Tips & Trik - Rumah

4 Pilihan Denah Perumahan Type 36 Sesuai Kamar Hingga Konsep Ruangan

4 Pilihan Denah Perumahan Type 36 Sesuai Kamar Hingga Konsep Ruangan
Share:

Sebelum mulai membangun, denah perumahan type 36 harus disiapkan supaya prosesnya lancar dan sesuai prosedur. Denah umumnya mencakup bagian-bagian yang mengisi eksterior dan interior hunian beserta ukurannya. Pembuatannya pun memperhatikan total luas bangunan dan tipe rumah yang sudah ditetapkan pihak pengembang.

Kira-kira, seperti apa denah yang dapat digunakan untuk pembangunan hunian type 36 di sebuah perumahan? Cek rekomendasinya berikut ini!

1. Denah berdasarkan jumlah kamar

Rumah type 36 adalah hunian yang umumnya terdiri atas satu atau dua kamar. Namun dalam beberapa proyek, ada juga pengembang yang mendirikan rumah dengan tiga kamar. Maka dari itu, sejumlah denah didasarkan jumlah kamar untuk mendapatkan komposisi yang nyaman.

Pada rumah dengan dua atau tiga kamar, salah satunya akan difungsikan sebagai kamar utama. Anda yang memilih hunian bertingkat juga dapat menempatkan kamar di lantai atas. Penataan kamar yang sesuai pun akan memudahkan Anda mengatur area atau ruangan lainnya.

2. Denah dengan taman sebagai area hijau

Lahan terbatas tak serta-merta membuat rumah terkesan kaku. Anda tetap bisa memiliki hunian dengan taman di bagian depan atau belakang. Luasnya memang tak seberapa, tetapi pemanfaatan optimal memungkian area tersebut menjadi kawasan hijau di rumah.

Penambahan taman pada denah perumahan type 36 juga disarankan saat Anda menetap di kota-kota besar. Tujuannya adalah menjaga sirkulasi udara tetap baik sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan pada penghuni. Dengan begitu, Anda juga tak mudah jatuh sakit.

3. Denah untuk hunian berkonsep terbuka

Salah satu cara yang efektif digunakan untuk memberikan kesan luas pada rumah type 36 adalah mengaplikasikan ruang terbuka atau open space. Konsep ini diterapkan dengan mengurangi dinding pembatas atau sekat maupun struktur yang terkesan membatasi ruangan.

Denah pun perlu dibuat untuk memastikan area mana saja yang memerlukan konsep terbuka. Misalnya dapur yang memerlukan sirkulasi udara yang baik agar bau tak sedap tak tertahan dalam ruangan. Area tersebut juga dapat mudah dibersihkan dan dirapikan.

4. Denah berpola grid untuk sentuhan modern

Anda yang ingin memberikan sentuhan modern pada rumah dapat memakai denah berpola grid. Tujuannya adalah membantu penataan lebih teratur berdasarkan kotak-kotak yang digambar pada denah tadi. Hasilnya pun akan membuat pemasangan struktur lebih praktis.

Bukan hanya itu, pemakaian pola grid akan memberikan kesan modern dan formal pada hunian tanpa terlihat membosankan. Anda juga tak bakal kebingungan saat harus menentukan luas untuk masing-masing ruangan di rumah tersebut.

Untuk mendapatkan denah perumahan type 36 yang diinginkan, Anda bisa mendiskusikannya bersama pengembang bersangkutan. Tanyakan kemungkinan-kemungkinan seperti renovasi yang akan dilakukan untuk memperluas hunian di kemudian hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top