Tips & Trik - Rumah

5 Tips Cari Rumah KPR Yang Tepat Dan Jenis-Jenis KPR

5 Tips Cari Rumah KPR Yang Tepat Dan Jenis-Jenis KPR
Share:

Ingin mencari hunian yang nyaman, namun masih terhalang biaya yang tinggi? Tenang saja, Anda bisa memilih rumah KPR. Rumah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah pilihan untuk masyarakat yang ingin memiliki hunian dengan sistem KPR atau cicilan. Lantas bagaimana cari rumah KPR? Simak selengkapnya di sini! 

Tips Cari Rumah KPR yang Tepat 

Sistem KPR berjalan dengan cara bank mengambil rumah untuk developer, selanjutnya dijual kembali menggunakan sistem cicilan. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan tips cari rumah KPR yang tepat, yaitu: 

  • Jangan Tergiur Bunga Rendah 

Memilih KPR jangan tergiur bunga rendah dari pihak bank. Bunga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap cicilan bulanan. Untuk itulah, saat memilih KPR coba perhitungkan penawaran bunga sejak awal supaya tidak membebani Anda ketika proses mencicil. 

Suku bunga ada jenis suku bunga mengambang (floating) dan suku bunga tetap (fixed). Suku bunga tetap cicilannya lebih rendah, namun berlaku sekitar 2-3 tahun pertama saja. Sedangkan suku bunga floating akan mengikuti aturan dari Bank Indonesia. 

  • Survei Rumah 

Mencari hunian untuk KPR secara online memang cukup mudah, namun akan lebih jelas dan detail jika langsung survei rumah ke lokasi. Ketika Anda bisa turun langsung ke lapangan, maka Anda bisa menilai bagaimana kondisi lingkungan. 

Perhatikan keamanan rumah, perhatikan tetangga, bagaimana jalur menuju lokasi, dan amati infrastruktur dan fasilitas yang tersedia. Cari tahu juga bagaimana sejarah rumah tersebut, jika rumah tersebut pernah dihuni sebelumnya. 

  • Menyesuaikan dengan Kemampuan Finansial 

Sebelum memilih KPR sebaiknya memastikan besar kecilnya cicilan agar sesuai kemampuan finansial. Contohnya, perencanaan keuangan menyisihkan 10% untuk dana sosial, 20% untuk disimpan untuk tabungan dan investasi, 30% untuk cicilan, dan 40% untuk kebutuhan sehari-hari. 

Perhatikan besar cicilan KPR agar tidak melebihi 30% dari seluruh penghasilan. Kondisi ini supaya Anda bisa terhindar dari risiko ketika suku bunga naik dan membuat cicilan per bulan semakin tinggi. 

  • Pahami Kredibilitas Developer 

Pilih KPR yang memiliki kredibilitas developer yang terpercaya dan profesional. Anda bisa cek rekam jejak developer agar tidak tertipu dengan berbagai promo yang merugikan untuk ke depannya. 

  • Baca Kontrak Secara Cermat 

Ketika membeli rumah, Anda harus cermat membaca dan memahami kontrak yang ada. Kontrak isinya tentang aneka surat serta dokumen penting untuk bank maupun agen jual rumah. 

Jenis Rumah KPR yang Tepat 

Sistem KPR rumah merupakan fasilitas kredit untuk nasabah perorangan yang disediakan oleh pihak perbankan. Nasabah bisa melakukan pembelian atau perbaikan rumah. Adapun jenis KPR yang ditawarkan oleh pemerintah adalah: 

  • KPR Subsidi 

Kredit yang diberikan untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang bertujuan memenuhi kebutuhan perbaikan atau perumahan yang sudah dimiliki. 

KPR subsidi diatur pemerintah, sehingga tidak seluruh masyarakat yang mengajukan kredit akan mendapatkan persetujuan. Pemerintah memberikan KPR subsidi berdasarkan dari penghasilan pemohon serta maksimum kredit yang didapatkan. 

  • KPR Non Subsidi 

KPR Non Subsidi diberikan kepada seluruh masyarakat. Ketentuan KPR biasanya ditetapkan bank dan penentuan besar kecilnya kredit maupun suku bunga sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.  

Demikianlah penjelasan tentang tips cari rumah KPR yang perlu dipahami. Semoga membantu! 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top