Inspirasi - Arsitektur

Inilah 5 Tips Desain Rumah Minimalis Modern Yang Wajib Dicoba

Inilah 5 Tips Desain Rumah Minimalis Modern Yang Wajib Dicoba
Share:

Desain rumah minimalis modern, belakangan ini terbilang cukup banyak digemari oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Terutama, bagi setiap pasangan muda yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan. Oleh karena itu, bagi Anda di rumah yang mungkin tertarik untuk memiliki hunian dengan desain minimalis modern ini, sebaiknya perlu tahu bagaimana tata cara dalam penataannya. Untuk memudahkan Anda dalam mendesain konsep hunian minimalis modern, maka perlu menyimak detail ulasannya di artikel berikut ini.  

Sekilas tentang desain rumah kecil minimalis modern

Sebelum mengulas lebih mendalam mengenai tata cara dalam mendesain rumah 36 minimalis, alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk tahu apa itu desain rumah hunian dengan konsep minimalis satu ini. Dalam hal ini dikatakan, bahwa desain rumah berkonsep minimalis merupakan suatu tata cara penataan ruang yang lebih sederhana, menonjolkan sisi efisiensi dan lebih mengutamakan fungsi dari setiap penggunaan perabotannya. Apabila nantinya Anda mampu menata hunian ini dengan baik, maka rumah yang ditempati akan menjadi lebih simpel dan terlihat jauh lebih menawan. Di tengah banyaknya orang yang berminat untuk mendesain rumah tipe minimalis modern, Anda bisa mempertimbangkan beberapa contoh desain berkonsep minimalis modern seperti berikut ini.

  • Monochromatic Minimalism

    Menggunakan palet warna monokromatik berupa hitam, putih dan abu-abu, demi menciptakan nuansa hunian lebih modern dan elegan.
  • Japandi

    Memadukan konsep minimalis bergaya Jepang dan Skandinavia untuk menghasilkan desain minimalis yang hangat dan natural, biasanya akan turut memanfaatkan penggunaan kayu dan elemen alam.
  • Industrial Minimalism

    Memadukan elemen bergaya industrial seperti berupa bata ekspos dan logam dengan desain minimalis modern, sehingga mampu menghasilkan nuansa yang lebih maskulin dan edgy.
  • Scandinavian Minimalism

    Desain hunian bergaya minimalis klasik yang mengedepankan sisi fungsionalitas dan pemakaian bahan material kayu yang hangat.
  • Modern Farmhouse

    Memadukan gaya hunian minimalis modern dengan menambahkan elemen pedesaan, sehingga dapat menghasilkan desain hunian yang nyaman dan homey. 

Alasan kenapa desain rumah subsidi minimalis modern lebih banyak diminati masyarakat

Melihat begitu banyaknya contoh perumahan minimalis yang ada seperti sekarang ini, menjadikan seseorang lebih mudah menentukan pilihan desain rumah hunian minimalis yang diinginkannya. Akan tetapi terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda mengenai apa alasan yang melatarbelakangi desain hunian minimalis modern ini begitu banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Bahkan, tidak jarang para pemilik rumah menyewa jasa desain interior maupun eksterior rumah dalam membantu mewujudkan dekorasi hunian berkonsep minimalis modern tersebut. Umumnya, beberapa alasan yang menjadikan desain hunian minimalis modern begitu diminati oleh kalangan masyarakat, yaitu sebagai berikut. 

Rumah minimalis perumahan mampu menghemat lahan 

Salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk menggunakan desain hunian minimalis modern, yaitu karena penggunaannya dapat menghemat lahan. Terlebih seperti diketahui, bahwa saat ini harga lahan sendiri terbilang cukup tinggi, sehingga seseorang perlu mempertimbangkan pembangunan rumah impiannya nanti. Dengan menggunakan desain hunian minimalis modern, maka Anda akan jauh lebih diuntungkan karena penggunaan lahan akan jauh lebih hemat. Pasalnya, ukuran hunian minimalis modern umumnya lebih kecil dan memang tidak boros lahan. 

Lebih gampang dalam perawatannya

Seperti yang kita ketahui, bahwa umumnya rumah hunian yang terlalu luas dirasa cukup merepotkan bagi para pemilik rumah dari segi perawatan dan membersihkannya. Hal ini dikarenakan, di dalamnya membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkannya, terutama pada bagian dalam hunian rumah. Akan tetapi apabila Anda menggunakan rumah dengan desain minimalis modern, maka tidak perlu khawatir soal perawatan dan pembersihannya. Hal ini dikarenakan, ruangan di dalamnya terbilang lebih sedikit sehingga tidak akan menyulitkan dalam merawat dan membersihkannya.

