Apa Sih Bedanya Booking Fee, Down Payment dan Nomor Urut Pemesanan Unit ?
Dunia Agen

Apa Sih Bedanya Booking Fee, Down Payment dan Nomor Urut Pemesanan Unit ?

Sobat MasukSini jika saat ini Anda berencana untuk membeli properti, pahami terlebih dahulu apa sih bedanya booking fee, down payment & nomor urut pemesanan unit?

Ketika membeli sebuah properti ketiga istilah ini bukan lagi hal asing dalam transaksi jual beli properti. Pasalnya, hal ini merupakan bukti pertama keseriusan atau pengikatan tanda jadi yang diberikan seorang pembeli atas properti yang diminatinya.

Pengikatan tanda jadi yang diberikan oleh pembeli adalah kesepakatan komitmen yang terjalin dalam berlangsungnya transaksi jual beli. Dengan besarnya nominal yang berbeda-beda tergantung dengan kesepakatan diawal.

Nah, secara umum ketiga istilah ini memang memiliki pengertian yang hampir sama. Namun, jika kita pahami perihal ini memiliki konsep yang berbeda dalam transaksi jual beli. Apa sih bedanya? Yuk pahami selengkapnya dibawah ini!

Apa Sih Bedanya Booking Fee, Down Payment & Nomor Urut Pemesanan Unit?

Booking Fee

Booking fee atau biaya pemesanan adalah sejumlah uang yang dibayarkan sebagai bentuk komitmen atau uang tanda jadi yang dibayarkan kepada penjual atas pembelian properti. Dengan nominal booking fee biasanya cenderung lebih kecil tergantung harga jual properti tersebut. Biasanya mulai dari Rp. 1.000.000,- atau bisa juga lebih.

Kebijakan booking fee ini dilakukan dengan tujuan terjalinnya komitmen pembeli atas keseriusan pemesanan unit pada developer ataupun vendor. Apabila pembeli melakukan pembatalan secara sepihak, maka booking fee akan hangus. Namun, dalam kasus seperti ini ada juga developer/vendor melakukan pengembalian setengah dari nilai booking fee. Hal ini bisa terjadi tergantung dengan kesepakatan yang telah dibuat diawal antara penjual dan pembeli.

Down Payment (DP)

Yang kedua, Down Payment (DP) ialah uang muka yang dibayarkan diawal ketika membeli properti dengan nominal yang cukup besar, biasanya DP yang diberikan kisaran 5-50% dari harga properti itu sendiri.

Pembayaran dimuka ini dilakukan dengan tujuan keseriusan pengikatan tanda jadi jual beli. Ketika terjadinya pembatalan secara sepihak yang dilakukan pembeli, maka akan ada sanksi yang dikenakan sama seperti halnya booking fee diatas.

Keuntungan penempatan nominal DP yang cukup besar, akan berpengaruh pada pelunasan yang semakin ringan. Jika Anda melakukan pembelian melalui program kpr, maka angsuran yang Anda dapatkan pun semakin rendah, begitu pula sebaliknya.

Nomor Urut Pemesanan Unit (NUP)

Nomor Urut Pemesanan atau NUP yaitu merupakan kesempatan bagi Anda untuk memilih unit berdasarkan nomor urut sebelum properti dikeluarkan ke publik oleh developer. Semakin Anda mendapatkan nomor diawal, Anda bisa memilih unit properti sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya, harga yang ditawarkan developerpun lebih terjangkau dan ada promo yang diberikan ketika pertama kali akan launching. Jika proses NUP telah usai, harga properti yang ditawarkanpun akan mengalami kenaikan dan tanpa adanya promo menarik yang diberikan.

Sedikit penjelasan diatas semoga bisa membantu sobat MasukSini yang berencana akan membeli properti. Jika kamu ingin bertransaksi dengan mudah dan aman, hubungi saja agen properti professional yang telah ahli dibidangnya. Kunjungi terus website ini untuk menemukan informasi properti Dijual atau Disewakan dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat!