Berita - Dalam Negeri

Apa yang Membuat Kota Tangerang Terkenal? Inilah Jawabannya

Apa yang Membuat Kota Tangerang Terkenal? Inilah Jawabannya
Share:

Kota Tangerang menjadi salah satu kota paling besar di Provinsi Banten. Lokasinya berada di sebelah barat dari Ibu Kota Jakarta. Kota Tangerang juga menjadi kota terkenal yang ada di Indonesia. Lantas apa yang membuat Kota Tangerang terkenal? Simak penjelasan ini! 

Asal-Usul Kota Tangerang Secara Singkat 

Penyebutan nama Tangerang asalnya dari kebiasaan masyarakat sekitar menyebutkan tugu yang didirikan oleh Pangeran Soegiri, yakni Putra Sultan Ageng Tirtayasa yang berasal dari Kesultanan Banten. 

Tugu yang tingginya sekitar 2,5 m dibangun sekitar tahun 1654 M. Tugu ini berlokasi di bantaran Sungai Cisadane, di Gardu Gede yang sekarang disebut Kampung Gerendeng. 

Awalnya tugu ini sebagai pembatas antara Kesultanan Banten di bagian barat Sungai Cisadane dengan kawasan kekuasaan VOC di bagian timur. Masyarakat sekitarnya menyebut tugu itu dengan tetengger alias tanggeran. Kata ini dalam bahasa Sunda artinya penanda. 

Fakta Menarik Kota Tangerang 

Apa yang membuat Kota Tangerang terkenal? Tangerang adalah kota yang cukup lengkap fasilitas umum dan industri yang menjadikan Kota Tangerang sebagai kota penyangga perekonomian. Hal ini terjadi, sebab Kota Tangerang mempunyai beberapa fakta menarik berikut ini: 

  • Mempunyai Sarana dan Prasarana Modern 

Kota Tangerang mempunyai berbagai sarana dan prasarana modern dan hal ini menunjang pertumbuhan ekonomi lebih pesat. Sarana dan prasarana tersebut, mulai transportasi umum yang mampu menjangkau seluruh kawasan di Kota Tangerang. 

Tersedia sarana pendidikan yang beragam dengan kualitas unggulan, layanan publik yang mempermudah aktivitas masyarakat, sampai pusat perbelanjaan yang tersedia di beberapa titik lokasi. Hal inilah yang membuat Kota Tangerang disebut kota paling nyaman se-Jabodetabek. 

  • Mendapatkan Julukan Kota Benteng 

Julukan untuk Kota Tangerang  adalah Kota Benteng. Julukan ini merujuk pada zaman kependudukan Belanda. Kala itu, Sultan Banten mengangkat maula sejumlah tiga orang untuk membantu perekonomian Kesultanan Banten melawan VOC. 

Lantas dalam perjuangan melawan penjajah VOC, ketiga maulana mendirikan benteng pertahanan. Hal inilah yang mendasari kota Tangerang terkenal sebagai Kota Benteng. Sisa-sisa benteng hingga sekarang masih ada di beberapa titik lokasi di Kota Tangerang. 

  • Lokasi Dari Bandara Soekarno-Hatta Berada 

Kota Tangerang adalah lokasi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada. Wilayah tepatnya adalah di Kecamatan Benda serta sebagian di Kecamatan Neglasari dan Batuceper. Bandara ini beroperasi sejak 1 Mei 1985. 

Bandara Soekarno-Hatta sebenarnya adalah bandara yang menggantikan Bandara Kemayoran yang tidak layak digunakan sebab mulai dipadati penduduk. Bandara ini banyak melayani penerbangan internasional maupun domestik.

  • Tradisi Perahu Naga 

Kota Tangerang terkenal juga dengan tradisi budayanya yang unik, yakni tradisi Perahu Naga. Tradisi ini dilaksanakan pada tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Kong Hu Cu setiap tahunnya. Tradisi ini dikenal juga sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur. 

Tradisi ini diselenggarakan oleh keturunan Tionghoa yang berlokasi di Sungai Cisadane dan terkenal sebagai festival peh cun. Dalam festival inilah dilaksanakan lomba perahu naga. Peserta lomba akan mengarungi Sungai Cisadane dan perahu yang sampai finish duluan itulah yang menang. 

Itulah jawaban atas pertanyaan apa yang membuat Kota Tangerang terkenal? Dan menjadi salah satu kota ternyaman dan terbesar di Indonesia. Semoga membantu. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top