Inspirasi - Arsitektur

Menimbang Untung Rugi Membeli Rumah Cluster

Menimbang Untung Rugi Membeli Rumah Cluster
Share:

Kenapa perumahan cluster mahal? Rumah cluster adalah salah satu model rumah yang populer dan diminati banyak orang. Namun, banyak orang pula yang mengeluhkan mengapa model rumah ini berharga mahal. Di pembahasan kali ini, kita akan membicarakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan rumah cluster, termasuk kelebihan dan kekurangan membelinya.

Alasan Mengapa Rumah Cluster Mahal

Sebenarnya, tidak semua perumahan cluster dijual dengan harga yang mahal. Tapi dua faktor utama yang mempengaruhi harga rumah ini adalah lokasi perumahan serta fasilitas yang ada di dalam perumahan cluster tersebut. Semakin strategis lokasi perumahan di Tangerang, umumnya semakin mahal harganya.

Lokasi yang strategis ini, misalnya, dekat dengan akses fasilitas publik. Seperti dekat dengan jalan tol, bandara, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Selain itu, semakin lengkap fasilitas yang diberikan di perumahan cluster tersebut, hal ini juga mempengaruhi mahalnya harga rumah cluster. Fasilitas tersebut misalnya adanya masjid, taman bermain anak, club house, dan sebagainya.

Model rumah cluster juga dapat mempengaruhi harga rumah cluster. Beberapa pengembang juga melengkapi rumah cluster mereka dengan furniture sehingga siap untuk dihuni. Rumah cluster yang sudah dilengkapi dengan furniture tentunya juga lebih mahal daripada rumah cluster yang masih kosong.

Kelebihan Membeli Rumah Cluster

  • Lingkungan Hunian yang Nyaman

Rumah cluster tidak terletak di pinggir jalan raya. Perumahan ini umumnya memiliki kawasan sendiri, menjadikannya pilihan yang cocok bagi keluarga yang sudah memiliki buah hati. Anak-anak dapat bermain dengan lebih aman karena lingkungan rumah yang jauh dari jalan raya. Dengan fasilitas pendukung, rumah cluter memberikan lingkungan hunian yang nyaman.

  • Keamanan Selama 24 Jam

Saat ini, sudah banyak rumah cluster yang dilengkapi dengan one gate system atau sistem keamanan satu akses. Artinya, hanya ada satu pintu masuk dan keluar perumahan yang dijaga oleh satpam selama 24 jam. Belum lagi dengan CCTV yang ditempatkan di beberapa area, sehingga keamanan di perumahan cluster terjamin setiap saat.

Walaupun rumah cluster umumnya tidak memiliki pagar, namun lingkungan perumahan cluster tetap aman.

  • Nilai Investasi yang Tinggi

Banyak perumahan cluster yang dibangun di lokasi yang strategis. Hal ini membuat rumah cluster memiliki nilai investasi yang tinggi karena kemudahan aksesnya. Sehingga, tidak hanya cocok sebagai hunian, rumah cluster juga bisa menjadi pilihan investasi yang menjanjikan.

Kekurangan Membeli Rumah Cluster

  • Desain Rumah yang Monoton

Rumah cluster memiliki desain yang sama. Beberapa pengembang properti bahkan memiliki aturan yang tidak memperbolehkan pemilik rumah untuk mengubah desain rumah, terutama fasad atau eksterior rumah. Hal ini membuat pemilik rumah tidak dapat mengubah desain rumah sesuai dengan keinginan mereka.

  • Harga Mahal

Seperti keluhan banyak orang, rumah cluster cenderung berharga mahal. Sebagai solusi, Anda dapat membelinya saat grand opening karena harganya masih lebih terjangkau.

Itu tadi adalah alasan kenapa perumahan cluster mahal.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top