Loading...
Berita - Dalam Negeri

E-Commerce Booming Berdampak pada Industri Real Estate

E-Commerce Booming Berdampak pada Industri Real Estate
Share:

E-commerce tidak lagi menjadi tren; ini bisnis seperti biasa.

Sama seperti penyewa keluarga dan gedung perkantoran yang berharap membayar sewa secara online, mereka juga menganggap ruang berkapsitas besar dan loker penyimpanan untuk pengiriman paket adalah hal yang biasa.

Meskipun e-commerce telah menciptakan perubahan yang bertahan lama di semua kelas aset, hal ini berdampak besar pada properti industri dan ritel. Kedua kelas aset tersebut terkait erat, dengan bisnis yang sukses menggabungkan belanja online yang lancar dan pengiriman cepat dengan lokasi fisik yang menonjol.

“Ini bukan lagi soal offline versus online: Pemenang sesungguhnya adalah mereka yang dapat mengoptimalkan pendistribusian, mendominasi pasar, dan memuaskan pelanggan mereka baik dalam pilihan gerai fisik maupun online.”
Victor Calanog,  Kepala Ekonomi CRE di Moody's Analytics

Pengiriman jarak jauh mengarahkan lokasi gudang

Properti industri berkembang pesat dan terus berkembang berdasarkan permintaan konsumen. Keinginan untuk melakukan pengiriman pada hari yang sama dan kebutuhan agar produk sampai ke tangan konsumen lebih cepat membantu mendorong inovasi, mulai dari investasi pada kompleks distribusi jarak jauh hingga drone.

“Ada batasan alamiah mengingat kekhawatiran kemacetan fisik—kecuali kita membangun jalan raya yang lebih luas dan dibangun dengan lebih baik,” kata Victor Calanog, Kepala CRE Economics di Moody's Analytics. “Permainan ini tentang mendominasi distribusi offline dan online. Itu sebabnya Amazon membeli Whole Foods. Whole Foods dan pesaing seperti Walmart dan Target memiliki kompleks distribusi fisik yang tidak dimiliki oleh penjual online murni.”

  • Pergeseran lokasi gudang: Pengiriman jarak jauh merupakan persyaratan bagi semua pengecer. Untuk memenuhi permintaan pengiriman, properti industri mencari cara untuk berekspansi, dan pengecer memindahkan ruang pemenuhannya ke pusat negara.
  • Penggunaan kembali mal secara adaptif: Mal kelas B dan C yang kosong serta toko-toko besar dapat menjadi lokasi gudang dan pusat pemenuhan yang ideal; lokasinya di pusat kota, dengan banyak ruang terbuka dan tempat parkir. Banyak juga yang memiliki pintu dermaga dan ketinggian jernih yang sesuai dengan penggunaan gudang.

Munculnya ritel pengalaman

Banyak pengecer hanya ada secara online dan tidak memiliki rencana untuk hadir secara offline. Bisnis lain yang awalnya merupakan toko offline telah beralih ke operasi online saja dalam beberapa tahun terakhir.

Lalu ada kelompok merek ketiga. Kebanyakan dari mereka memulai bisnisnya secara online dan sekarang menambahkan toko offline, biasanya di lokasi tertentu. Toko mereka bertujuan untuk memberikan pengalaman tatap muka yang unik. Misalnya:

  • Savage X Fenty “merayakan keberanian, kepercayaan diri, dan inklusivitas.” Sesuai dengan tema ini, toko offline merek pakaian dalam ini menampilkan pencahayaan lembut dalam berbagai warna, replika manekin model merek dalam berbagai ukuran dan jenis kelamin, serta teknologi Fit Xperience untuk membantu pelanggan menemukan pakaian yang paling cocok.
  • Lokasi offline Tecovas menawarkan janji temu pribadi sehingga pelanggan dapat melakukan pengukuran dan mencoba sepatu bot koboi merek tersebut dalam berbagai ukuran dan gaya. Mereka dapat membeli langsung dari toko atau mengirimkan sepatu bot mereka. Toko ini juga menawarkan hiasan timbul pada semua barang kulit, ditambah penyemir sepatu gratis dan bir, bourbon, dan minuman lainnya.

“Pandemi ini menekan evolusi selama satu dekade dari belanja offline ke belanja online dalam tiga bulan. Pendulum telah mulai berayun kembali, namun kemungkinan besar, dalam jangka panjang, platform online akan menjadi medan pertempuran di masa depan.”
Victor Calanog, Kepala Ekonomi CRE di Moody's Analytics

Kami di sini untuk membantu

Tanpa adanya tanda-tanda melambat, ledakan e-commerce akan terus berdampak pada real estat komersial. Tim agen Real Estat Komersial siap membantu Anda menavigasi lanskap yang berubah menuju kesuksesan baik saat ini maupun di masa depan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top