Berita - Dalam Negeri

5 Wilayah Dengan Harga Properti Terjangkau Untuk Cari Rumah Indonesia

5 Wilayah Dengan Harga Properti Terjangkau Untuk Cari Rumah Indonesia
Share:

Karakteristik lokasi atau wilayah menjadi aspek yang diperhatikan sejumlah calon pembeli saat cari rumah Indonesia. Untuk yang sedang mencari hunian terjangkau, kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, dan Medan barangkali sudah dikeluarkan dari daftar. Lantas, di manakah lokasi yang sebaiknya ditinjau kalau bujet yang disiapkan tak banyak, misalnya di bawah Rrp500 jutaan?

Kabar baiknya, ada lima wilayah, baik kota maupun kabupaten, yang mematok harga bersahabat bagi Anda yang mencari rumah dijual. Di antaranya adalah:

1. Kota Yogyakarta

Bukan hanya dikenal akan destinasi wisata yang memesona, Yogyakarta juga menawarkan biaya hidup yang murah. Faktor ini turut mempengaruhi harga yang dikenakan pada huniannya. Untuk satu unit rumah subsidi di perumahan, harga yang dikenakan adalah dari Rp150 jutaan.

Klaten, Sleman, Bantul, dan Kulon Progo adalah area-area alternatif yang dapat dipertimbangkan untuk menemukan harga lebih murah. Cek juga down payment yang dikenakan saat ambil KPR.

2. Kota Jambi

Beralih ke Sumatra, Jambi menjadi lokasi yang dapat dituju untuk membandingkan harga hunian terjangkau. Pemerintah provinsi telah aktif membangun ribuan unit rumah yang dapat dibeli berbagai lapisan masyarakat. Kisaran harganya sama dengan Yogyakarta, dari Rp150 jutaan per unit.

Namun, Anda perlu mengantisipasi kenaikan harga beberapa tahun ke depan. Terutama karena adanya perkembangan komoditas kelapa sawit yang semakin pesat.

3. Kabupaten Gresik

Masih di kisaran harga yang sama dengan Jambi dan Yogyakarta, cari rumah Indonesia di Gresik tidak akan sampai menyentuh Rp200 jutaan. Malah di beberapa perumahan, Anda bisa mendapatkan rumah dua kamar dengan harga dari Rp130 jutaan.

Gresik merupakan opsi alternatif bagi masyarakat yang belum mampu tinggal di Surabaya. Namun, kabupaten ini tergolong prospektif karena berada di kawasan metropolitan Gerbangkertosusila.

4. Kota Bogor

Berada di dekat pusat pemerintahan membuat Bogor mendapatkan perhatian pengembangan di sejumlah sektor, termasuk properti. Akan tetapi, sejumlah pengembang berani mematok harga rumah bersubsidi yang dijamin menghemat bujet, yakni dari Rp195 jutaan per unit.

Di perumahan lain, range harga yang dipatok dapat berkisar dari Rp104 jutaan hingga Rp215 jutaan per unit. Lingkungan, akses tol, dan fasilitas adalah beberapa faktor yang mempengaruhinya.

5. Kabupaten Tangerang

Jangan salah, walau berada di wilayah metropolitan DKI Jakarta, beberapa perumahan di area Tangerang mematok harga terjangkau untuk huniannya, yakni dari Rp287 jutaan per unit. Angka ini cukup murah untuk kawasan urban yang mengalami pertumbuhan signifikan.

Di Tangerang, Anda juga tak akan kesulitan mencari sarana dan prasarana maupun fasilitas publik. Transportasi publiknya pun kian memudahkan perjalanan dengan ongkos yang bersahabat.

Selamat cari rumah Indonesia yang diidamkan di wilayah-wilayah yang sesuai!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top