Gaya Hidup - Kesehatan

Apa Yang Identik Dengan Kota Tangerang? Ini Dia Yang Khas Dari Kota Benteng

Apa Yang Identik Dengan Kota Tangerang? Ini Dia Yang Khas Dari Kota Benteng
Share:

Sebagai salah satu kota penopang Ibukota Jakarta, Tangerang sering dikira hanya berisi kantor, perumahan dan pabrik. Padahal, kota ini juga penuh dengan sejarah, tradisi bahkan hewan yang sangat khas. Jadi apa yang identik dengan Kota Tangerang? Ini dia banyak hal yang sulit bahkan tidak bisa ditemui di kota lain di Indonesia.

Lomba Perahu Naga

Salah satu hal yang sangat unik dan khas dari Kota Tangerang adalah tradisi lomba perahu naga. Tradisi ini dilakukan oleh para Peranakan Tionghoa yang tinggal di sekitar sungai Cisadane. Hal ini dilakukan setiap tanggal 5 dan bulan 5 tapi bukan menggunakan kalender Gregorian, melainkan kalender Kong Hu Cu. Tradisi ini sudah dilakukan leluhur mereka sejak lama sekali yaitu tahun 1910.

Perahu-perahu yang sangat khas yaitu memiliki hiasan kepala nega di bagian depannya akan berlomba mencapai garis finish dengan waktu paling cepat. Tidak hanya itu, dalam setiap perahu aka nada satu orang yang bertugas untuk memukul gendang supaya dayungan setiap orang serentak dan selaras.

Ayam Wareng

Jika Anda bertanya apa yang identik dengan Kota Tangerang? Maka salah satu jawaban yang tidak banyak orang ketahui adalah daerah ini memiliki hewan endemic atau hanya bisa ditemukan di sini. Hewan ini adalah ayam wareng dan hidup di sekitar pinggiran kota.

Ayam ini adalah hasil perkawinan silang dari ayam ras Indonesia dan Rusia. Hasilnya, ayam ini memiliki tubuh yang relatif lebih kecil daripada ayam pada umumnya. Selain itu, fitur khas ayam ini adalah warna bulu yang hitam dengan bintik-bintik putih pada kaki dan paruh mereka.

Sejarah

Apa julukan untuk Kota Tangerang? Jawaban untuk pertanyaan itu adalah Kota Benteng. Hal ini karena pada jaman dulu, Kerajaan Banten yang berpusat di Tangerang membangun benteng besar sebagai cara untuk menahan sekaligus menahan serangan VOC ketika Belanda masih menjajah.

Selain penjajahan Belanda, Tangerang juga jadi saksi bisa penjajahan Jepang. Peristiwa paling signifikan yang terjadi di Tangerang pada masa penjajahan Jepang adalah Pertempuran Lengkong di mana Resimen IV TRI atau Tentara Rakyat Indonesia berhasil melucuti senjata tentara Jepang pada 25 Januari 1946. Terdapat sebuah monumen di tengah perumahan BSD untuk mengenang peristiwa ini.

Itulah beberapa hal yang bisa menjawab pertanyaan Anda yaitu apa yang identik dengan Kota Tangerang? Karena terkenal sebagai kota penopang dengan kantor, perumahan dan pabrik, banyak orang tidak sadar bahwa Tangerang memiliki begitu banyak hal yang bisa ditawarkan untuk siapa saja yang berkunjung ke kota dengan julukan Kota Benteng ini. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top