuan dalam meredam panas matahari serta meredam suara hujan.

3. Genteng Beton

uploaded picture

Biasanya, genteng ini sering digunakan pada rumah bertema minimalis. Karena, kualitas awetnya yang sudah teruji, sehingga jenis ini memiliki harga yang lumayan tidak murah. Genteng beton ini memiliki banyak sekali jenis modelnya, mulai dari model bergelombang hingga datar.

4. Genteng Kayu Uli atau Kayu Besi

uploaded picture

Pada genteng jenis ini, biasanya lebih sering digunakan pada rumah-rumah sederhana yang ingin terlihat mewah. Bentuknya yang memanjang dengan lancip segitiga adalah tampilan yang memberikan kesan alami serta mengalirkan sirkulasi udara dengan baik. Namun, jenis ini memiliki harga yang relatif mahal.

5. Genteng Aspal

uploaded picture

Jenis genteng ini terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya. Meskipun dari aspal jenis ini memiliki beban lebih ringan daripada metal dan keramik. Jenis ini bisa menahan api dan angin kencang. Akan tetapi, membutuhkan kerangka yang kuat untuk menopang beban. Dan tentunya, harga genteng jenis ini tergolong lebih mahal.

6. Genteng Kaca

uploaded picture

Penggunaan jenis genteng satu ini, tentu hanya bisa digunakan pada area tertentu saja. Dimana area ruang dalam rumah yang membutuhkan penerangan cahaya secara alami. Genteng kaca ini terkesan modern serta mampu melindungi dinding ruangan dari kelembapan dan jamur. Akan tetapi, kekurangan dalam penggunaan genteng jenis ini mudah pecah dan membuat suhu ruangan baik jika dipakai berlebihan. 

7. Genteng Keramik

uploaded picture

Ternyata meski keramik, genteng jenis ini tetap terbuat dari tanah liat ya sobat. Hanya saja, pada proses terakhir pembuatan genteng terdapat penambahan lapisan pewarna glatzur.

Penggunaan genteng keramik ini bisa bertahan lama, asalkan dipasang dengan teliti dan detail agar tidak terjadi kebocoran.

8. Genteng Metal atau Logam

uploaded picture

Yang terakhir, genteng metal. Jenis genteng ini jika kita perhatikan bentuknya hampir menyerupai seng. Namun tentu berbeda yang sobat, genteng ini terbuat dari bahan material anti pecah yang membuat aman dari kebocoran serta dilapisi bahan anti karat. Sehingga, pemakaian genteng jenis ini akan terkesan lebih mewah dan modern.

Nah, berikut diatas beberapa pilihan jenis genteng yang bisa Anda jadikan rujukan untuk atap rumah. Pastikan, apapun pilihan genteng kalian sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah sehingga tampilan rumah Anda terkesan proporsional sesuai dengan konsepnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ikuti terus informasi properti lainnya hanya di situs website MasukSini.com