Berita - Dalam Negeri

Apakah Tangerang Bagian Dari Jakarta? Ketahui Jawabannya!

Apakah Tangerang Bagian Dari Jakarta? Ketahui Jawabannya!
Share:

Sebagian orang penasaran apakah Tangerang bagian dari Jakarta atau bukan. Beberapa bahkan mengira jika kota ini merupakan bagian dari wilayah Jakarta Selatan. Karena sejumlah daerah di Kota Tangerang memang terletak dekat dengan Jakarta Selatan, seperti Karawaci dan Ciledug. Tapi, apakah hal ini benar?

Tangerang Bukan Bagian Dari Jakarta

Tangerang bukanlah bagian dari wilayah Jakarta manapun, termasuk Jakarta Selatan. Kota ini merupakan salah satu dari empat kota yang terletak di Provinsi Banten. Hal ini bahkan sudah dijelaskan di situs resmi pemerintah Kota Tangerang. Berada di bagian timur Provinsi Banten, Tangerang adalah kota terbesar di provinsi tersebut, sekaligus ketiga terbesar di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).

Tidak heran jika beberapa orang mengira bahwa Tangerang adalah bagian dari Jakarta, karena beberapa daerah di sepanjang perbatasan Jakarta dan Provinsi Banten terletak berdekatan. Selain itu, akses transportasi dari dan menuju kedua tempat tersebut pun juga mudah. Misalnya, kawasan Ciledug yang dapat diakses dengan mudah dari dan ke Jakarta menggunakan TransJakarta.

Belum lagi Kota Tangerang Selatan yang juga berdekatan dengan Jakarta Selatan. Daerah di Tangerang Selatan yang terletak dekat dan berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan adalah Ciputat dan Bintaro. Namun, sekali lagi, Tangerang bukan bagian dari Jakarta, melainkan bagian dari Provinsi Banten.

Fakta Menarik Kota Tangerang

Selain ternyata bukan bagian dari Jakarta, ada beberapa fakta menarik lainnya tentang Kota Tangerang, berikut faktanya:

Julukan untuk Kota Tangerang adalah kota benteng. Hal ini karena dulunya kota ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Banten. Dan saat Kerajaan Banten mendapatkan banyak serangan dari VOC, Sultan Banten saat itu memerintahkan untuk membangun benteng pertahanan untuk melindungi Kerajaan Banten.

Sisa benteng tersebut pun masih dapat ditemukan di beberapa titik di bawah Sungai Cisadane.

  • Lokasi Bandara Soekarno-Hatta

Banyak sekali orang yang salah mengira bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di Jakarta. Faktanya, bandara internasional ini berlokasi di Kota Tangerang, tepatnya di Kecamatan Benda. Beroperasi sejak tahun 1985, Bandara Soekarno-Hatta dibangun untuk menggantikan Bandara Kemayoran.

  • Wisata Kuliner Pasar Lama

Kota Tangerang memiliki destinasi kuliner yang menjadi favorit banyak orang, yaitu Pasar Lama. Sebagai tempat kuliner malam, Pasar Lama buka hingga pukul sebelas malam. Di sini, pengunjung akan menemukan banyak sekali kios dan pedagang kaki lima yang menjajakan beragam makanan dan minuman.

Pengunjung bahkan dapat menemukan kuliner ekstrem di Pasar Lama ini, yaitu olahan daging biawak dan ular yang ada di kios bernama Tenda Dua Kobra. Titik nol Kota Tangerang pun juga terletak di Pasar Lama ini.

Itu tadi adalah penjelasan dari pertanyaan apakah Tangerang bagian dari Jakarta, serta sejumlah fakta menarik tentang kota ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top