Tips & Trik - Rumah

Yuk Cobain Tips Hemat Tinggal di Apartemen, Anak Rantau Wajib Tahu!

Yuk Cobain Tips Hemat Tinggal di Apartemen, Anak Rantau Wajib Tahu!
Share:

Saat ini, tinggal di apartemen sudah menjadi hal yang biasa untuk anak-anak rantau ataupun orang-orang yang ingin mulai hidup sendiri. Selain fasilitasnya yang cukup lengkap, apartemen biasanya juga berada di lokasi yang strategis. Jadi lebih mudah dijangkau dan diakses jika dibandingkan dengan kontrakan ataupun kost. Tapi, kebanyakan orang masih menganggap bahwa biaya untuk tinggal di apartemen tergolong mahal dan mewah. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa cara ini agar bisa tinggal di apartemen dengan hemat.

Tips Hemat Tinggal di Apartemen

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa tinggal di apartemen dengan hemat, antara lain:

1. Susun Anggaran Tiap Bulan

Untuk bisa menerapkan hidup hemat, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyusun anggaran setiap bulannya, baik itu pengeluaran ataupun pemasukan. Kemudian, hitung besar pemasukan dan perkiraan pengeluaran tiap bulannya setelah itu dibagi sesuai dengan kebutuhan. Pastikan pengeluaran Anda tidak lebih besar dibandingkan dengan pemasukan untuk menghindari hutang.

2. Pilih Apartemen yang Berada di Lokasi Strategis

Jika lokasi apartemen yang Anda pilih strategis, maka hal tersebut akan membantu Anda lebih hemat saat tinggal di apartemen. Adapun beberapa ciri khas apartemen yang strategis yaitu dekat dengan fasilitas publik seperti transportasi umum, tol, stasiun, dan fasilitas umum seperti mall, pasar, rumah sakit, atau supermarket. Dengan mudahnya akses transportasi tersebut, pastinya akan membantu Anda dalam menghemat biaya pengeluaran saat ingin bepergian.

3. Hemat Listrik

Saat tinggal di apartemen, biaya listrik adalah salah satu pengeluaran yang cukup besar setiap bulannya. Terlebih jika Anda menggunakan AC, kulkas, dan alat elektronik lain. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan penggunaan listrik setiap harinya. Misalnya saja dengan mematikan semua alat elektronik saat ingin pergi keluar. Pakai AC ketika siang hari saja dan memaksimalkan sirkulasi udara dari jendela.

4. Beli Furniture Multifungsi

Dengan membeli furniture yang multifungsi, Anda bisa lebih hemat tinggal di apartemen. Cobalah untuk membuat apartemen minimalis dengan berbagai furniture multifungsi. Hal tersebut pastinya bisa membuat apartemen menjadi lebih lega dan tidak penuh dengan barang-barang. Anda bisa memilih meja laci yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan barang. Selain itu, pilih panci multifungsi yang bisa digunakan untuk memasak, menggoreng, atau merebus.

5. Pertimbangkan untuk Sewa Unit Jangka Panjang

Tips tinggal di apartemen yang terakhir yaitu dengan menyewanya dalam jangka waktu yang panjang. Terlebih jika Anda memiliki rencana untuk tinggal atau merantau dalam waktu yang lama. Dengan memilih sewa unit dalam jangka waktu panjang, maka Anda akan memperoleh harga yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa tips tinggal di apartemen yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top