Tips & Trik - Rumah

7 Tips Jitu Mencari Perumahan Di Tangerang Yang Sesuai Kebutuhan

7 Tips Jitu Mencari Perumahan Di Tangerang Yang Sesuai Kebutuhan
Share:

Jangan ragu untuk memiliki rumah di daerah Tangerang. Pasalnya, saat ini sudah banyak perumahan di Tangerang yang siap huni. Selain itu, banyak orang memilih membeli rumah di sekitar Tangerang karena akses jalan yang mudah, banyak pusat perbelanjaan, serta akses fasilitas pendidikan yang mudah. 

Nah, sebagai pendatang tentu Anda wajib tahu beberapa tips untuk memilih rumah di sekitar Tangerang. Dengan begitu, Anda benar-benar mendapatkan rumah yang memang sesuai dengan kebutuhan. 

Tentukan Apakah Anda Ingin Memiliki Rumah Town House Atau Cluster 

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli rumah di Tangerang adalah jenisnya. Anda akan mendapatkan penawaran rumah yang berada di kawasan town house atau cluster. Nah, apa bedanya town house dengan cluster? 

Town house biasanya hanya tersedia beberapa unit saja per area. Harga rumah town house biasanya lebih mahal karena sudah dilengkapi dengan pagar. Unit rumah cluster biasanya lebih banyak per areanya. 

Harganya pun relatif lebih terjangkau karena memang ditawarkan untuk semua kalangan. Biasanya rumah di daerah cluster juga belum dilengkapi dengan pagar. Ukuran kedua jenis rumah ini juga berbeda, di mana rumah town house ukurannya lebih besar dibanding rumah cluster. Intinya, rumah di kawasan town house lebih eksklusif jika dibandingkan dengan rumah di kawasan cluster.

Pastikan Harga Rumah Tersebut Sesuai dengan Dana Anda 

Sebelum mencari rumah di Tangerang, pastikan terlebih dahulu jika harga rumah tersebut sesuai dengan dana yang Anda miliki. Ada baiknya Anda memiliki referensi perumahan lebih dari satu sebagai perbandingan. Bisa jadi, harga perumahan cluster di satu tempat lebih mahal dibandingkan dengan di tempat lain, walaupun masih di sekitar Tangerang.

Kenapa perumahan cluster mahal? Umumnya, harga rumah cluster lebih mahal dibanding yang lain karena fasilitas yang diberikan. Perumahan tersebut memberikan fasilitas yang lebih lengkap, seperti CCTV, security 24 jam, dan lain-lain. Bisa jadi juga lokasi perumahan cluster tersebut lebih strategis dibandingkan dengan perumahan cluster yang lebih murah. 

Dengan mengetahui dana pembelian rumah, Anda bisa lebih cepat menentukan kisaran harga rumah cluster yang bisa dijangkau. Tentunya, Anda bisa semakin cepat memiliki rumah di daerah Tangerang.

Pastikan Rumah Tersebut Disertai Dengan Fasilitas yang Anda Butuhkan 

Tips lain untuk mendapatkan perumahan di Tangerang yang sesuai dengan keinginan Anda adalah dengan melihat fasilitas yang ditawarkan. Misalnya, Anda ingin tinggal di kawasan dengan fasilitas yang lengkap agar lebih tenang dan cepat saat membutuhkan sesuatu. Jika begitu, Anda bisa mencari rumah di kawasan perumahan. 

Beberapa perumahan di kawasan Tangerang sudah memberikan fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang umum, taman bermain umum, bahkan fasilitas olahraga. Sebaliknya, jika Anda tidak terlalu membutuhkan fasilitas yang lengkap namun kawasan tersebut nyaman, maka membeli rumah di kawasan komplek akan jauh lebih menyenangkan. Informasi ini sekaligus menjawab pertanyaan, apa bedanya komplek dan perumahan? Dengan mengetahui hal ini, Anda pun akan semakin dekat dengan rumah idaman. 

Pahami Tentang Aturan Rumah di Kawasan Tersebut

Jangan lupa untuk menanyakan aturan pada pengembang perumahan tersebut. Pasalnya, beberapa kawasan perumahan di Tangerang menerapkan aturan yang berbeda-beda. Contohnya, Anda tertarik dengan salah satu rumah di kawasan cluster di Tangerang. Salah satu kekurangan rumah tersebut adalah belum adanya pagar. 

