Inspirasi - Arsitektur

9 Desain Rumah Sederhana Tapi Elegan Yang Bisa Jadi Inspirasi Anda

9 Desain Rumah Sederhana Tapi Elegan Yang Bisa Jadi Inspirasi Anda
Share:

Konsep rumah sederhana tapi elegan kini semakin populer dan diminati oleh masyarakat. Terbukti dari banyaknya developer yang memasarkan rumah dengan konsep tersebut. Pilihan gaya arsitektur rumah yang ditawarkan juga sangat beragam. Hal ini membuat rumah dengan konsep yang sederhana bisa tampak cantik dan mewah. 

Apabila Anda juga berencana membeli atau membangun rumah dengan konsep sederhana, silakan baca sampai tuntas artikel ini. Berikut akan diulas mengenai sejumlah pilihan desain rumah sederhana tapi elegan yang bisa jadi sumber inspirasi Anda. 

1. Desain Rumah Simpel Dari Bahan Kayu

Pilihan pertama adalah desain rumah simpel dari bahan kayu yang menonjolkan kesan tradisional. Rumah dari bahan kayu sangat cocok untuk Anda yang memimpikan hunian yang hangat, natural dan ramah lingkungan. 

Agar rumah lebih indah dipandang, Anda bisa menggunakan cat dengan warna yang netral seperti putih dan abu-abu. Namun, jika tetap ingin mempertahankan nilai alami pada kayu, cukup berikan sedikit sentuhan warna lainnya di beberapa bagian rumah. Pemberian warna berbeda ini akan membuat rumah Anda terlihat lebih estetik. 

Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan contoh rumah sederhana terbaru yang terbuat dari bahan kayu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak ide rumah kayu simpel yang bisa dijadikan pilihan. 

2. Model Rumah Minimalis Sederhana 

Rumah minimalis identik dengan desain yang sederhana namun tetap elegan. Untuk menambah keindahan pada eksterior rumah, Anda sebaiknya menggunakan atap yang datar. Sebab, atap datar akan memberikan kesan kekinian pada rumah kesayangan Anda. Jadi, rumah dengan desain simpel tidak akan menghalangi Anda untuk memiliki hunian minimalis modern. 

Namun perlu diingat, memilih atap datar bukan tanpa risiko. Anda harus membuat saluran air yang bagus pada bagian atap rumah. Hal tersebut untuk meminimalkan adanya genangan air ketika musim hujan.

Di samping itu, Anda juga perlu melapisi material atap rumah dengan pelapis anti bocor. Agar visual hunian tampak lebih menarik, Anda bisa melihat berbagai contoh gambar rumah sederhana minimalis modern sebagai sumber referensi. 

3. Desain Rumah Gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia merupakan salah satu desain rumah simpel yang berasal dari wilayah Eropa Utara seperti Norwegia, Denmark, Swedia dan Islandia. Desain rumah gaya Skandinavia bisa diaplikasikan pada lahan yang terbatas. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun rumah di daerah perkotaan.

Rumah kecil sederhana gaya Skandinavia umumnya didominasi oleh warna putih. Baik itu pada desain eksterior maupun interior rumah. Selain itu, rumah gaya Skandinavia sering kali menerapkan unsur ramah lingkungan dengan berbagai jenis dekorasi tanaman hijau yang memanjakan mata. 

Apabila tertarik memiliki rumah gaya Skandinavia, pastikan Anda memperhatikan kemiringan atapnya. Mengingat, atap pada rumah gaya Skandinavia cenderung pendek dengan kemiringan yang tidak begitu tajam. 

Jika masih kesulitan untuk menerapkan desain rumah jenis ini, carilah referensi gambar rumah sederhana kecil gaya Skandinavia yang ada di internet.

4. Desain Rumah Modern Gaya Industrial

Gaya industrial sangat melekat dengan konsep rumah modern yang sederhana. Material yang digunakan untuk membangun rumah gaya industrial juga sangat terjangkau. Kesan unfinished serta penggunaan warna monokrom yang ditonjolkan pada rumah gaya industrial membuatnya tampak elegan dan berbeda dari yang lain. 

Ciri eksterior desain rumah ini yaitu menggunakan bata ekspos dan saluran air terbuka sehingga memberikan sentuhan realisme. Rumah sederhana bergaya industrial juga memiliki kaca jendela yang tinggi untuk menambah kesan modern. 

