Tips & Trik - Rumah

5 Tips Tata Letak Ruang Desain Rumah Type 36 Bergaya Minimalis

5 Tips Tata Letak Ruang Desain Rumah Type 36 Bergaya Minimalis
Share:

Konsep minimalis menjadi desain rumah type 36 yang umum diaplikasikan berkat efisiensi dan efektivitasnya. Hunian akan terkesan lebih bersih, rapi, dan luas, sehingga para penghuni nyaman selama menempatinya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan penataan ruang supaya fungsi desain bertahan lebih lama.

Apa saja langkah-langkah yang sebaiknya diterapkan untuk menata rumah type 36 bergaya minimalis? Silakan intip tips mudahnya di bawah ini!

1. Gunakan sekat secukupnya

Rumah type 36 adalah jenis hunian yang berdiri di lahan yang tak terlalu luas, sehingga ruangan-ruangannya bakal sempit saat dibatasi memakai dinding. Sekat seperti partisi memang bisa Anda andalkan untuk mengatasinya. Namun, perhatikan tipe ruangan dan fungsi pembatas tersebut.

Sebagai contoh, pasang sekat di area-area terintegrasi seperti dapur dan ruang makan. Langkah tersebut tetap akan memberikan kesan luas tanpa mencampuradukan fungsi ruangan.

2. Manfaatkan pojok atau dinding ruangan

Pojok atau sudut ruangan terlihat ‘menganggur’? Manfaatkan dengan memasang rak untuk menyimpan buku atau barang-barang yang dibutuhkan. Akan lebih bagus lagi kalau perabot yang ditempatkan multifungsi supaya Anda bisa memakainya untuk macam-macam aktivitas.

Sama halnya dengan dinding yang tak hanya berfungsi untuk memajang dekorasi. Manfaatkan keberadaannya untuk meletakkan barang memakai furnitur yang aesthetic.

3. Pemakaian furnitur multifungsi

Seperti yang disinggung, furnitur multifungsi merupakan salah satu elemen paling penting dalam desain rumah type 36 berkonsep minimalis. Jadi selain mempercantik interior, perabot juga memiliki fungsi lain untuk menaruh barang atau fokus utama ruangan tersebut.

Sebagai contoh, Anda dapat menempatkan karpet untuk membedakan fungsi ruangan dari warna maupun motif. Pastikan desainnya serasi supaya tak merusak nilai estetika interior.

4. Pilih setidaknya satu warna cerah

Warna cat berpengaruh besar terhadap desain sebuah rumah. Untuk konsep minimalis, pilihlah paling tidak satu warna cerah atau terang. Beberapa warna yang dapat digunakan mencakup krem, hijau muda, baby blue, light grey, dan hijau muda.

Imbangi warna-warna tersebut dengan warna gelap yang cenderung memberi kesan sempit saat terlalu mendominasi. Kombinasi warna ini pun dapat Anda pakai saat memilih perabot ruangan.

5. Cek sirkulasi udara dan pencahayaan alami

Penataan ruangan pada hunian minimalis pun perlu memperhatikan sirkulasi udara dan sumber pencahayaan alami. Pasanglah jendela ukuran besar di salah satu bagian rumah. Tujuannya adalah memudahkan aliran udara masuk sekaligus menerangi ruangan tanpa lampu.

Dapur dan ruang makan adalah area-area yang disarankan mendapatkan aliran udara segar dan limpahan cahaya matahari. Dengan begitu, ruangan tak akan pengap dan terlalu lembap.

Mudah-mudahan setelah membaca tips ini, Anda akan lebih mudah menata ruangan pada hunian minimalis yang dijadikan desain rumah type 36.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top