Berita - Dalam Negeri

Di Tangerang Pakai Bahasa Apa?

Di Tangerang Pakai Bahasa Apa?
Share:

Tangerang menjadi salah satu wilayah yang namanya begitu terkenal dan bahkan tidak lagi asing untuk diketahui oleh warga di sekitarnya secara umum maupun juga wisatawan yang datangnya berasal dari negara lain. Tidak hanya itu, mengenal negara Indonesia yang setiap daerahnya memiliki bahasa daerah tersendiri tentunya menjadi sebuah tantangan untuk siapa saja yang asalnya dari luar kota atau negeri untuk dapat berkomunikasi dan memahami budaya yang dimilikinya. 

Oleh karena itu, banyak yang masih memiliki pertanyaan seputar di Tangerang pakai bahasa apa? Pada artikel yang satu ini akan diajak untuk memahami dan mengenali berbagai bahasa yang digunakan di Tangerang serta sedikit budayanya.

Bahasa yang Sehari-hari Digunakan di Tangerang

Mengingat bahwa julukan untuk Kota Tangerang ada tersendiri, sebenarnya bahasa yang biasa digunakan dalam berkomunikasi untuk kehidupan sehari-hari merupakan bahasa Sunda seperti beberapa daerah di sekitarnya. Namun, lebih tepatnya, bahasa Sunda yang digunakan di wilayah yang satu ini sendiri dinamakan sebagai bahasa Sunda Tangerang. 

Tentunya, satu hal yang membedakan bahasa Sunda yang digunakan di Tangerang sendiri dengan beberapa daerah lainnya yaitu dapat dilihat dari karakteristik yang digunakan atau bisa ditemukan. Apalagi jika bahasa Sunda yang digunakan dibandingkan dengan bahasa Sunda lugu atau umum yang banyak digunakan oleh warga Jawa Barat atau Banten setiap harinya.

Suku Asal di Tangerang

Pertanyaan seperti di Tangerang pakai bahasa apa sudah menjadi sebuah hal tersendiri yang penting untuk dipahami dengan sebaik mungkin bagi warga untuk dapat memahami budaya yang ada di wilayah ini sendiri. Pada dasarnya, penting untuk dipahami dengan sebaik mungkin bahwa wilayah yang satu ini memiliki suku Sunda dan merupakan suku asli untuk warga di sini. 

Wilayah ini yang terbagi ke dalam tiga bagian seperti Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan memang semuanya masuk ke dalam Provinsi Banten. Letaknya sendiri lebih tepatnya ada di bagian barat dari Jakarta sehingga memudahkan untuk siapa saja dalam berkunjung.

Budaya Wilayah Tangerang

Tidak hanya berhenti pada pertanyaan mengenai di Tangerang pakai bahasa apa saja yang seharusnya dipahami dengan baik, tetapi juga penting untuk mengenali apa saja kekayaan budaya yang dimiliki oleh wilayah satu ini. Salah satu budaya dari Tangerang yang sebelumnya pernah terdengar yaitu ada Tari Cokek dengan pakaian kebaya yang memiliki nama sama. 

Tidak hanya itu, Tangerang juga memiliki kebudayaan yang dinamakan dengan Gambang Kromong Tangerang yang merupakan orkes tradisional Betawi dan lebih banyak dipengaruhi oleh kebudayaan yang asalnya dari Cina. Masih ada pula kebudayaan Tangerang yang dinamakan sebagai Bakcang dan menjadi salah satu yang cukup terkenal kebudayaannya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top