Tips & Trik - Rumah

4 Tips Jitu Buat Bangunan Type 36 Terasa Lega Dan Luas

4 Tips Jitu Buat Bangunan Type 36 Terasa Lega Dan Luas
Share:

Untuk kamu yang hanya punya budget terbatas dan ingin beli rumah, bangunan type 36 bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi, ada satu masalah yang harus dipecahkan dari bangunan atau rumah tipe ini. Ruangannya yang tidak terlalu luas. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini, beberapa tips untuk membuat rumah tipe 36 terasa luas, lega, dan nyaman. Langsung saja kita lihat!

1. Jangan Gunakan Sekat

Sekat sangat berguna untuk membuat ruangan memiliki banyak fungsi. Tetapi, karena rumah type 36 adalah rumah dengan ukuran bangunan yang kecil (6x6 meter atau 9x4 meter), maka sekat tidak cocok untuk bangunan ini. Jadi, akan lebih baik kalau kamu membuat konsep open space untuk rumah tipe ini.

Jangan gunakan sekat pada ruangan utama rumah tipe ini. Kalaupun ingin memakai sekat, gunakan furnitur. Misalnya, lemari atau rak buku, dimana kamu masih bisa melihat area di balik sekat ini.

2. Optimalkan Penggunaan Dinding atau Sudut Ruangan 

Salah satu cara agar rumah tipe 36 terasa luas adalah menyediakan ruangan yang cukup untuk bergerak. Karena ukuran ruangan didalam rumah tipe ini terbilang sempit, maka sebaiknya jumlah furnitur yang digunakan harus dibatasi. Dengan demikian, maka ada ruangan cukup untuk berjalan dan berlalu lalang didalam rumah.

Agar ruangan tidak hilang nilai fungsinya, maka untuk kebutuhan tempat penyimpanan dapat memanfaatkan dinding atau sudut ruangan. Gunakan furnitur gantung atau rak tempel untuk kebutuhan ini. Jadi, kamu dapat tempat penyimpanan tanpa memakan terlalu banyak ruang untuk bergerak.

3. Memilih Furnitur yang Tepat

Selanjutnya, jenis furnitur yang dipakai di bangunan type 36 juga perlu diperhatikan. Agar tidak memakan banyak tempat, gunakan furnitur multifungsi. Misalnya, kursi atau meja yang juga memiliki laci untuk tempat penyimpanan. 

Selain itu, desain atau gaya furniture juga penting untuk diperhatikan. Furnitur bergaya klasik mungkin terlihat indah dan mewah. Tetapi, untuk bangunan bertipe 36, lebih baik memilih furnitur modern bergaya minimalis. Furnitur dengan gaya minimalis biasanya tidak memiliki terlalu banyak aksen sehingga lebih ramping dan praktis digunakan.

4. Cat dan Cahaya

Pilih jenis warna cat dinding yang terang. Putih adalah pilihan terbaik karena putih adalah warna netral yang cocok untuk segala jenis warna furnitur. Tetapi, kamu juga bisa memakai warna pastel terang agar ruangan terasa lega.

Lalu, jangan lupakan mengatur cahaya alami. Pastikan jendela memiliki desain yang lebar dan mampu membuat cahaya alami masuk. Bagian dalam rumah akan terasa nyaman dan tidak suram.

Penutup

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mendesain ulang rumahmu? Tips diatas bisa kamu membantu untuk membuat bangunan type 36 menjadi lebih nyaman dan lega untuk ditinggali. Coba sekarang!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top