Berita - Dalam Negeri

Mengenal Lebih Dekat BSD Di Tangerang Selatan

Mengenal Lebih Dekat BSD Di Tangerang Selatan
Share:

Apa Anda pernah tahu sebenarnya BSD singkatan dari apa? Lebih dikenal dengan nama BSD City, BSD sendiri merupakan singkatan dari Bumi Serpong Damai. Ini merupakan kota mandiri terintegrasi yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten. BSD terdiri dari kawasan perumahan, bisnis, serta fasilitas lainnya. Di kesempatan kali ini, mari mengenal lebih jauh tentang daerah bergengsi ini.

Sejarah BSD City

BSD singkatan dari Bumi Serpong Damai diresmikan oleh Mendagri Rudini pada tanggal 16 Januari 1989. Pembangunan kota mandiri terencana ini merupakan inisiasi dari salah satu perusahaan properti raksasa di Indonesia, Ciputra. Dengan izin lokasi seluas 6.000 hektare, Ciputra pun membangun kawasan BSD ini.

Ciputra tidak membangun sendiri kawasan elite ini, namun bekerja sama dengan konsorsium OT BSD yang terdiri dari 11 perusahaan swasta. 11 perusahaan swasta ini termasuk Pembangunan Jaya, Salim Group, Metropolitan, bahkan Sinar Mas. Awalnya, BSD merupakan kawasan eksklusif yang tidak semua orang bisa masuk.

Namun seiring berjalannya waktu, terdapat akses masuk ke kawasan kota mandiri ini. Dan walaupun bisa dikatakan dibangun oleh Ciputra, saat ini kepemilikan BSD City sudah beralih ke tangan grup Sinar Mas. Hingga saat ini, kawasan ini masih dikelola di bawah naungan Sinar Mas Land.

Fasilitas Mewah dan Modern di BSD City

Sebagai salah satu wilayah terintegrasi terbesar di Indonesia, BSD City memiliki fasilitas yang tidak hanya lengkap, namun juga mewah dan modern sebagai kekhasan Kota Tangerang. Di sini, terdapat perumahan, kawasan bisnis dan perkantoran, kawasan pendidikan, pusat perbelanjaan, bahkan fasilitas rekreasi dan hiburan. Sehingga, tidak heran jika BSD menjadi tujuan utama warga Jakarta dan sekitar yang ingin menikmati gaya hidup yang nyaman dan modern.

Beberapa tempat populer yang berada di BSD City adalah AEON Mall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), dan The Breeze BSD City. Terdapat pula beragam kompleks perumahan mewah di kawasan elite ini. Salah satu alasan yang membuat cukup banyak orang ingin tinggal di BSD adalah karena pengelolaan lingkungan hijaunya yang baik.

Ada banyak taman dan area hijau lainnya yang membuat BSD menjadi salah satu kawasan yang nyaman sebagai tempat tinggal. Selain itu, tingkat keamanannya yang tinggi juga menjadikannya kawasan yang tidak hanya nyaman, namun juga aman.

BSD dan Serpong

Cukup banyak orang yang bingung antara BSD City dan Serpong. Serpong adalah kecamatan di mana BSD City berlokasi. Selain BSD, kecamatan ini juga merupakan lokasi dari beberapa kawasan bergengsi lainnya, seperti Alam Sutera dan Summarecon. Bisa dikatakan bahwa Serpong adalah kecamatan dari kawasan bergengsi dan sentral bisnis.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Serpong merupakan salah satu kecamatan di Tangerang Selatan, sedangkan BSD adalah kawasan yang berlokasi di kecamatan ini. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top