Keuangan - Keuangan

Apakah Hidup Di Tangerang Mahal? Penjelasan Biaya Dasar Hidup Di Kota Benteng

Apakah Hidup Di Tangerang Mahal? Penjelasan Biaya Dasar Hidup Di Kota Benteng
Share:

Salah satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelum pindah dan hidup di salah satu kota di Indonesia adalah biaya hidup di sana. Nah, bila Anda ingin pindah dan tinggal di Kota Tangerang, Anda juga harus tahu tentang hal itu. Jadi, apakah hidup di Tangerang mahal?

Jawabannya adalah ya, hidup di Tangerang tergolong cukup mahal. Bahkan, pengeluaran hidup di kota ini dapat diklasifikasikan sebagai salah satu yang tertinggi di Indonesia. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai biaya hidup di Tangerang ini, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

UMK (Upah Minimum Kota)

Untuk tahu apakah hidup di Tangerang mahal atau tidak, pertama Anda harus mengetahu UMK untuk area Tangerang. Berdasarkan data pada tahun 2024, UMK di Tangerang mencapai Rp. 4.760.289. Upah ini naik sekitar 5% dibandingkan tahun 2023 yang hanya Rp. 4.547.255. 

Mungkin Anda berpikir bila kenaikan ini adalah keuntungan yang Anda dapat bila bekerja di Tangerang. Tetapi, dari kacamata yang berbeda, kenaikan ini juga menggambarkan adanya kenaikan biaya hidup di kota ini. Jadi, hal ini bukan juga menjadi hal yang menggembirakan karena Anda perlu mengeluarkan lebih banyak biaya.

Detail Biaya Hidup di Tangerang

Sekarang, mari kita lihat detail pengeluaran yang harus Anda perhitungkan, bila Anda tinggal di Tangerang. 

  • Biaya makan

Bila dihitung dari biaya makan termurah, misalnya makan di warteg, maka bisa diperkirakan sekali makan, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 20.000. Bila dihitung tiga kali makan sehari, sebulan Anda perlu menyediakan biaya makan sebesar Rp.1,8 juta. Tetapi, bila memasak sendiri dengan pengeluaran sekitar Rp. 100 ribu per minggu, maka Anda bisa menghemat lebih banyak lagi.

  • Biaya tempat tinggal

Tergantung tipe tempat tinggal yang Anda sukai, dana yang perlu disediakan beragam. Misalnya, untuk kontrakan, di daerah Tangerang, Anda bisa mendapatkan yang termurah dengan harga sewa Rp. 1,2 juta per bulan. 

  • Biaya transportasi

Untuk angkutan umum, harganya sekitar Rp. 4 ribu untuk sekali perjalanan. Bila dihitung dua kali perjalanan tiap hari, maka Rp. 8 ribu per hari. Dan, per bulannya, Anda mengeluarkan dana transportasi sebesar Rp. 240 ribu.

Dari rincian biaya di atas, apakah hidup di Tangerang mahal? Ya, bisa dikatakan cukup mahal. Dan rincian di atas menggunakan estimasi biaya paling murah tanpa ada hiburan. Bila Anda ingin hidup lebih “normal” di Tangerang, biaya hidup yang dikeluarkan mungkin akan lebih besar dari rincian di atas.

Penutup

Sekarang, Anda tahu apakah hidup di Tangerang mahal? Jadi, bila Anda berencana untuk pindah dan tinggal di kota ini, pastikan mempersiapkan biaya dan manajemen keuangan yang baik. Dengan begitu, Anda akan dapat hidup nyaman tanpa mengalami masalah keuangan yang berarti.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top