Berita - Dalam Negeri

BSD Dan Serpong Apa Bedanya? Cari Tahu Di Sini!

BSD Dan Serpong Apa Bedanya? Cari Tahu Di Sini!
Share:

Membicarakan tentang wilayah Tangerang, tentu sudah tak asing dengan BSD dan Serpong. Kedua kawasan tersebut seperti menjadi kekhasan Kota Tangerang. BSD (Bumi Serpong Damai) dan Serpong adalah kawasan berlokasi di wilayah Kota Tangerang Selatan. Sebab kawasan tersebut memakai nama Serpong, mungkin banyak yang mengira jika kedua wilayah adalah tempat sama. 

Padahal anggapan itu sebetulnya kurang tepat. Sebab BSD dan Serpong adalah dua kawasan berbeda.

Jadi, BSD dan Serpong apa bedanya? Penjelasannya sebagai berikut.

Apa Itu BSD?

BSD adalah kota mandiri terencana terletak di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Sekarang ini, kawasan tersebut dikenal juga dengan sebutan BSD City. 

BSD City sendiri adalah bangunan kota diresmikan tanggal 16 Januari 1989. Di mana di saat itu pembangunannya diresmikan Menteri Dalam Negeri, Rudini. 

Pada saat itu, pembangunan BSD merupakan inisiasi dari Ciputra. Ciputra memegang izin lokasi 6.000 hektar untuk membangun kawasan BSD. 

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, akses masuk ke BSD pun perlahan terbuka. Di saat bersamaan, dibangun jalan bebas hambatan, yakni Tol Kebon Jeruk - Tangerang - Merak. 

Proses pembangunan BSD ketika itu, Ciputra tak sendirian bergerak. Kawasan BSD dibangun oleh 11 perusahaan swasta yang termasuk ke dalam konsorsium OT BSD. Total investasi pembangunan BSD capai Rp 3,2 triliun. Ke 11 perusahaan terdiri dari perusahaan gabungan, seperti Salim, Metropolitan, kelompok usaha Sinar Mas, sampai Pembangunan Jaya. 

Walaupun begitu, semenjah tahun 2003 - 2004, kepemilikan BSD diambil alih grup Sinar Mas. 

Apa Itu Serpong? 

BSD dan Serpong apa bedanya? Tentu berbeda. Serpong adalah salah satu kecamatan di Tangerang Selatan, Banten. Kawasan ini punya luas wilayah sekitar 25,60 km persegi. Kecamatan ini terdiri dari 9 kelurahan, yaitu Ciater, Buaran, Lengkong Gudang, Cilenggang, Lengkong Gudang Wetan, Lengkong Gudang Timur, Rawa Mekar Jaya Serpong, Rawa Buntu. Sedangkan, kelurahan yang punya luas wilayah paling tinggi adalah Kelurahan Ciater, yakni 4,26 km². Sementara, Kelurahan Serpong adalah kelurahan dengan luas wilayah terkecil, adalah 1,99 km².

Jumlah penduduk sekitar 154.188 jiwa, 119 RW (Rukun Warga) serta  503 RT (Rukun Tetangga). Wilayah tersebut diprediksi jadi pusat perkembangan ekonomi potensial sebab hampir semua Kelurahan masuk ke Kecamatan Serpong adalah sentral bisnis serta perumahan elit. Lalu, di luar Kecamatan Serpong pun punya banyak kawasan elit seperti Alam Sutera, BSD City, Summarecon Serpong. 

Jadi, Anda sudah tahu ‘kan BSD dan Serpong apa bedanya? Sudah bisa membedakannya?

Jika belum, mari tarik kesimpulan! 

Berdasarkan dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika BSD City adalah kawasan berlokasi di wilayah Kecamatan Serpong. Sementara, Serpong adalah salah satu kecamatan terletak di Tangerang Selatan. Jadi, BSD City dan Serpong adalah kawasan atau wilayah yang berbeda, meskipun masih di wilayah Tangerang. Semoga bermanfaat! 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top