Inspirasi - Arsitektur

Bangunan Peninggalan Sejarah Kota Tangerang

Bangunan Peninggalan Sejarah Kota Tangerang
Share:

Kota Tangerang Selatan Kecamatan apa? pastinya sudah banyak yang mengetahuinya tetapi ada banyak sekali peninggalan sejarah yang ada di kota Tangerang masih belum banyak yang tahu. Kota Tangerang merupakan kota satelit yang ada di ibukota Jakarta dan terletak di Provinsi Banten. 

Kota Tangerang sendiri menjadi salah satu kota metropolitan paling besar di Banten. Selain itu, ada banyak sekali peninggalan yang nantinya bisa untuk dikunjungi sampai saat ini. Lalu, apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa peninggalan bangunan bersejarah di kota Tangerang

Masjid Jami Kali Pasir

Masjid satu ini memiliki sejarah paling panjang karena menjadi salah satu bangunan yang menjadi peninggalan dari kerajaan Padjajaran terdahulu. Berdiri dari tahu 1700 menjadikan masjid ini memiliki luas sekitar 288 m³.

Lokasi dari masjid tertua di Tangerang ini tidak terlalu jauh dari sungai Cisadane. Salah satu keunikan yang dimilikinya, yaitu ada di tengah-tengah pemukiman masyarakat etnis Tionghoa sehingga memiliki arsitektur khas China. 

Reruntuhan Bangunan Benteng

Kecamatan Tangerang Selatan kecamatan apa? juga memiliki peninggalan sejarah yang berikutnya seperti reruntuhan dari bangunan benteng. Pada kota ini, VOC juga pernah mendirikan sebuah benteng pertahanan yang letaknya ada di sungai Cisadane dimasa Kesultanan Banten. 

Namun, sayangnya benteng tersebut sudah tidak dirawat lagi dari mulai tahun 1912. Saat ini kawasan yang ada di sekitar reruntuhan benteng tersebut banyak digunakan sebagai tempat tinggal etnis Tionghoa. 

Bangunan Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio ini menjadi salah satu bangunan tua yang sudah menjadi saksi sejarah dari pemukiman etnis Tionghoa Benteng yang ada di provinsi Tangerang. Nama Boen Tek Bio itu sendiri artinya literatur dan kebijakan bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia. 

Bangunan tersebut dibangun sekitar tahun 1684 yang ada di jalan Bakti, kawasan pasar lama, kota Tangerang. Klenteng ini baru mendapatkan hak izin pemerintah dari tanggal 6 Januari 1912 walaupun pembangunannya sudah lama dilakukan.

Bangunan Bendungan Pintu Air Sepuluh

Peninggalan sejarah dari kota Tangerang yang selanjutnya adalah Bendungan Pintu Air Sepuluh yang dibangun pada tahun 1927 dan mulai dioperasikan dari mulai tahun 1932. Keunikan dari bendungan satu ini, yaitu sebuah konstruksi yang dibuat dari beton dengan inti baja yang digunakan. 

Fungsi dari bendungan satu ini bisa untuk mengaliri kurang lebih 400 ribu hektare sawah yang terdapat di kota Tangerang, Serang, Tangerang hingga DKI Jakarta. 

Museum Benteng Heritage

Kecamatan Tangerang Selatan kecamatan apa? juga memiliki sebuah museum. Museum benteng Heritage menjadi salah satu dari saksi perkembangan dan juga peradaban dari masyarakat etnis Tionghoa yang ada di kota Tangerang. Pada awal mulanya musim ini adalah sebuah rumah tua yang memiliki arsitektur dengan gaya tradisional Tionghoa. 

Sampai di tahun 2009 rumah yang kurang terawat ini dilakukan restorasi menjadi sebuah restoran sekaligus sebuah museum. Pada lantai satu dipakai sebagai restoran sedangkan untuk museumnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top