Motivasi Bisnis - Motivasi Bisnis

4 Tips Menghemat Biaya Untuk Renovasi Rumah Subsidi

4 Tips Menghemat Biaya Untuk Renovasi Rumah Subsidi
Share:

Rumah bersubsidi bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin membeli rumah tapi memiliki keterbatasan dana. Setelah mendapatkannya, kamu juga bisa mengubahnya menjadi rumah ideal yang kamu inginkan. Nah, bila kamu berencana untuk melakukan renovasi rumah subsidi, berikut beberapa tips untuk menghemat biaya renovasi. Langsung saja!

1. Pastikan Desain

Pastikan desain baru yang akan diterapkan sebelum proses renovasi rumah. Desain harus ditetapkan dan tidak diubah hingga proses renovasi selesai. Jadi, kamu tidak perlu mengubah-ubah desain yang bisa menambah biaya yang harus dikeluarkan. Perlu diketahui, mengubah desain di tengah proses renovasi dapat mengubah jumlah material yang digunakan maupun tenaga pekerja yang harus dibayar.

2. Pilih Tingkatan Renovasi

Ada banyak tingkatan renovasi yang bisa dilakukan. Mulai dari renovasi total hingga renovasi sebagian. Renovasi total akan mengubah seluruh bagian rumah. Kamu hanya meninggalkan pondasi dan mengubah tembok, susunan ruang, dan desain ruang.

Renovasi total sebaiknya tidak dilakukan bila kamu ingin menghemat biaya. Renovasi tingkat ini mungkin menghabiskan dana hampir sama dengan membeli rumah baru. Jadi, tidak pas untuk kamu yang punya dana terbatas.

Kalaupun ingin mengubah seluruh bagian rumah, lakukan sedikit demi sedikit. Gunakan tingkatan renovasi sebagian pada satu ruangan, lalu ruangan lainnya. Lakukan bertahap hingga seluruh rumah direnovasi. Ini salah satu trik jitu untuk renovasi rumah subsidi tanpa mengeluarkan banyak biaya.

3. Tetapkan Skema/Denah Bangunan

Tidak kalah pentingnya dengan desain, skema atau denah bangunan juga harus ditetapkan di awal. Desain hanya berfungsi untuk tampilan rumah. Tetapi, skema bangunan akan mempengaruhi struktur dan tata letak ruangan dalam rumah. Hal ini akan sangat mempengaruhi fungsi dan kenyamanan rumah tersebut.

Membuat skema bangunan yang pas dengan ukuran lahan bisa dilakukan sendiri. Saat ini ada banyak aplikasi bangunan yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Tetapi, bila Anda masih bingung, tidak ada salahnya menggunakan jasa profesional. Ada biaya tambahan, tapi hasil yang diperoleh juga lebih baik.

4. Pilih Jasa Properti

Hal yang terpenting untuk menghemat biaya renovasi rumah bersubsidi adalah memilih jasa profesional yang akan merenovasi rumah. Ada dua pilihan, yaitu pekerja perorangan atau proyek borongan. Proyek borongan lebih mahal, tetapi waktu renovasi lebih cepat.

Pekerja perorangan jauh lebih murah, tetapi mereka bekerja lebih lambat dari proyek borongan. Meskipun begitu, kalau kamu salah memilih tukang bangunan, bisa jadi biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Ada tukang bangunan “nakal” yang memang sengaja mengulur waktu untuk mendapatkan upah tambahan. Jadi, hati-hati saat memilih jasa tukang bangunan ini.

Penutup

Beberapa tips diatas akan sangat membantu untuk menghemat biaya renovasi. Jadi, coba ikuti dan persiapkan semuanya dengan baik. Niscaya, proses renovasi rumah subsidi kamu tidak akan membebani kantong sama sekali.

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top