Tips & Trik - Rumah

3 Tips Membeli Rumah Terbaik Dan Memberikan Kenyamanan

3 Tips Membeli Rumah Terbaik Dan Memberikan Kenyamanan
Share:

Memiliki rumah sebagai tempat tinggal maupun hunian yang aman dan nyaman merupakan impian yang pastinya dimiliki dan ingin untuk dibuat menjadi kenyataan oleh semua orang yang ada. Namun, sudah bukan menjadi sebuah hal yang baru lagi bahwa proses untuk pembelian rumah sendiri bukan merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. 

Ada banyak kendala yang bisa untuk ditemui oleh para pemilik atau pembeli rumah yang baru ini sehingga setiap orang perlu untuk mempersiapkan setiap risiko yang ada dengan lebih baik. Maka dari itu, pada artikel yang satu ini akan dibahas mengenai apa saja tips membeli rumah yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

1. Mencari Tahu Reputasi yang Dimiliki oleh Developer Rumah

Tips pertama yang perlu untuk diperhatikan dengan baik sebelum melakukan beli rumah yaitu dengan mencari tahu terlebih dahulu terkait dengan reputasi yang dimiliki oleh developer rumah tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membaca atau mencari tahu dari website maupun akun media sosial yang dimiliki oleh developer tersebut. 

Dari sini, nantinya akan dilihat dan didapatkan mengenai portofolio yang dimiliki oleh developer untuk menentukan dan melihat apa saja proyek yang sebelumnya sudah pernah dikerjakan. Tidak hanya itu, perlu juga untuk mencari tahu mengenai berita yang berkaitan dengan developer untuk melihat apakah memiliki kasus.

2. Memperhatikan Legalitas dari Sisi Sertifikat Hak Milik dan Izin Mendirikan Bangunan

Kedua dari tips membeli rumah yang perlu untuk diperhatikan dengan baik yaitu memperhatikan dan memastikan mengenai legalitas yang dimiliki untuk izin yang ada. Izin ini termasuk juga mengenai sertifikat hak milik atau disebut pula sebagai SHM dan izin mendirikan bangunan atau IMB. 

Hal ini menjadi bagian penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik agar bisa membantu untuk menghindari permasalahan yang bisa datang kapan saja setelah pembelian rumah berhasil. Permasalahan ini termasuk juga dengan penyegelan dari pihak yang berwenang, penolakan kredit dari sisi bank, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Menghindari Pembayaran Down Payment (DP) Sebelum KPR Sudah Disetujui

Selanjutnya dari tips membeli rumah yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dengan baik yaitu untuk tidak melakukan pembayaran akan down payment atau dp, apalagi sebelum KPR sudah pasti disetujui. Hal ini dikarenakan tidak adanya jaminan yang diberikan dari pihak bank untuk sudah pasti menyetujui dari pengajuan KPR yang diminta tersebut. 

Maka dari itu, akan lebih baik untuk memastikan bahwa KPR sudah disetujui dari pihak bank, baru nantinya melakukan pembayaran dp yang diminta. Dari sini, nantinya akan mempermudah untuk pihak pembeli atau pemilik rumah sehingga bisa menjalani dengan lebih nyaman dan baik.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top