Tips & Trik - Rumah

3 Tips Beli Properti Yang Harus Diketahui Dan Dipraktikkan Investor

3 Tips Beli Properti Yang Harus Diketahui Dan Dipraktikkan Investor
Share:

Apa saja tips beli properti yang seharusnya diketahui dan dipraktikkan oleh para konsumen, investor, serta masyarakat umum Indonesia? Anda mungkin salah satunya yang sangat ingin mengetahui beberapa tipsnya. Oleh karenanya, silakan menyimak informasinya di sini hingga selesai.

Tidak dapat dipungkiri bahwa properti merupakan bidang yang hingga sekarang sangat prospektif sebagai bisnis investasi. Oleh karenanya, tidak sedikit orang atau pihak mempraktikkan jual beli produk properti. Tentu saja tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Mengenal Beberapa Tips Beli Properti untuk Dipraktikkan

Anda sekalian yang berniat ingin membeli produk properti jangan terburu-buru melakukannya. Lebih baik mempertimbangkan terlebih dulu kelebihan, keuntungan, serta baik buruknya di masa depan. Hal itu dikarenakan produk properti harganya pasti mahal bisa bernilai puluhan hingga ratusan juta, atau bahkan miliaran rupiah.

Sementara itu, ada beragam produk properti yang bisa diperjualbelikan. Misalnya, tanah, rumah, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan), apartemen, dan yang lainnya. Silakan Anda mempertimbangkan sekaligus memperhitungkan sambil memilih produk properti mana yang ingin dibeli.

Namun demikian, Anda tetap harus mengetahui beberapa tips beli properti berikut untuk mempraktikkannya nanti. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

1. Memilih Produk Properti yang Paling Cocok

Sudah disinggung sebelumnya bahwa ada beragam produk properti yang bisa diperjualbelikan. Anda yang ingin membeli salah satunya silakan memilihnya menyesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, serta rencana bisnis investasi ke depannya.

Misalnya, Anda ingin berbisnis menyewakan kamar kosan. Jika seperti itu, Anda bisa membeli tanah, lalu membangunnya menjadi kos-kosan. Atau mungkin, langsung membeli kosan yang sudah jadi dari pemilik lama, siapa tahu cocok dan bisa mengelolanya segera untuk mendapatkan keuntungan.

2. Memastikan Legalitasnya Aman

Tips beli rumah berikutnya, yaitu memastikan legalitasnya terjamin dan aman. Legalitas di sini maksudnya surat-surat yang menyertai dari produk propertinya harus ada, asli, lengkap, dan resmi. Oleh karenanya, Anda sebagai konsumen harus mengeceknya langsung di dunia nyata.

Jangan sampai melihat surat salinan atau fotokopiannya saja untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Misalnya, surat atau akta tanah/rumah harus asli yang dikeluarkan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Jangan sampai menerima salinannya, surat petok dari desa, atau sejenisnya.

3. Memantau Harga Properti

Sangat mungkin harga properti di tiap daerah, kota, atau kabupaten berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor aksesibilitas, wilayah kota atau desa, jenis lahannya, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui dan mengeceknya sendiri harga pasaran properti di daerah tertentu.

Jika memakai jasa properti, makelar, atau sejenisnya, carilah yang jujur dan terpercaya agar tidak merugi di kemudian hari. Sekarang, jasa semacam itu begitu banyak mulai dari individu hingga mengatasnamakan perusahaan jasa properti tertentu. 

Beberapa tips beli properti di atas semoga bermanfaat untuk Anda sekalian. Selamat berbisnis investasi yang menguntungkan dan semoga sukses selalu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top