Inspirasi - Arsitektur

5 Rekomendasi Desain Hunian Untuk Perumahan Minimalis Type 36

5 Rekomendasi Desain Hunian Untuk Perumahan Minimalis Type 36
Share:

Mencari hunian murah dengan fasilitas nyaman? Perumahan minimalis type 36 barangkali dapat menjadi solusi yang patut dipertimbangkan. Jika Anda belum terlalu familier, rumah type 36 adalah jenis hunian yang mempunyai luas bangunan 36 meter persegi. Namun, total luas lahannya dapat berbeda mengikuti jenis yang diinginkan.

Bangunan yang sederhana membuat rumah type 36 di sejumlah perumahan mengusung desain minimalis. Terdapat beberapa variasi yang cocok diaplikasikan pada hunian ini, di antaranya:

1. Minimalis khas Jepang

Rumah-rumah yang mengusung hunian khas Jepang memprioritaskan pemakaian bahan-bahan alami seperti kayu dan bebatuan alami. Aspek lain yang membuatnya menjadi inspirasi desain rumah minimalis adalah ruangannya yang terbuka, sehingga memberikan kesan luas.

Faktor ini pula yang membuat rumah berkonsep hunian Jepang selalu dilimpahi sinar matahari sebagai sumber pencahayaan alami. Dengan begitu, pemakaian listrik dapat ditekan secara optimal.

2. Minimalis industrial

Desain minimalis tak melulu harus dikaitkan dengan warna putih atau beige. Anda yang menyukai kesan bold dapat memberikan sentuhan pada rumah type 36. Caranya pun mudah, yakni memakai material besi, dinding bata ekspos, serta semen yang dibiarkan tanpa pewarnaan cat.

Tak sedikit perumahan minimalis type 36 yang sudah menawarkan desain industrial. Mereka pun menambahkan sentuhan hangat dari pemakaian lampu gantung dan kayu sebagai aksennya.

3. Minimalis modern kontemporer

Desain rumah yang mengusung desain minimalis modern kontemporer mempunyai fasad simple. Misalnya dengan memasang sepasang jendela vertikal pada bagian atas atau bawah rumah. Akan tetapi, instalasi tersebut memberikan kesan unik pada unit hunian.

Keunikan ini pula yang membuat rumah minimalis modern kontemporer cocok untuk Anda yang memerlukan hunian tak biasa tanpa mengeluarkan biaya besar.

4. Minimalis modern compact

Berbeda dari desain sebelumnya, minimalis modern compact lebih memprioritaskan fungsionalitas lahan dan ruangan yang terbatas. Misalnya dengan menyediakan ruangan yang dapat disekat tanpa dinding. Selain itu, ada jendela dan pintu kaca untuk memberikan kesan luas.

Pemasangan jendela pada bagian atas atau bawah fasad pun diharapkan memaksimalkan sirkulasi udara. Jadi, meski rumahnya sederhana, Anda tak akan merasa sesak atau sulit bergerak.

5. Minimalis dengan sentuhan tropis

Mengaplikasikan desain rumah sesuai lingkungan dan iklim adalah salah satu trik yang dijamin membuat Anda betah. Syukurnya, ada banyak inspirasi dari rumah khas daerah-daerah Indonesia yang bisa diaplikasikan pada desain minimalis, termasuk dari Bali.

Pemakaian atap kerucut, bagian depan rumah yang ditanami pohon kamboja, dan bebatuan alam di taman menjadi elemen-elemen yang dapat diaplikasikan.

Itulah lima jenis desain hunian yang dapat dijadikan inspirasi saat meriset perumahan minimalis type 36. Semoga membantu Anda menemukan konsep yang sesuai!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top