Berita - Dalam Negeri

Fakta Menarik Kota Tangerang, Cek Lebih Dalam Yuk!

Fakta Menarik Kota Tangerang, Cek Lebih Dalam Yuk!
Share:

Apakah Anda tahu tentang Tangerang, sebuah kota yang sangat padat dengan berbagai sumber daya manusia dan sumber daya industrinya?

Tangerang masuk ke Kabupaten apa? Tentu, hampir separuh lebih penduduk Indonesia mengenal Kota Tangerang adalah sebuah distrik yang berada di provinsi Banten Jawa Barat, terletak di sebelah kota Dki Jakarta. Jarak kedua provinsi tersebut cukup lumayan jauh tapi banyak orang mencari pekerjaan dari kedua provinsi tersebut. Ada banyak keunggulan yang ditampilkan di sana mulai dari wisata, suku daerah, hingga sistem pemerintahan.

Ingin lebih dekat lagi dengan Kota Tangerang dan sekitarnya, simak artikel berikut ini yuk1

Apa Yang Membuat Kota Tangerang Menarik?

Tangerang di provinsi apa? Sebagai sebuah distrik dengan banyak daya tarik mulai sentra industri yang sangat vital dan lengkap, pendidikan yang maju, sumber daya alam dan potensi pertanian sangat bagus hingga lokasi wisata berbeda dengan lainnya, Tangerang menjadi sasaran empuk bagi orang untuk menjadi tempat bernaung. Tak berhenti di sisi itu saja, Tangerang memiliki paduan suku yang cukup beragam dan unik mulai dari suku Jawa, suku Sunda dan suku Betawi dimana semua suku tersebut berbaur menjadi satu padu dan damai. 

Karena dasar itulah maka tercipta penduduk yang ramah-tamah dan bisa memaklumi ragam perbedaan, pola pikirnya juga lebih modern. Terindikasi tahun 2023 data statistika menunjukkan bahwa jumlah penduduk Tangerang kisaran 1,19 juta per 12.000/km2. Berapa kecamatan di Kota Tangerang?

Dari hitungan angka tersebut dinobatkan sebagai kota terbesar ketiga setelah Jakarta, Depok di Jawa Barat. Sehingga dapat dikatakan bahwa Tangerang menjadi sasaran terbaik untuk mengembangkan karier dan potensi manusia. 

Sistem Pemerintahan dan daftar kecamatan Kota Tangerang

Kota Tangerang disebut juga sebagai kota benteng karena terdapat kerajaan Banten yang dahulunya sultan Banten membuat sebuah kekuasaan besar wilayah di sisi barat sungai Cisadane. Dari dasar itulah, terbentuk berbagai titik lokasi besar yang didiami oleh banyak orang dan mulai menunjukkan pergerakan penduduk yang stabil hingga tahun demi tahun. Kota Tangerang dibagi menjadi berapa? 

Tangerang terdiri dari 2 pemekaran wilayah yakni Kota Tangerang dan Tangerang selatan. 

Untuk distrik Kota Tangerang terdapat 11 kecamatan, 104 kelurahan, berikut adalah detail sistem pemerintahannya:

  1. Kecamatan Karangtengah (Parung Jaya, Pedurenan, Karang Mulya, Karangtengah, Karang Timur, Pondok Bahar, Pondok Pucung).
  2. Kecamatan (Karawaci Bojong Jaya, Gerendeng, Karawaci, Karawaci Baru, Bugel, Cimone, Cimone Jaya, Koang Jaya, Margasari, Pabuaran, Pabuaran Tumpeng, Pasar Baru, Nambo Jaya, Nusa Jaya, Sukajadi, Sumur Pacing).
  3. Kecamatan Neglasari, Desa apa saja di Tangerang? (Karang Anyar, Neglasari, Karangsari, Kedaung Baru, Kedaung Wetan, Mekarsari, Selapajang Jaya).
  4. Kecamatan Batuceper (Batuceper, Poris Gaga Baru, Batujaya, Batusari, Kebon Besar, Poris Gaga, Poris Jaya).
  5. Kecamatan Benda (Benda, Jurumudi, Jurumudi Baru, Belendung dan Pajang).
  6. Kota Tangerang selatan kecamatan apa? Kecamatan Cipondoh (Cipondoh, Gondrong, Kenanga, Poris Plawad Indah, Poris Plawad Utara, Ketapang, Cipondoh Indah, Cipondoh Makmur, Petir, Poris Plawad).
  7. Kecamatan Jatiuwung (GAndasari, Jatake, Keroncong, Alam Jaya, Manis Jaya, Pasir Jaya).
  8. Kecamatan Periuk (Gembor, Periuk, Periuk Jaya, Gebang Raya, Sangiang Jaya).
  9. Kecamatan Pinang (Cipete, Kunciran, Pakojan, Kunciran Indah, Panunggangan Utara, Pinang, Kunciran Jaya, Nerogtog, Panunggangan, Panunggangan Timur, Sudimara Pinang).
  10. Kecamatan Tangerang (Babakan, Suka Asih, Sukarasa, Buaran Indah, Cikokol, Kelapa Indah, Sukasari, Tanah Tinggi). 
  11. Kecamatan Cibodas (Cibodasari, Cibodas Baru, Jatiuwung, Panunggangan Barat, Cibodas, Uwung Jaya).
  12. Kecamatan Ciledug (Paninggilan, Sudimara Jaya , Sudimara Selatan, Paninggilan Utara, Parung Serab, Sudimara Barat, Sudimara Timur dan Tajur).
  13. Kecamatan apa saja di Kota Tangerang? Kecamatan Larangan (Gaga, Kreo, Kreo Selatan, Larangan Indah, Cipadu, Cipadu Jaya, Larangan Selatan, Larangan Utara).

