Pengembang - Kebijakan Pemerintah

3 Keuntungan KPR Subsidi Yang Sangat Membantu Masyarakat Menengah Ke Bawah

3 Keuntungan KPR Subsidi Yang Sangat Membantu Masyarakat Menengah Ke Bawah
Share:

Beberapa keuntungan KPR subsidi harus Anda ketahui sebelum memutuskan mengikuti program pembelian rumah tersebut. Kredit Perumahan Rakyat (KPR) menjadi solusi paling efektif bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki hunian rumah pribadi, tetapi terkendala harganya begitu tinggi.

Dengan program KPR tersebut, Anda bisa membelinya dengan cara pembayaran mencicil bernominal masih terjangkau. Namun, ada tenor atau jangka waktu mencicil pembayarannya yang bisa dalam hitungan belasan hingga puluhan tahun.

Mengenal Keuntungan KPR Subsidi bagi Masyarakat Indonesia

Ada program KPR subsidi dari pemerintah yang bisa Anda ikuti agar bisa segera mendapatkan hunian rumah pribadi seperti sudah didambakan sudah lama. Namun, Anda harus mendaftar dan memenuhi semua kriteria sekaligus persyaratan yang sudah ditentukan.

Program ini pemerintah menggandeng pihak perbankan untuk bisa menyalurkan subsidi perumahan lebih merata. Sementara itu, ada beberapa keuntungan KPR subsidi yang perlu Anda sekalian ketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Pembayaran Cicilan Lebih Ringan

Memang benar, pembayaran cicilannya per bulan lebih ringan karena sudah mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah. Sementara itu, besaran subsidinya bisa Anda tanyakan langsung kepada pihak perbankan. Atau mungkin, Anda dapat mendapatkan informasinya lebih mendetail dengan browsing di dunia maya.

Dengan nominal cicilan pembayaran setiap bulan lebih kecil, Anda bisa menyisihkan uang lainnya untuk ditabung. Terutama karyawan atau pegawai kecil dengan gaji per bulan masih pas-pasan pastinya sangat terbantu dengan program KPR subsidi tersebut.

2. Tenor Pembayaran Lebih Panjang

Keuntungan KPR subsidi berikutnya, yaitu tenornya lebih panjang. Jadi, bukan hanya besaran cicilannya yang terbantu, tetapi tenor pembayarannya juga lebih lama. Tenor merupakan jangka waktu pelunasan pembayaran dalam pembelian rumah melalui KPR.

Biasanya tenor diputuskan oleh perbankan tertentu selaku pihak yang meminjamkan atau istilahnya menalangi pembelian rumahnya. Namun dalam KPR subsidi, ada keistimewaannya karena perbankan akan memberikan tenor lebih lama kepada nasabahnya. Dengan begitu, nasabah yang mengambilnya bisa lebih nyaman dan tenang saat melunasi pembayarannya.

3. DP Cukup Terjangkau

Keuntungan lainnya, yaitu nominal DP atau uang muka pembayaran KPR rumah cukup terjangkau untuk para nasabah. Biasanya DP pembelian rumah secara KPR dipatok sekitar 30% dari harga jualnya. Namun dalam KPR subsidi, DPnya bisa 10% - 15% saja dari harga jual rumahnya.

Bahkan, Anda masih bisa membayar DP tersebut secara mencicil setiap bulan dengan perhitungan pembayaran tertentu. Pastinya ada persyaratannya dari pihak perbankan, sehingga Anda bisa menanyakannya langsung dengan mengunjungi kantor cabangnya terdekat.

DP KPR yang lebih terjangkau dan bisa dicicil pembayarannya pastinya sangat membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah di Indonesia. Oleh karenanya, Anda yang sangat ingin memiliki hunian rumah pribadi seharusnya mendapatkan langsung manfaat dari keuntungan KPR subsidi, seperti diuraikan diatas.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top