Berita - Dalam Negeri

Ini Alasan Julukan Kota Tangerang Sebagai Kota Benteng, Sudah Tahu?

Ini Alasan Julukan Kota Tangerang Sebagai Kota Benteng, Sudah Tahu?
Share:

Dikenal sebagai kota Benteng, Anda pastinya bertanya alasan julukan kota Tangerang tersebut bukan. Terlebih lagi kalau Anda bukan merupakan warga asli kota ini pastinya juga akan penasaran. Oleh karena itulah, Anda dapat menyimak ulasan kali ini agar mengetahui alasan dibaliknya. 

Seperti sudah diketahui bahwa Tangerang adalah kota yang terdapat di Provinsi Banten dan terkenal karena industrinya cukup padat. Dengan luas wilayah sekitar 164 m2, kota ini ternyata juga mempunyai keunikan tersendiri. Terutama berkaitan dengan julukan yang diberikan kepada kota Tangerang ini. 

Alasan Julukan Kota Tangerang, Ini Jawabannya!

Apa julukan untuk kota Tangerang? Kalau Anda mendapatkan pertanyaan tersebut pastinya juga akan kebingungan dalam menjawabnya. Terlebih lagi kalau hanya merupakan seorang pendatang ataupun generasi Gen Z mungkin tidak mengetahuinya. Nah, adapun julukan untuk kota tersebut adalah Kota Benteng. 

Pemberian dari julukan tersebut ternyata tidak asal dilakukan dan berkaitan dengan adanya sejarah di waktu lama. Asal usul dari julukan itulah ternyata menjadi daya tarik tersendiri dari kota yang berada di sebelah Jakarta tersebut. Ternyata julukan tersebut sudah ada sejak masa penjajahan kolonial Belanda. 

Ketika akan melawan pihak VOC di dalam masa penjajahan, Sultan Banten sendiri mengangkat tiga aria dimana salah satunya merupakan kerabat jauh dari Kerajaan Sumedang. Ketiga Aria itulah memperoleh tugas agar bersedia dalam membangun perekonomian yang terdapat di kawasan Banten. 

Pada waktu itu, Kerjaan Banten sendiri sedang melawan VOC dengan memanfaatkan adanya praktik monopoli. Guna membantu kesultanan ini, maka para Aria itu bertugas untuk membangun sebuah benteng pertahanan. Hingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai benteng atau bentengan. 

Sisa Bangunan Benteng Ada di Sungai Cisadane

Pastinya tidak sedikit dari Anda bertanya apakah masih terdapat sisa atau tidak dari bangunan benteng tersebut. Sebenarnya sisa dari benteng masih ada tepatnya di titik bawah dari sungai Cisadane. Bangunan bentengan itu merupakan sebuah tugu yang mempunyai ketinggian satu setengah meter. 

Selain memperoleh julukan yang unik tersebut, kota Tangerang juga menyimpan sejumlah fakta dimana tidak kalah menariknya juga. Misalnya saja keberadaan dari Bandara Soekarno Hatta ternyata berada di Tangerang dan bukan di Jakarta. Tepatnya ada di kecamatan bernama Benda dan menjadi Bandara dengan aktivitas sibuk di Indonesia.

Di samping itu, kota ini juga terkenal akan kulinernya yang beragam di kawasan pasar lama. Jadi apabila Anda datang ke Tangerang, maka jangan sampai lewatkan untuk datang ke Kota Lamanya. Anda bisa menemukan beragam kuliner menggugah selera. 

Tangerang menjadi salah satu kota tersibuk di Banten karena kemajuan dunia industrinya cukup pesat. Tetapi siapa sangka ternyata keberadaannya juga mempunyai julukan cukup unik. Pastinya Anda sudah tahu apa alasan julukan kota Tangerang sebagai kota Benteng bukan. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top