Motivasi Bisnis - Motivasi Bisnis

Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Properti: Pemula Wajib Tahu!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Properti: Pemula Wajib Tahu!
Share:

Tips beli properti memang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, terlebih untuk para pemula yang baru berkecimpung di dunia properti. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan untuk membeli properti rumah atau lainnya. Tentunya kita semua tahu bahwa properti adalah salah satu impian bagi banyak orang yang ingin berinvestasi ataupun membeli hunian untuk keluarga.

Pastinya, properti yang berkualitas, strategis, dan punya nilai jual yang tinggi menjadi dambaan semua orang. Ketika Anda ingin membeli sebuah properti, terutama membeli properti rumah, terdapat beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan. Supaya tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa tips beli properti yang baik dan benar.

1. Pertimbangkan Lokasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat beli properti adalah lokasinya. Sebab, lokasi properti bisa berpengaruh pada harga properti ke depannya. Pastinya hal tersebut harus menjadi pertimbangan yang wajib diperhatikan saat ingin membeli sebuah properti. Meskipun properti tersebut hanya dijadikan sebagai investasi, bisnis, ataupun hunian, memilih lokasi yang strategis tetap menjadi hal yang penting.

2. Beli Properti dari Pengembang Profesional

Dengan memilih pengembang properti yang sudah profesional dan terpercaya, maka Anda akan terhindar dari penipuan ataupun kerugian. Akan tetapi, Anda juga harus tetap bijak dalam memilih pengembang supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saat ini, Anda bisa mencari pilihan pengembang dari website resmi mereka melalui internet. Jika websitenya terlihat profesional, maka hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih developer tersebut.

3. Cek Status Kepemilikan

Tips beli properti berikutnya yaitu dengan cek status kepemilikannya. Hindari membeli properti yang memiliki sengketa dan belum memiliki status kepemilikan yang jelas. Terdapat lima status kepemilikan yang sudah diakui oleh negara, diantaranya yaitu:

  • Sertifikat Hak Guna Bangunan atau HGB
  • Sertifikat Hak Milik atau SHM
  • Sertifikat Hak Guna Usaha atau HGU
  • Sertifikat Hak Pakai atau HP
  • Sertifikat Hak Atas Satuan Rumah Susun atau SHSRS

4. Cek Lingkungan Sekitarnya

Salah satu faktor yang tidak kalah penting untuk dijadikan pertimbangan adalah lingkungannya. Terlebih jika Anda mempunyai anak yang masih kecil dan perlu didukung masa pertumbuhannya. Pastinya, lingkungan yang sehat menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh properti yang akan Anda pilih. Selain itu, pastikan juga properti yang Anda pilih sudah mempunyai sistem keamanan yang baik dan tidak rawan terhadap kejahatan ataupun pencurian.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat ingin beli properti. Selain cara di atas, Anda juga harus memperhatikan aksesibilitasnya. Sebab, hal tersebut cukup menguntungkan dan menjadi salah satu yang membuat properti Anda lebih potensial.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top