Motivasi Bisnis - Motivasi Bisnis

6 Tips Ampuh Untuk Cari Rumah Dijual Murah Di Lokasi Strategis

6 Tips Ampuh Untuk Cari Rumah Dijual Murah Di Lokasi Strategis
Share:

Cari rumah dijual di lokasi strategis dengan harga murah tak dipungkiri cukup sulit mengingat sebagian besar properti di area tersebut dipatok mahal. Kemudahan akses, jarak dekat dengan berbagai fasilitas, dan nilai investasi besar adalah beberapa alasan yang mempengaruhi penentuan harga. Namun, bukan berarti peluang menemukannya nihil.

Ada beberapa cara yang diharapkan memudahkan pencarian rumah dijual yang murah di lokasi-lokasi strategis. Di antaranya adalah:

1. Kenali ciri perumahan murah

Memperhatikan perumahan yang menjual hunian murah memungkinkan Anda memperoleh unit impian. Ciri-ciri yang dapat dikenali adalah lahan yang digarap berada di pinggiran kota, memiliki ukuran luas, dan pembangunan yang berada di area berkembang. Perhatikan harga yang ditawarkan di awal, umumnya dijual cukup terjangkau.

2. Rutin mengikuti pameran properti

Pameran properti merupakan tujuan utama sejumlah calon pembeli yang ingin bertemu langsung dengan pengembang atau penjual rumah. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan potongan harga khusus yang tak diberikan pada penjualan di luar periode pameran. Selain diskon, promo yang kerap disediakan adalah kelengkapan fasilitas, perabot, dan pengurusan kredit bersama pengembang. 

3. Telusuri program rumah murah dari bank

Sumber lainnya yang dapat diandalkan untuk cari rumah dijual adalah program rumah murah dari pihak bank. Telusuri informasi terkait perumahan bersubsidi dan lelang properti berkala yang umum dilakukan lembaga keuangan tersebut. Karena mereka kurang terbuka untuk membagikan informasi lelang, Anda sebagai konsumen yang aktif bertanya.

4. Cari di forum properti dan mendia sosial

Untuk pencarian online, fokuskan di forum properti dan media sosial. Kedua platform ini masih menjadi wadah favorit para penjual maupun pembeli hunian dengan harga lebih terjangkau. Anda bahkan punya kesempatan untuk bernegosiasi, terutama kalau pihak yang diajak bertransaksi berasal dari satu kota atau wilayah.

5. Langsung datangi pihak pengembang

Apakah rumah atau perumahan mudah dijangkau dari lokasi Anda? Sempatkan diri mendatangi pengembang yang bersangkutan. Menemui mereka tak hanya membuka peluang negosiasi, tetapi juga memperoleh unit yang didambakan lebih cepat dari calon pembeli lain. Selain itu, Anda bisa memastikan sendiri kredibilitas dan reputasi pengembang.

6. Siapkan uang muka (DP) untuk KPR

Jika sudah menemukan rumah yang sesuai bujet dan kebutuhan, siapkan diri untuk masuk ke prosedur selanjutnya: pembelian dan mengurus dokumen yang menyatakan legalitas kepemilikan. Anda yang memutuskan membeli secara kredit lewat KPR disarankan menyiapkan uang muka atau down payment (DP) kalau tak mau properti yang diincar malah direbut orang lain.

Membandingkan harga di pasaran dan tren properti adalah hal-hal lain yang diperhatikan saat cari rumah dijual yang murah. Alhasil, pengeluaran yang dilakukan pun tak sia-sia.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top