Pengembang - Kebijakan Pemerintah

4 Detail Info Rumah Dijual Yang Wajib Anda Cantumkan Pada Iklan

4 Detail Info Rumah Dijual Yang Wajib Anda Cantumkan Pada Iklan
Share:

Mencantumkan info rumah dijual yang lengkap dan jelas merupakan salah satu cara yang akan memudahkan calon pembeli menghubungi penjual. Sayangnya, beberapa orang kadang melupakan detail yang diperlukan untuk membantu target audiensi mengenal karakteristik properti. Akibatnya, rumah tak kunjung laku dan menyebabkan kerugian.

Maka, untuk mencegah kesalahpahaman saat menawarkan rumah dijual, pastikan Anda sudah menyertakan informasi berikut:

1. Status kepemilikan hunian

Sengketa bangunan dan lahan tak jarang muncul akibat status kepemilikan hunian yang ternyata tidak sesuai dokumen. Anda harus mencantumkannya sejelas mungkin supaya tak terseret masalah hukum. Selain itu, tahap peralihan status properti juga lebih mudah dan cepat.

Tanah serta bangunan yang memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) cenderung mempunyai harga jual lebih tinggi. Artinya, Anda sebagai penjual bakal menerima untung lebih besar. Status jelas pun akan membuat pihak pembeli tenang saat menempati atau menyewakannya untuk bisnis.

2. Detail lokasi dan kondisi bangunan

Detail berikutnya yang harus dicantumkan pada informasi rumah yang dijual adalah detail lokasi. Sebagian besar calon pembeli memerlukannya untuk survei langsung dan penilaian akses fasilitas di sekitar rumah. Jadi, pastikan Anda menuliskan alamat, bahkan rutenya, selengkap mungkin.

Begitu pula dengan kondisi bangunan, sebutkan usia rumah dan perubahan atau renovasi yang pernah dilakukan. Info rumah dijual ini memudahkan calon pembeli untuk mengantisipasi masalah dan menyiapkan bujet modifikasi yang dilakukan setelah kepemilikan properti berpindah tangan.

3. Metode pembayaran

Metode pembayaran sebaiknya dijelaskan sejak awal mengingat ada banyak dokumen yang disiapkan untuk melancarkan transaksi. Jika memungkinkan, tawarkan beberapa opsi seperti tunai, transfer bank, atau online banking agar calon pembeli dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Sebenarnya untuk pembelian rumah, transaksi tunai adalah metode paling aman. Anda sebagai penjual akan langsung melihat uangnya beserta bukti seperti kuitansi pembayaran. Metode lain bisa saja digunakan, tetapi pastikan kedua belah pihak menyertakan bukti yang dibutuhkan.

4. Nilai tambah untuk pembeli

Informasi lainnya yang dapat dicantumkan adalah nilai tambah yang didapatkan calon pembeli. Misalnya, harga yang dipatok pada hunian sudah termasuk perabot. Pengurusan balik nama rumah ke notaris juga dapat dimasukkan untuk meringankan proses.

Dalam hal ini, Anda harus memastikan nilai-nilai tambah tadi dapat ditanggung memakai bujet pribadi, bukan membebani calon pembeli. Pasalnya, mereka pasti akan mencari rumah lain saat mengetahui ada biaya ekstra yang dikeluarkan untuk memperoleh paket tambahan tersebut.

Detail lain yang tak boleh Anda lupakan pada info rumah dijual adalah nama lengkap penjual dan kontak yang dapat dihubungi. Baik itu nomor telepon, alamat email, atau aplikasi chatting yang bisa segera dikontak oleh calon pembeli yang berminat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top