5. Desain Rumah Klasik Simpel Tapi Mewah 

Apabila Anda menyukai hal-hal yang berbau vintage, desain rumah klasik simpel bisa menjadi pilihan. Bangunan rumah simpel klasik biasanya mengaplikasikan pilar-pilar dengan motif ukiran tertentu dan visual hunian yang simetris. Rumah simpel klasik juga kerap menggunakan satu warna dominan yang memberikan kesan elegan. Sebut saja warna putih atau ivory. 

Desain klasik memang sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah sederhana tapi mewah. Karena, eksterior rumah jenis ini diadaptasi dari arsitektur bangunan kerajaan di Eropa 

6. Model Rumah Simpel Ala Mediterania

Model rumah simpel ala Mediterania berasal dari wilayah laut tengah yang memiliki iklim hangat dan hamparan laut indah. Rumah gaya Mediterania hampir mirip dengan desain pada rumah bergaya klasik. Perbedaannya adalah pada penggunaan dekorasi eksteriornya.

Rumah gaya Mediterania lebih banyak menggunakan besi tempa ukiran pada teralis jendela dan beberapa dekorasi rumah lainnya. Temukan berbagai gambar rumah sederhana tapi cantik ala Mediterania yang sesuai selera Anda untuk hasil yang lebih memuaskan. 

7. Desain Rumah Simpel Gaya Cottagecore

Cottagecore mungkin menjadi istilah asing bagi sebagian orang. Akan tetapi, jenis desain rumah ini mulai banyak direkomendasikan oleh para arsitek profesional. Cottagecore sendiri merupakan gaya estetika rumah yang mengedepankan kesederhanaan seperti kehidupan di pedesaan Eropa maupun Amerika.

Sekilas, rumah bergaya Cottagecore menyerupai gaya country atau farm house yang populer di kalangan penyuka vintage. Karakteristik rumah gaya Cottagecore adalah pada penggunaan elemen alami seperti dinding kayu atau perpaduan plesteran dengan bebatuan. Material kayu juga digunakan untuk pintu dan jendela.

Hunian bergaya Cottagecore umumnya memiliki beranda yang terletak di depan rumah. Tampilan eksterior desain rumah Cottagecore semakin cantik dengan keberadaan kebun bunga atau sayuran, serta pepohonan berbuah. Tidak hanya pada eksterior, gaya Cottagecore juga memiliki interior rumah sederhana yang didominasi warna pastel.

8. Bangunan Rumah Simpel Ala Jepang

Ingin memiliki hunian yang unik sekaligus nyaman? Maka memiliki bangunan rumah simpel ala Jepang adalah keputusan yang tepat. Ya, bangunan rumah simpel ala Jepang memang menerapkan konsep minimalis yang kental. Secara visual, desain rumah jenis ini juga tampak elegan dan asri. 

Sebagian besar model rumah ala Jepang memanfaatkan berbagai dekorasi alami serta mengedepankan prinsip ruang terbuka. Dengan begitu, suasana rumah akan terasa lebih indah dan hangat.  Karena alasan tersebut, tidak heran jika banyak yang menjadikan gaya rumah ala Jepang sebagai desain rumah impian sederhana.

9. Model Rumah Gaya Tropis

Sesuai dengan namanya, model rumah gaya tropis menggunakan sentuhan elemen tropis pada eksterior dan interiornya. Misalnya penggunaan material bambu, rotan, kayu serta tanaman hijau. Model rumah gaya tropis juga mengaplikasikan ventilasi udara yang cukup serta jendela kaca besar untuk memanfaatkan pencahayaan alami secara maksimal. 

Denah rumah sederhana bergaya tropis modern biasanya memiliki beberapa tempat yang dibiarkan terbuka. Mulai dari taman depan rumah, kebun belakang rumah hingga tempat bersantai di bagian tengah rumah. Rumah bergaya tropis sering menggunakan warna cat netral dan kalem untuk mempercantik tampilan eksterior. Misalnya, putih, cokelat muda, ivory dan abu-abu. 

Itulah 10 pilihan desain rumah dengan konsep sederhana tapi tampak elegan yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk mewujudkan rumah sederhana impian, Anda bisa mempercayakannya kepada jasa arsitek yang terpercaya dan berpengalaman. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top