Pra-KTT Y20 Bahas Pentingnya Keuangan Digital Bagi Anak Muda
Berita

Pra-KTT Y20 Bahas Pentingnya Keuangan Digital Bagi Anak Muda

Pemerintah Indonesia secara resmi telah membuka Pra-KTT ke-2 untuk Youth 20 (Y20) 2022 di Lombok. Dalam Pra-KTT Y20 ini membahas pentingnya keuangan digital bagi anak muda. Hal ini telah disampaikan Pemerintah mengenai transformasi digital terutama untuk meningkatkan kesadaran anak muda terhadap keuangan digital.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Budy Sugandi mengatakan kemajuan teknologi digital menghadirkan kesempatan sekaligus tantangan bagi anak muda saat ini serta sejalan dengan visi ekonomi yang berkelanjutan dengan pembahasan keuangan digital menjadi hal utama untuk meningkatkan kesadaran anak muda.

“Kemajuan teknologi digital berdampak pada generasi muda. Tetapi sejumlah kerangka kerja publik masih ambigu. Intervensi pemerintah khususnya di Negara G20 perlu menjadi contoh. Suara anak muda adalah suara masa kini dan masa depan. Apa yang kita hasilkan hari ini dan esok tidak hanya mewakilkan suara anak muda di Indonesia atau di Negara G20, tetapi anak muda di seluruh dunia,” ujar Budy dikutip dari CNN Indonesia, Senin (25/4).

Di hari pertama Pra-KTT Y20 ke-2 ini dengan mengangkat tema yaitu “Reaping The Benefits of Digital Transformation: Raising Youth Digital Financial Awareness”. Dalam forum ini disebutkan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran keuangan digital di kalangan anak muda menjadi pokok pembahasan utama.

Tema ini diambil dari fakta banyaknya negara berkembang yang masih mengandalkan uang tunai dan tidak terbiasa menggunakan dompet digital.

Selain itu, kendala akses internet yang belum bisa merata menjadi tantangan tersendiri agar literasi keuangan digital bisa dipahami oleh generasi anak muda.

Hal ini telah dibuktikan oleh survei Y20 dan Cint, 61 persen anak muda di negara G20 mengalami kesulitan dalam mengakses internet. Dikarenakan, koneksi internet yang tidak stabil dan juga lambat.

Maka dari itu, pembahasan mengenai kesadaran keuangan digital perlu untuk dibahas dengan tujuan banyaknya masyarakat menyadari dan bisa memanfaatkan momentum transformasi digital secara global.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkiflimansyah mengapresiasi penyelenggaraan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 ke-2 menyampaikan bahwa akumulasi inovasi teknologi dan proses pembelajaran teknologi seringkali luput dari pembahasan terkait pembangunan berkelanjutan.

“Perlu upaya serius untuk berdiskusi menganai hal ini dengan menghadirkan talenta terbaik seperti para pembicara dalam acara ini,”imbuhnya.