Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Rumah Subsidi!
Tips & Trik

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Rumah Subsidi!

Memiliki rumah sendiri memanglah satu hal yang menjadi prioritas setiap orang. Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga, hal ini menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Mengingat harga rumah saat ini yang semakin tinggi memang menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Namun, dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena pemerintah telah menyediakan rumah subsidi yang bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai rumah subsidi, mari kita pahami pengertian dari rumah subsidi itu sendiri. Rumah subsidi adalah program hunian atau tempat tinggal yang mendapat bantuan dari pemerintah sehingga harganya relatif lebih murah dan tidak di kenakan pajak PPN.

Program rumah subsidi ini ada 2 jenis yaitu BP2BT dan FLPP. Subsidi dengan jenis BP2BT adalah bantuan pembiayaan berbasis tabungan, yang mana program BP2BT ini kredit kepemilikan rumah yang bekerja sama antara bank BTN dengan kementerian PUPR serta fasilitas ini diberikan bersama dengan subsidi uang muka kepada masyarakat yang telah memiliki tabungan. Sedangkan program subsidi FLPP yaitu fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan yang dilaksanakan oleh kementerian PUPR. Fasilitas FLPP ini memberikan kemudahan berupa masa tenor yang cukup panjang, angsuran kredit relatif rendah dan keringanan iuran lainnya.

Nah, setelah kita pahami pengertian dari program rumah subsidi diatas. Langkah selanjutnya, yang perlu kita perhatikan sebelum membeli rumah subsidi yaitu kelengkapan berkas. Pasalnya, kelengkapan berkas Anda akan menjadi ketentuan bisa atau tidaknya Anda membeli rumah subsidi. Apa saja berkas yang harus dilengkapi? Simak berikut dibawah ini!

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Rumah Subsidi

Perhatikan Legalitas Perumahannya
Tahap utama, yang harus Anda perhatikan yaitu legalitas perumahan. Hal ini bisa kita perhatikan dari latar belakang pengembang, rekam jejaknya, sistem pembayarannya serta sudah bekerjasama dengan bank apa saja hingga perjanjian jual belinya.
Dari pemahaman ini, maka kita akan terhindar dari penipuan atau kendala transaksi jual beli rumah yang akan menjadi kendala dikemudian hari. Dan hal ini akan membantu proses kelancaraan transaksi jual beli atau lebih mudahnya Anda bisa konsultasikan kepada Agen properti yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Yang Kedua, Perhatikan Komposisi Bangunan
Pada umumnya developer akan mencantumkan spesifikasi bangunan secara terperinci pada brosur perumahannya. Meskipun demikian, ada baiknya apabila Anda mengecek kondisi rumah secara langsung. Pastikan developer menggunakan bahan material yang memiliki kualitas sehingga struktur bangunan menjadi kokoh.

Terakhir, Lengkapi Ketentuan Berkas Anda

Sebelum membeli rumah subsidi, syarat utama yang harus Anda perhatikan betul yaitu kelengkapan berkas data diri Anda. Dari proses pengambilan rumah subsidi, nantinya akan ada beberapa form yang sudah disediakan oleh pihak perumahan yang kemudian Anda isi dengan sepengetahuan kelurahan dan juga kecamatan. Untuk pengambilan rumah subsidi ini pun juga harus sesuai domisili kalian ya sobat!
Berikut beberapa ketetapan berkas yang harus kalian lengkapi yaitu sebagai berikut :
1. Fotocopy KTP Suami/Istri
2. Fotocopy Kartu Keluarga
3. Surat Nikah
4. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan (bagi yang belum menikah)
5. Slip gaji selama 3 bulan terakhir (gaji pokok minimal Rp 3jt – Rp 6jt)
6. Surat keterangan bekerja (minimal 2 tahun)
7. Fotocopy rekening koran 3 bulan terakhir
8. Pas photo
9. Npwp
Adanya rumah subsidi ini, tentu satu hal yang menggembirakan bagi masyarakat yang belum pernah membeli rumah. Disamping harganya yang relatif lebih murah, rumah subsidi saat ini sudah merata terutama di wilayah Kabupaten Malang.

Nah, sebelum sobat MasukSini memberikan uang tanda jadi pada developer. Ada baiknya, apabila kalian melengkapi berkas terlebih dahulu, sehingga ketika berkas kalian sudah lengkap. Maka, prosesnya akan lebih cepat dan putusan Acc/tidaknya akan segera ada jawaban.

Bagaimana nih sobat, tertarik untuk ambil rumah subsidi di Malang? Segera hubungi atau konsultasikan terlebih dahulu kepada Agent properti professional, sehingga kalian akan dibantu untuk melakukan pengambilan rumah subsidi secara tepat dan cepat. 
Simak terus informasi Jual Beli Sewa properti, tips dan trik lainnya hanya di situs website MasukSini.com