Berita - Dalam Negeri

Apa Bedanya Kota Tangerang Dengan Kota Tangerang Selatan? Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Bedanya Kota Tangerang Dengan Kota Tangerang Selatan? Simak Penjelasan Lengkapnya
Share:

Banyak orang mengenal Tangerang sebagai satu kesatuan yang padu dimana terletak di Provinsi Banten. Namun sebenarnya terdapat dua entitas yang berbeda yaitu Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. 

Meskipun letaknya berdekatan namun memiliki karakteristik yang berbeda. Tidak hanya dilihat dari sisi sejarah, juga perkembangan kota, letak geografi, dan lainnya. Penasaran Apa bedanya Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan? simak selengkapnya berikut ini: 

1. Sejarah Dan Pembentukan 

Kota Tangerang secara resmi berdiri sebagai kota administratif pada tanggal 28 Februari 1981, dan kemudian memperoleh status sebagai kota otonom pada tanggal 27 Februari 2001. Kota Tangerang telah dikenal luas sebagai pusat industri dan perdagangan dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat.

Sedangkan kota Tangerang Selatan secara resmi didirikan pada tanggal 26 November 2008. Alasan utama dibalik pemekaran ini adalah untuk mempercepat proses pembangunan serta memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih efektif kepada masyarakat yang berada di wilayah selatan Kabupaten Tangerang. 

2. Lokasi Dan Letak Geografi

Kota Tangerang terletak di sebelah barat DKI Jakarta dan berbatasan langsung dengan ibu kota. Lokasinya yang strategis menjadikan Kota Tangerang sebagai salah satu kota penyangga bagi Jakarta, dengan akses yang sangat mudah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di dalam wilayah kota ini.

Kota Tangerang Selatan terletak di selatan Kota Tangerang dan DKI Jakarta. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di timur dan selatan, serta Kota Depok di timur laut. Letaknya yang berada di wilayah selatan menjadikannya area yang berkembang pesat. Itulah Apa bedanya Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan?.

3. Perekonomian Dan Pembangunan Kota 

Kota Tangerang dikenal sebagai pusat industri dan perdagangan. Di kota ini, terdapat banyak pabrik dan perusahaan besar, menjadikannya salah satu pusat ekonomi utama di Provinsi Banten. Selain itu, pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran berkembang pesat.

Kota Tangerang Selatan dikenal lebih sebagai kawasan residensial dan komersial. Kota ini memiliki banyak perumahan modern dan apartemen, serta pusat perbelanjaan besar seperti Bintaro Jaya Xchange dan AEON Mall BSD.

4. Kondisi Infrastruktur Dan Transportasi 

Apa bedanya Kota Tangerang dengan Kota Tangerang Selatan? Kota Tangerang memiliki infrastruktur yang sangat baik, ditAndai dengan jalan-jalan utama yang menghubungkan berbagai kawasan industri dan pemukiman. Sistem transportasinya juga terintegrasi dengan baik, termasuk jalur kereta api komuter yang menghubungkan Tangerang dengan Jakarta, memudahkan mobilitas penduduk.

Kota Tangerang Selatan mengalami perkembangan infrastruktur yang pesat. Jalan tol dan jalan arteri yang baik menghubungkan Tangsel dengan Jakarta serta kota-kota di sekitarnya. Selain itu, Tangsel juga dilengkapi dengan jalur transportasi umum yang memadai, termasuk bus dan kereta api komuter, yang mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top