Pengembang - Kebijakan Pemerintah

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Berminat Membeli Rumah KPR

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Berminat Membeli Rumah KPR
Share:

Membeli rumah KPR merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin memiliki hunian sendiri. 

Meskipun begitu, Anda tidak bisa membeli rumah secara sembarangan, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah KPR.

Berikut 6 hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli rumah dengan cara KPR.

1. Membuat Estimasi Keuangan

Ketika ingin membeli rumah secara KPR, Anda perlu membuat estimasi keuangan terlebih dahulu.

Estimasi keuangan diperlukan untuk membantu Anda mengetahui kemampuan untuk membayar cicilan rumah KPR.

Dalam data tersebut, Anda perlu tahu apakah Anda mampu membayar cicilan pertama KPR rumah yang umumnya berjumlah 20% dari harga rumah utuhnya.

Ingatlah juga untuk menyediakan dana yang nantinya akan dipakai untuk melengkapi perabotan rumah.

2. Membeli Rumah yang Harganya Sesuai dengan Kemampuan

Mewujudkan mimpi untuk memiliki rumah adalah sesuatu hal yang diidamkan oleh banyak orang. 

Tetapi perlu diingat juga kalau rumah impian Anda haruslah memiliki harga yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Bukan berarti Anda tidak boleh memilih rumah impian, hanya saja, sebelum membelinya, Anda perlu mengukur kekuatan dan kemampuan finansial Anda terlebih dahulu.

Sebagai informasi, rumah yang disebut sebagai rumah yang terjangkau secara finansial adalah rumah yang mampu Anda bayar cicilan pertamanya serta dapat Anda bayar dengan lancar cicilan bulanannya.

3. Teliti Skema KPR Secara Mendalam

Tips berikutnya yang dapat Anda lakukan ketika hendak membeli rumah KPR adalah mempelajari dan meneliti skema KPR secara mendalam.

Beberapa contoh hal yang harus Anda perhatikan adalah lamanya tenor, bank ikut bekerja sama, jumlah bunga yang akan dikenakan kepada Anda, simulasi pembayaran, dokumen yang akan Anda perlukan, lamanya proses pengikatan jual beli sampai waktu penyerahan kunci dari rumah yang Anda beli.

Meneliti skema KPR secara mendalam akan membantu Anda untuk lebih memahami proses tersebut secara jelas

4. Ketahui Dimana Lokasi Rumah dengan Jelas

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika proses membeli rumah KPR adalah mengetahui dimana lokasi rumah dengan jelas.

Hal ini untuk mengetahui apakah rumah KPR tersebut memang benar berada di lokasi perumahan yang bisa ditinggali. Jika memang informasi yang Anda terima sejalan dengan fakta yang ada, maka proses dapat diteruskan.

5. Pastikan Kelengkapan Surat-surat Penting

Ingatlah juga untuk memastikan kelengkapan surat-surat penting dari rumah yang Anda beli. Contoh surat yang penting untuk diketahui adalah IMB atau Izin Mendirikan Bangunan serta sertifikat hal milik yang akan menjadi bukti kepemilikan Anda atas rumah tersebut.

6. Hindari Membeli Rumah Karena Perasaan

Hal ini mungkin akan terdengar aneh, tetapi bisa saja terjadi bahkan tanpa Anda sadari. Anda perlu ingat untuk memikirkan matang-matang terlebih dahulu kondisi ketika hendak membeli rumah. Hindari membeli karena tergiur iklan atau karena terpengaruh suasana hati.

Itulah dia 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak membeli rumah KPR, semoga bisa membantu proses beli rumah Anda menjadi lebih lancar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top