Tips & Trik - Rumah

4 Tips Memilih Rumah Minimalis Subsidi Yang Tepat

4 Tips Memilih Rumah Minimalis Subsidi Yang Tepat
Share:

Memiliki rumah subsidi merupakan alternative perumahan bagi yang memiliki dana terbatas. Rumah minimalis subsidi adalah pilihan tepat yang merupakan program pemerintah. Rumah subsidi ini bisa dimiliki oleh masyarakat dengan berbagai persyaratan tertentu. Untuk memilih rumah subsidi terbaik, ada beberapa hal yang harus dilakukan. 

Apa Itu Rumah Minimalis Subsidi

Bagi masyarakat dengan ekonomi minimalis, perumahan subsidi menjadi pilihan tepat. Perumahan subsidi adalah program perumahan dari pemerintah untuk membantu masyarakat memiliki tempat tinggal layak dengan harga murah. Perumahan subsidi ini adalah hunian terjangkau dengan skema pembayaran KPR dengan tenor panjang. Perumahan ini biasanya spesifikasi dan lokasinya sedikit berbeda dengan perumahan non subsidi. Namun, tetap layak sebagai hunian yang nyaman dan aman. 

Tips Memilih Rumah Minimalis Subsidi 

Ada beberapa langkah untuk memilih rumah minimalis subsidi yang tepat untuk masyarakat.

1. Mensurvey Lokasi Langsung

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memilih rumah subsidi yang tepat adalah dengan survey atau mengunjungi secara langsung beberapa contoh desain rumah subsidi yang dikembangkan oleh pengembang. Dengan melihatnya secara langsung, Anda bisa memeriksa kondisi dan kualitas bangunan secara langsung. Tentu saja ini membuat Anda lebih puas sebelum membeli rumah subsidi ini. 

2. Memperhatikan Kualitas Bangunan

Sebelum membeli rumah minimalis subsidi, Anda bisa memperhatikan kualitas bangunannya. Untuk mengetahui kualitas bangunan rumah subsidi, Anda bisa mengeceknya langsung. Kemudian, Anda memeriksa detailnya. Agar lebih yakin dengan kualitasnya, Anda bisa mengajak teman atau kolega yang handal untuk memastikan bahwa kualitasnya layak. 

3. Memilih Lokasi Rumah Subsidi

Perumahan subsidi biasanya dibangun di daerah yang sedikit jauh dari pusat kota atau keramaian. Lokasi yang kurang strategis ini membuat masyarakat terkadang enggan untuk membeli rumah ini. Namun, jika Anda teliti, sebenarnya Anda bisa mendapatkan lokasi rumah subsidi yang cukup strategis. Anda bisa memilih lokasi yang tak terlalu terpencil dengan akses jalan bagus sehingga memudahkan Anda untuk beraktivitas. Pastikan bahwa lokasinya dekat dengan pasar, pusat kesehatan, dan pasar. Jangan sampai lokasinya terlalu terpencil misalnya dekat hutan atau di pegunungan yang jauh dari fasilitas umum. 

4. Memeriksa Kredibilitas dan Reputasi Pengembang

Langkah terakhir adalah memeriksa reputasi dari pengembang perumahan subsidi. Perumahan ini biasanya dibangun oleh pengembang perumahan untuk tujuan komersil. Pengembang ini biasanya menjalin rekanan dengan pemerintah untuk membangun dan mengembangkan perumahan subsidi. Anda harus melihat kualitas pengembang dengan memeriksa portofolionya untuk menentukan kualitas pengembang perumahan. Dari portofolio ini, Anda bisa memastikan kualitas developer. Anda juga bisa memeriksa metode pembayaran untuk membeli rumah minimalis subsidi apakah memakai KPR FLPP atau tidak. Tanyakan kepada pengembang untuk mengetahui lebih jelas proses dan metode pembayaran. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top