Inspirasi - Arsitektur

4 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana 2024, Mana Pilihan Anda?

4 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana 2024, Mana Pilihan Anda?
Share:

Sampai saat ini desain rumah minimalis sederhana masih jadi pilihan favorit masyarakat yang memerlukan konsep simpel sekaligus aesthetic. Efisiensi ruang, keterbatasan lahan, dan biaya terjangkau adalah beberapa alasan yang membuatnya diminati. Maka dari itu pula Anda akan menemukan hunian minimalis sebagai tren rumah idaman pada 2024.

Lantas, seperti apa desain yang dapat dijadikan inspirasi membangun rumah minimalis? Berikut rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan!

Desain minimalis compact

Sesuai namanya, rumah dengan desain minimalis compact lebih memprioritaskan pengoptimalan ruang terbatas. Anda tak perlu cemas, sebab kenyamanan serta nilai estetikanya tetap terjaga. Hal ini disebabkan penataan ruangannya terorganisasi dan terintegrasi dengan baik.

Keunggulan lain yang ditawarkan desain minimalis compact adalah kesan lapang dan bersih tanpa perluasan wilayah. Permainan cahaya natural dan kaca adalah faktor-faktor penunjangnya. Anda pun tak akan kesulitan saat harus memindahkan perabot atau merenovasinya di kemudian hari.

Desain minimalis khas rumah Jepang

Anda barangkali pernah mendengar desain Japandi yang memadukan desain hunian Jepang dan Skandinavia. Namun kalau Anda lebih menyukai konsep alami, cukup gunakan desain dari Jepang. Tak hanya memberikan kesan hangat, desain ini juga ramah lingkungan dan praktis.

Ada dua bahan alami yang sering dijumpai pada hunian minimalis Jepang: kayu dan bebatuan. Pemakaian dinding dan pintu geser pun memudahkan Anda mengakses ruangan. Sama seperti konsep compact, desain rumah minimalis sederhana ini memprioritaskan pencahayaan natural. 

Desain minimalis industrial

Bosan dengan warna putih dan beige? Rumah berkonsep minimalis industrial dapat diaplikasikan untuk hunian impian Anda. Ciri khas yang umumnya dijumpai pada desain ini mencakup dinding bata yang terekspos, pemakaian besi dan beton yang elegan, serta langit-langit tinggi.

Pemakaian perabot dan dekorasi seperti meja kayu besar serta lampu berbahan logam turut menghadirkan suasana edgy. Kombinasi kesederhanaan dan modern pada desain ini membuat penghuni tak cepat bosan tanpa perlu melakukan perombakan yang biayanya bisa saja mahal.

Desain minimalis tropis

Penerapan desain pada rumah sebaiknya memang perlu disesuaikan iklim tempat tinggal. Sebagai penduduk Indonesia yang tinggal di garis ekuator, Anda dapat memperhitungkan konsep minimalis tropis. Seperti hunian Jepang, karakteristik utama pada konsep ini adalah pemakaian bahan alami. 

Kayu, bambu, dan batuan alami adalah beberapa material yang biasanya digunakan. Kemudian, kombinasi warna cerah seperti biru laut, cokelat tanah, dan hijau tanah kian memperkuat sentuhan tropis pada hunian. Namun, pastikan jumlah warnanya tak lebih dari tiga supaya tak menyakiti mata.

Dari empat desain rumah minimalis sederhana di atas, adakah yang cocok dengan selera Anda? Semoga informasi ini memudahkan dalam menemukan konsep yang diperlukan!

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top