Tips & Trik

Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Di waktu masa muda, banyak orang melakukan berbagai macam jenis investasi untuk bekal di hari tua. Modern ini, banyak sekali pilihan jenis investasi yang bisa Anda lakukan. Namun, hasil yang di dapatkan pun beragam tergantung jenis investasinya. Saat ini, investasi yang banyak digemari oleh masyarakat yaitu investasi properti. Pasalnya, properti dianggap lebih menguntungkan untuk jangka panjang. Disamping nilainya yang semakin tinggi, properti juga bisa mendatangkan passive income dengan cara menyewakan unit properti pada orang lain.

Tidak sedikit milenial jaman sekarang mulai berinvestasi properti seperti tanah, unit perumahan bahkan unit apartmen. Keberhasilan memiliki properti pertama merupakan kebanggaan tersendiri bagi investor pemula. Bagi Anda yang saat ini ingin berinvestasi properti dengan aman dan lancar, buatlah strategi untuk mencapai tujuan Anda. Dan apa saja yang harus Anda siapkan? Simak tips berikut dibawah ini!

Tips Investasi Properti Bagi Pemula

1. Pilihlah Lokasi yang diinginkan

Ketika berinvestasi properti, hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu tentukan lokasi properti yang diinginkan. Pasalnya, setiap lokasi memiliki standar harga pasar yang berbeda-beda, sehingga ini bisa menjadikan pertimbangan untuk kesesuaian budget yang Anda miliki. Disamping itu, pilihlah lokasi yang strategis dan juga tidak jauh dari mobilitas Anda sehari-hari. Karenanya, pilihan lokasi yang strategis apalagi berada di kawasan dengan fasilitas umum yang memadai, maka nilai properti akan semakin tinggi sehingga keuntungan investasi Anda akan semakin tinggi nilainya.

2. Persiapkan Dana

Setelah menentukan lokasi, mempersiapkan dana menjadi faktor utama dalam menentukan investasi properti. Selain persiapan dana pokok pembelian unit properti, ada biaya tambahan lain yang harus dipersiapkan. Berikut beberapa biaya yang harus dipersiapkan sebelum investasi properti :

  • Down Payment atau Uang Muka

Langkah pertama dalam transaksi properti yaitu Anda harus memberikan uang muka sebesar kurang lebih 10% dari nilai jual sebagai ikatan tanda jadi atas unit properti tersebut. Setelah itu, buatlah kesepatan dengan penjual mengenai pelunasan unit rumah.

  • Biaya Pajak Pembeli

Jika saat ini Anda baru pertama kali nya membeli unit rumah, biaya perhitungan pengenaan pajak sebesar 5% setelah dikurangi 60jt. Dengan ilustrasi perhitungan sebagai berikut :

Harga rumah Rp 675.000.000 - Rp 60.000.000 x 5% = sehingga biaya pengenaan pajak yang harus Anda siapkan sebesar Rp 30.750.000,- .

  •  Biaya Notaris dan Biaya Balik Nama Sertifikat

Untuk terkait tarif biaya notaris dan juga balik nama sertifikat ini biasanya baru muncul  ketika berkas sudah masuk ke notaris. Pada umumnya, biaya notaris sepenuhnya ditanggung oleh pihak pembeli. Akan tetapi, bisa juga biaya notaris ditanggung bersama antara penjual dan pembeli, kondisi seperti ini tergantung kesepakatan jualbeli yang terjadi.

3.  Survei Harga Pasar

Sebelum memutuskan untuk membeli unit properti pada lokasi tertentu. Ada baiknya, apabila Anda melakukan riset harga pasaran tanah/rumah terlebih dahulu. Cara ini bisa Anda lakukan melalui media online ataupun offline. Hal ini akan membantu Anda berinvestasi properti dengan tepat serta mendapatkan harga yang sesuai atau bahkan bisa mendapatkan harga dibawah pasar. 

4. Akses Jalan dan Fasilitas Umum Mudah

Setelah mengantongi beberapa hal diatas, fasilitas umum juga menjadi bahan pertimbangan bagi para investor. Pasalnya, fasilitas umum yang memadai akan berpengaruh pada harga jual properti. Perhatikan ketersediaan fasilitas internal dan eksternal pada lingkungan sekitar. Fasilitas internal misalnya saja seperti tempat ibadah, arena olahraga sedangkan fasilitas eksternal seperti pusat perbelanjaan, sekolah serta rumah sakit. Dan juga memiliki akses jalan yang mudah akan menjadikan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi para investor.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan berinvestasi properti. Kumpulkan informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Dapatkan informasi properti terbaru lainnya hanya di website ini, semoga bermanfaat!