Air Sumur vs Air PDAM, Apa Bedanya?
Tips & Trik

Air Sumur vs Air PDAM, Apa Bedanya?

Air merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan kita. Bahkan, kebutuhan pokok manusia sehari-hari 90% membutuhkan air misalnya saja seperti memasak, mandi, mencuci dan juga sebagai air minum untuk dikonsumsi. Air memanglah sumber kehidupan tidak hanya bagi manusia saja, namun bagi semua makhluk yang ada di bumi termasuk juga tumbuhan ataupun hewan.

Begitu pentingnya air dalam kehidupan kita. Banyak perumahan atau penduduk di Indonesia yang memanfaatkan distributor air yang dikelola oleh pemerintah yaitu PDAM. Selain itu, tidak jarang dari sebagian masyarakat Indonesia menggunakan sumber air sumur untuk memenuhi kebutuhannya. Lalu air sumur dan air PDAM ini, apa bedanya? Yuk mari simak selengkapnya berikut di bawah ini!

Air Sumur vs Air PDAM, Apa Bedanya?

Air PDAM
Air pam merupakan perusahaan daerah air minum yang dikelola oleh pemerintah menggunakan teknologi mutakhir untuk menghasilkan air bersih agar bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Ada ketetapan biaya yang harus dibayar sebelum Anda menggunakan saluran air PDAM dan setelah itu timbul biaya setiap bulan untuk pemakaian air pam dengan jumlah tagihan yang dikeluarkan oleh PDAM.

Air pam ini lebih mudah didapatkan karena jaringannya sudah mencakup ke seluruh Indonesia. Disamping itu, air pam lebih bersih karena sudah dikelola oleh pemerintah untuk siap dikonsumsi. Meski demikian, penggunaan air pam yang akan di konsumsi untuk memasak ataupun air minum tetaplah harus dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan bau kaporit dari efek samping water treatment yang dilakukan oleh PDAM.

Namun meski demikian, kekurangan dari penggunaan air pam ini adalah ketika terjadinya gangguan air mengalir karena adanya proses perawatan jaringan dari pusat PDAM atau bahkan ada pipa air yang harus diperbaiki.
Akan tetapi, meski demikian biasanya akan ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada seluruh pelanggan sebelum melakukan perbaikan, sehingga air akan terputus untuk sementara waktu. 

Air Sumur
Air sumur adalah air yang keluar dari hasil galian tanah dengan mencapai batas kedalaman tertentu sesuai dengan daerahnya. Lantaran air sumur mengalir dari resapan air tanah disekelilingnya.

Nah, darisini terdapat perbedaan jelas antara air pam dan air sumur. Air pam dihasilkan oleh negara melalui serangkaian pipa untuk menyalurkan air ke seluruh masyarakat, sedangkan air sumur dihasilkan dari proses kerja alami dari hasil penggalian tanah.
Air sumur lebih mudah ditemukan di daerah pedesaan. Pasalnya, air sumur dikenal lebih dulu oleh warga sekitar dibandingkan dengan air pam. Air sumur ini merupakan sumber mata air bagi warga dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti memasak, mencuci dan lain sebagainya.

Namun, hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan air sumur adalah kondisi lingkungan sekitar yang harus bersih dan jauh dari pencemaran lingkungan. Misalnya saja, kawasan sekitar pabrik rokok, lokasi industri maupun tempat pengelolaan sampah ini ada baiknya tidak menggunakan air sumur karena dikhawatirkan air sumur akan tercemar dari efek limbah pabrik tersebut.

Jika saat ini Anda berencana ingin membeli rumah baru, hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan terlebih dahulu. Karena, sumber mata air yang bersih dan saluran air mengalir selalu lancar akan memberikan kenyamanan dalam kehidupan Anda.
Nah, sobat MasukSini berikut sedikit uraian perbedaan antara air pam dan air sumur. Memang kebersihan air akan mempengaruhi kehidupan kita untuk terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Pasalnya, mata air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk.

Ikuti terus informasi properti, tips dan trik menarik lainnya hanya di MasukSini.com