Pengembang - Kebijakan Pemerintah

Keuntungan Melakukan Pembelian Perumahan Dengan Sistem KPR

Keuntungan Melakukan Pembelian Perumahan Dengan Sistem KPR
Share:

Mempunyai rumah menjadi impian semua orang tetapi tata cara pembeli rumah ini juga harus diperhatikan. Sistem perumahan KPR atau penuh sekalipun harus diperhatikan sebaik mungkin. KPR ini saat ini menjadi pilihan utama ketika masih memiliki status lajang. Hal tersebut karena sistem KPR hanya memberikan syarat slip total pendapatan maupun gaji ke pihak bank. Bila nanti dianggap mampu, maka pihak bank akan menyetujuinya. Lalu, apa saja keuntungan membeli rumah di perumahan menggunakan sistem KPR? 

1. Bisa Memiliki Rumah Hanya dengan Modal Kecil

Keuntungan pertama membeli KPR rumah adalah bisa mempunyai rumah yang di impikan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Adanya KPR pihak bank akan menyediakan pembayaran 70%-80% dari harga rumah tersebut. Oleh sebab itu, Anda hanya harus mempersiapkan uang mukanya saja dan juga pelunasan yang nanti akan dibayarkan ke developer. Cara tersebut pasti akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menabung sendiri sementara untuk harga rumah akan terus naik. 

2. Promo Bunga Bank Lebih Banyak

Agar dapat menarik pembeli yang potensial pihak bank akan memberikan banyak sekali promosi bunga yang rendah mulai 3% skema tetap. Bunga tetap ini adalah sistem bunga yang tidak berubah dengan kurun waktu tertentu. Anda dapat memilih bank yang dapat menawarkan dengan bunga tetap sampai 5 tahun sehingga cicilan setiap bulannya jauh lebih ringan. 

Keuntungan melakukan pembelian rumah dengan sistem KPR akan semakin terasa bila tenor lebih pendek, misalnya 10 tahu di lima tahun pertama Anda membayar cicilan dengan bunga yang tepat dan lima tahun berikutnya akan mengikuti bunga bank. 

3. Legalitas Rumah Akan Terjamin

Proses pembeli perumahan KPR bukan hanya akan berhenti saat Anda sudah menyerahkan uang. Masih akan ada banyak dokumen dan juga pajak yang harus di urus supaya transaksi dianggap sah. Jika, baru pertama kali melakukan pembelian properti hal tersebut cukup membuat kebingungan. 

Namun, tidak usah khawatir dengan KPR pihak bank akan membantu melakukan kepengurusan akta dengan menggunakan notaris atau PPAT. Mereka nanti juga dapat melakukan pemeriksaan dokumen dari penjualan supaya terhindar dari pemalsuan. Keuntungan yang dimiliki dari pembeli KPR ini membuat hati tenang karena legalitas dari rumah yang Anda tempati terjamin. 

4. Mendapatkan Asuransi dari Bank

Bukan hanya akan menunjuk notaris dan PPAT keuntungan dari membeli rumah KPR murah adalah mendapatkan asuransi dari bank. Pada umumnya pihak bank memberikan asuransi jiwa dan juga asuransi penjamin untuk melindungi harta benda dari berbagai kemungkinan kerusakan karena kebakaran maupun bencana alam. 

5. Angsuran Lebih Ringan

Walaupun nantinya cicilannya relatif tetap atau meningkat karena adanya skema floating, tetapi adanya inflasi maupun peningkatan pendapatan membuat cicilan Anda menjadi jauh lebih ringan. Keuntungan membeli perumahan KPR tidak jarang debitur mampu untuk melunasinya sebelum tenornya berakhir. Jangan muda tergiur harga murah ketika membeli rumah tetapi pastikan developer mempunyai kredibilitas baik. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top