Anda sendiri membutuhkan pagar untuk alasan keamanan dan siap merenovasi sendiri. Tapi, pastikan dulu kepada pihak pengembang, apakah rumah cluster boleh dipagar? Jarang sekali pembeli rumah yang paham bahwa beberapa kawasan rumah cluster tidak boleh dipagar. 

Jika memang harus membangun pagar, maka Anda harus meminta izin dari pengembang, tetangga, bahkan mengubah surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jika memang aturan tersebut terlalu merepotkan, Anda bisa mempertimbangkan mencari rumah di kawasan lainnya yang memperbolehkan Anda membangun pagar. 

Pertimbangkan Alternatif Rumah Jenis Lainnya 

Bisa jadi, Anda saat ini sangat membutuhkan rumah di Tangerang, namun belum menemukan komplek, perumahan, atau cluster yang sesuai. Jangan khawatir! Anda tetap bisa memiliki rumah di Tangerang dengan mencari rumah susun. Harga rumah susun memang terbilang sangat murah dibandingkan dengan jenis kawasan rumah lainnya, termasuk di Tangerang. 

Bayangkan saja! Hanya dengan mengeluarkan dana sekitar Rp.90.000 hingga Rp.500.000 per bulannya, Anda sudah bisa tinggal di rumah susun di daerah Tangerang. Harga ini tergantung dari tipe dan lokasinya. Rusun dengan harga Rp.90.000 per bulan biasanya adalah rumah tipe 18. 

Semakin tinggi lokasi rumah tersebut, maka harganya biasanya semakin murah. Misalnya, rumah di lantai dasar tipe 24 harganya Rp.300.000 per bulan, sedangkan rumah di lantai 4 dengan tipe yang sama harganya hanya Rp.260.000 per bulan. Harga rumah susun lebih murah karena memang bersifat rumah sewa. Apakah rumah susun bisa dibeli? Kabar baiknya, Anda tetap bisa membelinya jika memenuhi syarat dan memang cocok.   

Pertimbangkan Pula Kemudahan Persyaratan Pembelian Rumah 

Jangan lupa untuk memastikan persyaratan pembelian rumah. Semakin mudah persyaratan maka tentu Anda akan semakin cepat mendapatkan rumah incaran Anda tersebut. Contohnya, Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan cluster dan ingin memiliki rumah di kawasan tersebut. Beberapa syarat yang wajib dipenuhi pembeli rumah di kawasan cluster, antara lain: 

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Slip gaji bulan terakhir 
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir

Siapkan pula dokumen rumah yang akan dibeli, seperti fotokopi sertifikat tanah, fotokopi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan fotokopi surat tanda jadi dari pihak pengembang. Jika Anda berniat mengambil rumah jenis rusun, maka contoh persyaratannya antara lain: 

  • Foto berwarna 3x4
  • Fotokopi KTP 
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Kerja
  • Slip gaji

Pastikan Kemudahan Pengajuan Kredit Pembelian Rumah 

Membeli rumah secara kredit memang menjadi solusi paling cepat memiliki rumah. Tidak heran jika banyak pembeli rumah yang mengajukan kredit pembelian rumah pada bank. Walaupun mudah, tapi Anda tetap harus mempertimbangkan bank yang akan membantu KPR rumah Anda tersebut. 

Pastikan bank tersebut memiliki reputasi yang baik serta sudah menangani nasabah KPR mereka dengan baik. Dengan memiliki bank dengan reputasi yang baik, tentu proses pengajuan KPR akan semakin mudah dan cepat.  

Intinya, Anda sekarang tidak hanya mendapatkan tips membeli rumah di kawasan perumahan di Tangerang saja. Anda pun menjadi paham, apa itu wilayah cluster? Apa itu tipe cluster? Sampai apa perbedaan city dengan town? Jika Anda sudah tahu hal dasar, seperti cluster itu artinya apa? Perumahan itu apa? Komplek itu apa? maka pencarian rumah idaman di sekitar Tangerang akan semakin mudah.

Tidak hanya mudah, Anda pun akan sangat puas dengan pilihan rumah tersebut karena rumah tersebut benar-benar memberikan apa yang Anda butuhkan. Anda pun bisa menikmati hari-hari di rumah tersebut dan tidak kerepotan mencari rumah baru terus menerus.  

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top