Inspirasi - Arsitektur

9 Inspirasi Desain Interior Apartemen Minimalis Yang Nyaman Dan Menenangkan

9 Inspirasi Desain Interior Apartemen Minimalis Yang Nyaman Dan Menenangkan
Share:

Apartemen minimalis merupakan desain apartemen yang mengedepankan elemen visual sederhana namun tetap berkesan. Baik itu dalam penggunaan warna, tata ruang, hingga pencahayaan. Pemilihan furniture yang compact juga menjadi salah satu karakteristik apartemen dengan konsep minimalis. 

Meski demikian, apartemen dengan konsep minimalis tidak terikat pada aspek kesederhanaan yang kaku. Anda dapat mengaplikasikan berbagai desain interior apartemen yang memberikan kesan mewah dan elegan. Tentunya dengan memperhatikan prinsip desain minimalis dengan baik. 

Konsep minimalis sering kali diterapkan pada interior apartemen studio. Mengingat jenis apartemen ini hanya terdiri dari satu ruangan yang multifungsi. Dengan kata lain, ruang tamu, ruang makan, dapur hingga tempat tidur pada apartemen studio berada dalam area yang sama tanpa penyekat apa pun. 

Lantas, desain interior apartemen seperti apa yang sesuai dengan konsep minimalis? Sebagai referensi untuk Anda, pada artikel ini akan diulas mengenai beberapa jenis desain interior apartemen konsep minimalis yang nyaman dan menenangkan. Berikut uraiannya. 

1. Desain Apartemen Minimalis Korean Style

Pilihan pertama ada desain apartemen konsep minimalis Korean Style. Desain apartemen yang satu ini semakin diminati karena popularitas drama atau film Korea yang tidak pernah redup. Anda bahkan Anda dapat dengan mudah menemukan banyak iklan apartemen dengan konsep minimalis Korean Style.

Desain apartemen konsep minimalis Korean Style kerap menggunakan warna kalem seperti cream, beige, putih, cokelat muda, abu-abu muda, hingga warna pastel. Namun sejumlah warna mencolok juga bisa diaplikasikan untuk beberapa jenis item interior atau furniture apartemen. Sedangkan untuk penggunaan materialnya sangat beragam. Misalnya material kayu, kaca hingga kain beludru. 

2. Desain Apartemen Minimalis Gaya Bohemian

Apabila Anda dan sedang mencari referensi desain apartemen studio unik, konsep minimalis gaya bohemian adalah pilihan yang tepat. Desain interior jenis ini menggabungkan unsur-unsur minimalis dengan warna colorful dan eksentrik. Warna colorful tersebut bisa diterapkan pada karpet, sofa, lukisan dan taplak meja. 

Memiliki apartemen dengan konsep minimalis gaya Bohemian membuat ruangan di dalam apartemen terasa lebih hangat dan berwarna. Dekorasi pada desain interior apartemen ini juga banyak menggunakan motif etnik dan item-item antik. Alhasil, ruangan apartemen terlihat lebih ekspresif dan tidak monoton. 

3. Desain Apartemen Minimalis Monokrom

Jika Anda lebih menyukai interior apartemen yang simpel, desain minimalis monokrom bisa menjadi bahan pertimbangan. Warna yang bisa digunakan untuk menunjang penerapan desain apartemen minimalis adalah putih, hitam dan abu-abu. Namun, Anda juga bisa memilih warna lain untuk beberapa dekorasi di dalam ruangan apartemen, seperti warna navy dan hijau tua. 

Konsep monokrom akan menampilkan kesan bersih dan rapi pada apartemen kesayangan Anda. Tidak heran jika konsep monokrom dinilai sejalan dengan prinsip desain minimalis. Penggunaan warna putih pada dinding juga akan memberikan kesan luas pada ruangan apartemen studio yang sempit.

Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jendela kaca besar agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam apartemen. Ini akan membuat cat warna monokrom tampak lebih dinamis. 

4. Desain Apartemen Minimalis Futuristik

Konsep futuristik pada desain interior adalah gaya arsitektur modern dengan tampilan yang sangat menarik. Dekorasi pada desain interior apartemen futuristik minimalis umumnya berbentuk asimetris dan berorientasi pada masa depan.

