Berita - Dalam Negeri

Tangerang Kebanyakan Suku Apa? 3 Suku Mayoritas Yang Ada Di Tangerang

Tangerang Kebanyakan Suku Apa? 3 Suku Mayoritas Yang Ada Di Tangerang
Share:

Berbicara tentang kota Tangerang, maka kita akan berbicara tentang kota besar dan sibuk dengan penduduk yang terdiri dari berbagai suku. Dan, hal ini menimbulkan pertanyaan, khususnya dari mereka yang belum pernah tinggal atau mengunjungi Kota Tangerang. Tangerang kebanyakan suku apa? Di artikel ini Anda akan mempelajari tentang suku-suku yang hidup di kota ini.

Suku Jawa

Suku Jawa merupakan salah satu suku yang hidup di Kota Tangerang dan juga jumlahnya terbesar diantara suku-suku lainnya. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2000, suku Jawa memiliki persentase sebesar 31,60% dari total populasi di Tangerang. Tetapi, sensus ini dilakukan lebih dari dua dekade yang lalu. Artinya, pasti ada perubahan pada persentase ini.

Orang dari etnis Jawa sendiri masuk ke daerah Tangerang pada sekitar abad 16. Tepatnya pada tahun 1526. Pada waktu itu, Kesultanan Cirebon dan Demak memasuki kota ini. Di situlah, banyak orang dari etnis Jawa mulai bermukim dan agama Islam mulai menyebar di Tangerang.

Suku Sunda

Tangerang kebanyakan suku apa? Suku Sunda bisa menjadi jawaban tepatnya. Hal ini dikarenakan Suku Sunda merupakan suku dari penduduk asli yang menempati kota Tangerang sejak dahulu.

Suku Sunda di kota ini adalah asimilasi dari berbagai daerah. Selain Suku Sunda yang asli dari Tangerang, terdapat pula mereka yang datang dari Bogor, Banten atau Priangan. Dengan berkumpulnya kelompok ini, maka komunitas Suku Sunda terbentuk di kota ini.

Suku Betawi

Letak Kota Tangerang yang dekat dengan Batavia atau Jakarta, menjadikan kota ini menjadi tujuan migrasi penduduk Jakarta yang berasal dari etnis Betawi. Pada masa penjajahan Belanda, banyak masyarakat Betawi yang menyebar di daerah sekitar Batavia. Kota Tangerang menjadi salah satu tujuannya.

Saat ini pun, banyak orang Betawi yang juga tinggal di kota ini. Selain karena biaya hidup di Tangerang hampir sama dengan daerah Jakarta, kondisinya lebih nyaman dari hiruk pikuk Jakarta. Jadi, tidak heran bila salah satu bahasa yang digunakan di Kota Tangerang adalah bahasa Betawi. Tentu saja, Bahasa Indonesia, Jawa, dan Sunda juga menjadi bahasa yang banyak digunakan masyarakat lokal.

Suku Lain

Selain tiga etnis di atas, ada juga beberapa etnis lain yang tinggal di kota indah ini. Misalnya, suku-suku yang berasal dari daerah Indonesia lainnya, seperti Batak, Lampung, dan lainnya. Lalu, ada pula suku-suku yang berasal dari luar Indonesia, seperti etnis Arab dan Tionghoa.

Kesimpulan

Tangerang kebanyakan suku apa? Sekarang, Anda sudah tahu jawaban dari pertanyaan mengenai suku-suku yang hidup di Kota Tangerang. Tidak heran bila Kota Tangerang juga dikenal sebagai kota multietnik yang juga membuat budaya dan tradisi di kota ini menjadi unik dan layak untuk dipelajari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top