Agen & Developer -

Apa Perbedaan Kompleks Dan Perumahan? Berikut Diantaranya

Apa Perbedaan Kompleks Dan Perumahan? Berikut Diantaranya
Share:

Apa bedanya komplek dan perumahan? Bagi Anda yang berencana mencari hunian dalam waktu dekat, ada baiknya untuk mengenali lebih lanjut jenis-jenisnya. Misalnya, apakah Anda lebih tertarik untuk tinggal di rumah biasa atau di apartemen. Jika Anda menyukai rumah biasa yang menyatu dengan tanah, maka hunian seperti ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis. 2 diantaranya yang sering dianggap sama namun sebenarnya sedikit berbeda adalah hunian komplek dan perumahan.

Keduanya sama-sama merupakan kelompok rumah yang berdiri di atas tanah. Selain itu, baik komplek maupun perumahan biasanya dibangun oleh pengembang dengan sasaran konsumen tertentu. Nah, sebelum Anda memutuskan jenis rumah yang manakah yang akan dipilih, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu perbedaan antara komplek dan perumahan berikut ini.

Lokasi

Walaupun terdapat beberapa pengecualian, namun Kompleks rumah biasanya terletak di daerah-daerah atau pinggiran perkotaan. Bahkan, ada pula Kompleks rumah yang terletak di tengah perkampungan.

Sementara itu, perumahan memang biasanya menyasar wilayah perkotaan, misalnya perumahan di Tangerang. Kalaupun ada perumahan yang terletak di pinggiran kota atau suburban, biasanya tidak terlalu pelosok. Hal ini karena pihak pengembang biasanya memang ingin menerapkan image strategis pada perumahan yang mereka kembangkan.

Konsep

Rumah-rumah yang berada dalam kelompok kompleks memiliki konsep atau desain yang beragam. Pihak pengembang atau pemilik kompleks biasanya memberikan kebebasan pada para konsumen untuk mengubah beberapa detail bangunan. Bahkan, beberapa pengembang mengizinkan konsumen untuk berpartisipasi dalam pembuatan konsepnya.

Apa bedanya kompleks dan perumahan? Pada perumahan, desainnya cenderung seragam. Pengembang juga seringkali melarang konsumen untuk mengubah bangunan secara signifikan khususnya pada bagian struktur bangunan beserta fasadnya.

Keberadaan Cluster

Baik kompleks maupun perumahan memiliki jumlah rumah yang cukup banyak. Nah, untuk perumahan, rumah-rumah tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa cluster dengan tipe-tipe yang berbeda. Sementara itu, kompleks tidak dibagi lagi menjadi cluster-cluster. Baik rumah yang berukuran besar ataupun yang berukuran kecil bisa berada di satu deretan karena tidak adanya sistem cluster tersebut.

Fasilitas

Kompleks dan perumahan biasanya memiliki fasilitas yang disediakan oleh pengembang. Akan tetapi, fasilitas di kompleks seringkali tidak selengkap di perumahan. Bahkan ada kompleks yang tidak memiliki fasilitas umum sama sekali. Jikalau ada, maka fasilitasnya hanya seputar taman bermain anak atau lapangan sederhana.

Sementara itu, perumahan cenderung memiliki fasilitas yang lebih lengkap seperti fasilitas olahraga, taman bermain, tempat peribadatan, minimarket, dan sebagainya. Bahkan di daerah perumahan elite, Anda mungkin akan menjumpai kolam renang, gym, bahkan pusat perbelanjaan.

Demikianlah penjelasan tentang apa bedanya kompleks dan perumahan. Nah, yang manakah yang sesuai dengan keinginan Anda?

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top