Keuangan - Keuangan

Berapa Biaya Hidup Di Tangerang? Panduan Untuk Mahasiswa

Berapa Biaya Hidup Di Tangerang? Panduan Untuk Mahasiswa
Share:

Berapa biaya hidup di Tangerang? Bisa dikatakan cukup mahal bila dibandingkan dengan berbagai kota di Indonesia. Hal ini bisa menjadi masalah, khususnya untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di Tangerang. Untuk itu, berikut ini rincian biaya yang harus Anda sediakan sebagai mahasiswa yang akan tinggal dan belajar di Kota Tangerang.

Tempat Tinggal

Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih di sini. Yang pertama adalah tinggal di asrama. Biasanya, kampus akan memprioritaskan mahasiswa yang berasal dari luar Kota Tangerang. Jadi, Anda berkesempatan mendapatkan kamar.

Meskipun asrama, Anda masih perlu membayar biaya sewa. Besarnya berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu per bulan. Ini adalah solusi tempat tinggal terumah untuk menekan biaya hidup di Tangerang khusus mahasiswa.

Bagaimana dengan tempat kos? Ada yang harganya hanya Rp. 1 juta per bulan. Tapi, lokasinya akan sangat jauh dengan kampus dan yang pasti kurang strategis. Untuk mendapatkan tempat kos strategis dengan fasilitas lengkap, setidaknya Rp. 2 juta per bulan perlu Anda sediakan.

Biaya Makan

Untuk biaya makan, ini juga tergantung tempat Anda membelinya. Beberapa warung di sekitar kampus atau kos-kosan mahasiswa, biasanya akan menaikkan harga standar makanannya. Ada beberapa yang mungkin masih memasang harga standar, seperti Rp. 15 ribu hingga Rp. 20 ribu. Tetapi, porsi yang didapat lebih sedikit dari seharusnya.

Jadi, bila mampu, coba membeli dari tempat umum. Harganya masih sama, antara Rp. 15-20 ribu, tetapi porsinya lebih banyak. Atau, Anda juga bisa memasak sendiri. Harganya akan jauh lebih murah.

Biaya Transportasi

Transportasi juga tergantung jenis yang Anda gunakan. Bila memakai angkutan umum, tarifnya sekitar Rp. 4.000-an. Tetapi, bila Anda memakai layanan ojol atau bahkan taksi, harganya akan jauh lebih mahal. 

Ada juga kampus yang menyediakan sistem transportasi, khususnya untuk daerah dalam kampus. Harganya lebih murah. Tetapi, Anda masih harus mengeluarkan biaya ekstra. 

Rincian Biaya

Lalu, berapa biaya hidup di Tangerang? Berikut ini rincian biaya minimal yang harus disediakan oleh satu mahasiswa:

  • Tempat tinggal – Rp. 1,5 juta/bulan
  • Makan – Rp. 1,35 juta/bulan
  • Transportasi – Rp. 250 ribu/bulan
  • Lain-lain – Rp. 500 ribu

Dari rincian di atas, bisa diketahui biaya hidup per bulannya untuk seorang mahasiswa di Tangerang mencapai Rp. 3,6 juta per bulan. Biaya bisa lebih murah lagi, bila Anda lebih menghemat dari segi makanan (seperti memasak makanan sendiri) dan transportasi (kendaraan pribadi, seperti motor).

Kesimpulan

Berapa biaya hidup di Tangerang? Berdasarkan informasi di atas, bisa dibilang cukup terjangkau. Bila Anda mampu berhemat, maka Anda akan memiliki uang sisa untuk ditabung atau digunakan keperluan lain. Dan, Anda dapat menikmati masa studi Anda di Tangerang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top