Desain rumah minimalis sederhana terlihat lebih modern

Adapun alasan lain yang melatarbelakangi mengapa banyak orang tertarik dengan desain hunian minimalis modern, yaitu karena tampilan huniannya terlihat lebih modern. Sehingga tidak heran, jika hal ini akan dapat memberikan kesan tersendiri, mengingat setiap desain rumah umumnya memberikan kesan yang terbilang unik. Selain terlihat modern, desain hunian minimalis modern ini juga terbilang lebih estetik dan tidak kalah cantik dengan desain rumah lainnya. Bahkan, di dalamnya juga memberikan sisi kenyamanan bagi para penghuni rumah. 

Tips mudah desain rumah minimalis modern untuk hunian yang nyaman

Dari sekian banyaknya contoh gambar rumah minimalis terbaru sederhana yang sering ditawarkan oleh jasa desain rumah, sering kali menjadikan orang – orang tertarik untuk menggunakan desain rumah minimalis modern. Apabila Anda menginginkan untuk mendesain hunian dengan konsep minimalis modern, sebaiknya perlu tahu beberapa tips dalam proses desain di dalamnya. Dalam proses desain rumah hunian minimalis modern, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.  

Dekorasi rumah minimalis dengan fokus pada fungsi setiap ruangan

Sebelum memutuskan untuk mendesain hunian minimalis modern, ada baiknya bagi Anda untuk memikirkan baik – baik mengenai fungsi dari setiap ruangan yang ada. Seperti misalnya jika akan kedatangan banyak tamu ke rumah, maka sebaiknya Anda perlu mengoptimalkan fungsi dari ruang tamu dan menyiapkan banyak kursi di dalamnya. Selanjutnya jika Anda sering bekerja dari rumah, maka sebaiknya perlu menyiapkan ruang kerja sendiri untuk meningkatkan fokus. 

Menggunakan penggunaan warna netral

Umumnya, warna netral merupakan komponen paling utama dari desain hunian minimalis modern yang terlihat keren dan terbilang simpel. Dalam hal ini, Anda dapat memilih beberapa warna netral untuk hunian minimalis modern tersebut seperti warna putih, cream, coklat dan earth tone untuk dinding yang memikat. Di samping itu, Anda bisa juga menggunakan warna monokrom seperti hitam, abu – abu dan putih untuk menghasilkan perpaduan warna yang bagus.

Memanfaatkan pencahayaan alami pada rumah KPR minimalis

Dalam sebuah hunian minimalis modern, cahaya alami dikatakan sangat penting untuk diperhatikan, lantaran dapat membuat rumah terlihat besar dan menciptakan sudut rumah lebih estetik. Disini, Anda dapat menggunakan jendela besar sehingga memungkinkan banyak cahaya alami masuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jendela besar untuk dijadikan spot berfoto terbaik di rumah nantinya. 

Memilih perabot yang multifungsi dan hemat tempat

Demi menciptakan desain rumah hunian yang minimalis modern, Anda disini perlu memanfaatkan penggunaan perabotan yang multifungsi. Sebagai contoh, yaitu menggunakan kabinet dapur yang bisa dilipat dan ditarik menjadi meja makan. Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan dipan kamar tidur dengan tambahan tempat penyimpanan / perabotan multifungsi lainnya. Dengan demikian, maka akan membantu Anda menghemat banyak ruangan di rumah. 

Tata rumah minimalis subsidi dengan memberi sentuhan tanaman hias 

Terakhir, Anda dapat memberikan sentuhan tanaman hias pada rumah hunian minimalis modern, agar hunian tersebut terlihat lebih cantik dan tidak membosankan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan warna hijau dari tanaman hias tersebut untuk membantu memberikan kesan lembut pada ruangan hunian dan menambah kesan estetika di dalamnya. Bahkan jika memiliki buket bunga, bisa menatanya ke dalam vas untuk mempercantik dekorasi rumah.

Demikianlah tadi informasi terkait beberapa tips desain rumah minimalis modern, yang mana bisa Anda pertimbangan dan coba realisasikan sendiri nantinya. Untuk merealisasikan desain konsep hunian tersebut, pastikan menggunakan jasa desain yang terpercaya agar hasil akhir pengerjaannya tidak mengecewakan. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top