Agen & Developer -

Mengenal Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Rumah Cluster?

Mengenal Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Rumah Cluster?
Share:

Banyak sekali tipe rumah yang terdapat di Indonesia, beberapa rumah yang sekarang ini cukup populer adalah rumah cluster, residence dan town house. Pada artikel kali ini kita akan mengenal apa yang dimaksud dengan cluster, pengertian rumah cluster dan juga karakteristik dari rumah cluster.

Pengertian Rumah Cluster

Apa yang dimaksud dengan cluster ? Rumah cluster merupakan tipe rumah tapak yang pembangunannya dilakukan pada sebuah komplek yang terdiri mulai dari puluhan hingga ratusan rumah. Rumah dengan tipe ini pada umumnya akan mempunyai bentuk serta ukuran yang sama dan tidak memiliki pagar di bagian depan. 

Antara satu rumah dengan yang lainnya hanya terpisah tembok beton. Umumnya fasilitas penunjang di dalamnya juga cukup lengkap. Mulai dari lapangan olahraga security, taman dan lainnya. Banyak orang yang cenderung memilih yang bertipe ini karena sistem keamanannya baik dan tertutup. 

Kata lainnya, tidak ada orang yang bisa sembarangan masuk ke dalam area perumahan tersebut tanpa izin dari pihak keamanan. Oleh sebab itu, orang luar yang akan berkunjung ke wilayah perumahan cluster akan diminta identitas berupa KTP sebelum nanti diperbolehkan masuk ke dalamnya.

Karakteristik yang Dimiliki Rumah Cluster

Sama seperti jenis perumahan di Tangerang lainnya, rumah cluster ini juga mempunyai karakteristik sendiri yang akan membedakan dengan rumah lainnya. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dimiliki dan harus Anda tahu. 

1. Bagunan dan desain rumah sama

Rumah cluster ini ada di sebuah komplek maupun area perumahan yang memiliki bangunan sama. Bila, Anda ada di sebuah komplek perumahan yang mempunyai desain serta bentuk bangunan serupa maka dapat dipastikan perumahan tersebut masuk ke dalam kategori perumahan cluster. 

2. Mempunyai fasilitas yang lengkap dan digunakan bersama-sama

Rumah cluster juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang dimana bisa dipakai secara bersama-sama dengan penghuni lainnya. Misalnya, seperti ruang hijau, taman bermain, kolam renang, lapangan olahraga dan lain-lain. 

3. One gate sistem

Tipe rumah satu ini mempunyai akses terbatas yang mana semua orang dapat masuk di dalamnya tanpa ada izin. Pada umumnya mereka akan memakai one gate sistem yang memungkinkan akses keluar masuk di satu pintu yang sama menggunakan pengawasan 24 jam serta dilengkapi CCTV sehingga siapa pun yang masuk dapat diketahui pihak keamanan. 

Tidak mengherankan, hunian yang terdapat di dalamnya termasuk yang paling teraman. Walaupun nantinya tidak akan dilengkapi dengan sebuah pagar. 

4. Mempunyai unit yang banyak

Pada perumahan cluster, unit di dalamnya memiliki jumlah yang cukup banyak. Mulai dari puluhan hingga ratusan. Proses pembangunan rumah di dalamnya akan dilakukan secara bertahap dari cluster satu ke cluster yang lain. 

5. Tidak memiliki pagar

Apa yang dimaksud dengan cluster ini akan menggunakan tema terbuka yang mana pemilik rumah satu dengan lainnya bisa berbaur lebih mudah. Tidak akan mengherankan bila rumah cluster tidak akan dilengkapi sebuah pagar pembatas antara rumah satu dengan yang lainnya.

Tidak adanya pagar ini pembatas ini bisa lebih memudahkan akses keluar masker untuk pemilik rumah dan tamu yang datang. Sehingga pemilik rumah tidak merasa was-was karena adanya sistem keamanan. Kendaraan Anda juga akan terjaga dengan aman. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top