Desain apartemen minimalis futuristik menawarkan nilai estetika yang mungkin tidak bisa ditemui pada interior apartemen lain. dari segi pencahayaan, desain apartemen futuristik minimalis menggunakan lampu LED dengan warna yang sangat terang. Akan tetapi lampu LED tersebut letaknya cukup tersembunyi. Jadi, yang terlihat secara langsung oleh mata adalah cahaya lampu yang memancar ke seluruh ruangan.

Ingin mengaplikasikan konsep apartemen futuristik dengan tampilan yang lebih kreatif? Jika iya, Anda bisa melihat berbagai contoh denah apartemen dengan konsep minimalis futuristik yang ada di laman internet. 

5. Desain Apartemen Minimalis Klasik

Pilihan selanjutnya adalah desain apartemen klasik minimalis. Ya, desain interior klasik yang identik dengan kemewahan dan keindahan ternyata bisa diaplikasikan pada apartemen atau rumah dengan konsep minimalis. 

Desain klasik sendiri bersifat  timeless dan tidak terpengaruh oleh tren desain di masa kini yang cepat mengalami perubahan. Warna yang bisa digunakan pada desain interior apartemen klasik minimalis diantaranya cokelat, cream, putih, dan merah marun. Desain interior ini semakin elegan dengan hadirnya furniture yang terbuat dari bahan natural seperti kayu dan kulit hewan. 

6. Desain Apartemen Minimalis Tropis

Desain apartemen dengan konsep minimalis tropis fokus pada penggunaan warna-warna alami dengan aksen hijau yang dominan. Hal ini untuk menciptakan suasana yang lebih segar dan menenangkan. Sementara untuk furniture yang digunakan terbuat dari material kayu, bambu atau rotan. 

Apabila Anda juga ingin memiliki hunian dengan nuansa alami, saat ini banyak dijual apartemen dengan konsep minimalis tropis. Pastikan memilih developer apartemen yang berpengalaman untuk mendapatkan apartemen konsep minimalis tropis terbaik. 

7. Desain Apartemen Minimalis Ala Jepang

Desain apartemen dengan konsep minimalis ala Jepang sebetulnya tidak berbeda jauh dengan konsep minimalis tropis. Keduanya sama-sama mengedepankan kesederhanaan dan keseimbangan alam. Salah satunya dengan menggunakan dekorasi tanaman hijau di dalam ruangan. 

Perbedaan dari kedua konsep desain interior apartemen ini adalah pada pemilihan elemen atau furniturenya. Desain apartemen konsep minimalis ala Jepang biasanya menggunakan pintu geser serta beberapa item interior khas Negeri Sakura tersebut.

Di samping itu, desain interior apartemen konsep minimalis ala Jepang memiliki tata letak yang terbuka. Desain ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki apartemen kecil namun ingin memberikan kesan ruangan lebih lapang. 

8. Desain Apartemen Minimalis Nuansa Cottage

Desain apartemen dengan konsep minimalis nuansa Cottage diadaptasi dari suasana di pedesaan Eropa. Konsep minimalis nuansa Cottage umumnya didominasi oleh material kayu dengan perpaduan berbagai jenis motif indah pada furniturenya.

Beberapa item interior vintage yang menarik pada konsep minimalis Cottage juga akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang tinggal di apartemen. Salah satunya adalah keberadaan vas bunga di sejumlah area yang dapat mempercantik ruangan apartemen Anda. 

9. Desain Apartemen Minimalis Industrial

Terakhir, Anda bisa mengaplikasikan konsep industrial pada desain apartemen studio minimalis. Desain interior apartemen jenis ini menggunakan material industrial yang memadukan warna hitam, abu-abu, metal, tembaga hingga emas.

Anda bisa mengaplikasikan plesteran berwarna gelap pada lantai apartemen. Sementara untuk bagian dinding, Anda bisa memadukan material kayu dan batu bata yang menampilkan kesan unfinished.

Jika ingin menambahkan sekat ruangan, Anda bisa menggunakan rak tinggi yang terbuat dari bahan besi. Agar terlihat lebih modern, tambahkan juga beberapa elemen atau dekorasi tema industrial kekinian lainnya. 

Demikianlah sejumlah inspirasi desain apartemen dengan konsep minimalis yang bisa untuk Anda tiru. Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya pertimbangkan untuk bekerja sama dengan jasa desain interior apartemen minimalis profesional. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top