Perbedaan Kota Tangerang dan Tangerang Selatan?

Apa bedanya Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan? Pada dasarnya, Kota Tangerang dan Tangerang selatan adalah dua buah distrik yang berada dalam satu naungan provinsi Jawa Barat yakni Banten. Tapi karena adanya pemekaran wilayah yang terjadi pada tahun 2008 maka Kabupaten Tangerang dipisah untuk beberapa titik yang dekat dengan wilayah Jakarta dan Depok menjadi status Kota Tangerang. Kemudian selebihnya wilayah tetap menjadi wilayah Kabupaten Tangerang (Tangerang selatan). 

Tangerang Selatan termasuk Kota? Tujuan dibuatnya pemekaran 2 wilayah besar adalah agar adanya klasifikasi pusat sarana kegiatan pokok yang nantinya mudah dijangkau. Misalnya, untuk Kota Tangerang terdapat strategis sarana dan prasarana umum rumah sakit, sekolah, kampus, kantor administrasi penduduk, bank dan sebagainya. 

Tangerang Terkenal Dengan Bangunan Bersejarah, Apa Saja Ya?

  • Stasiun Tangerang

Cagar budaya Tangerang yang telah berdiri lebih dari 100 tahun ini merupakan bangunan transportasi yang tidak banyak orang tahu. Stasiun Tangerang berada di Jalan Kisamaun tampak dari bagian pintu masuk dan eksteriornya masih mengusung konsep kuno, dan mungkin sedikit seram. Namun, sebenarnya banyak menyimpan kenangan masa jadul yang begitu indah. 

  • Bendungan Air Pintu Sepuluh

Bendungan ini dibangun di atas tanah seluas 4000 hektar pada tahun 1927 dimana saat ini masih terus beroperasi dan dapat menahan debit air sungai yang sangat deras. Tinggi bendungan ini adalah 110 meter sedangkan panjangnya 125 meter, ada 10 tiang penyangga yang gagah. 

  • Masjid Kali Pasir

Masjid kali pasir adalah bangunan tempat ibadah yang dibuat oleh Kerajaan Padjajaran dengan konsep bangunan tiongkok sehingga jika yang tidak kenal akan mengira bahwa masjid tersebut adalah klenteng. Saat masuk ke masjid kali pasir, Anda akan terpana dengan seni kaligrafi dari era terdahulu. Suasananya sangat tenang dan sering dijadikan untuk kajian setiap hari. Interior masjidnya memang sudah ada beberapa yang diubah tapi juga masih ada beberapa yang kuno. 

  • Museum Benteng Heritage

Museum yang dibangun abad ke – 17 ini awalnya sangat tidak terawat karena kesan menyeramkan, tapi makin kesini makin menarik. Banyak nuansa umat Kong Hu Chu di dalamnya dan sempat menjadi juara 1 acara FIABCI (Federation International des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers) pada 2012. Museum ini memang tidak membanderol biaya tapi dengan banyak objek berusia lama menjadikan Indonesia lebih dihargai karena menjaga cagar budaya bersejarah dari etnis negara lain.

  • Klenteng Boen San Bio

Klenteng yang berlokasi di Jalan Pasar Baru, Karawaci dibangun oleh seorang kaum Cina bernama Lim Tau Koen pada tahun 1689 yang awalnya meletakkan patung dewa bumi Kim Sin Khongco Hok Tek Tjeng Sin. Cagar budaya klenteng masih berdiri tegak dan digunakan untuk tempat ibadah agama Kong Hu Chu hingga tahun 2024. Anda yang berkunjung ke Tangerang bisa juga belajar mengenal keragaman agama dan budaya dari negara lain yang bisa menyatu dengan budaya lokal Indonesia. 

Kota Tangerang memiliki sejuta kenangan dan daya tarik sehingga sangat pantas untuk dijadikan tempat tujuan hidup. Kota Tangerang kabupaten apa? Pembangunan yang ada di Tangerang dan kabupatennya saat ini semakin diambang kemajuan yang pesat agar banyak orang bisa menikmati segala sarana yang nyaman dan dengan adanya sarpras diharapkan kerja sumber daya manusianya semakin cepat. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top