Berita - Dalam Negeri

Jenis - Jenis Rumah Susun Di Indonesia

Jenis - Jenis Rumah Susun Di Indonesia
Share:

Rumah susun adalah salah satu jenis hunian berbentuk vertikal dimana tujuan dari pembangunannya untuk memenuhi keperluan tempat tinggal untuk masyarakat yang ada di kota besar. Apakah rumah susun bisa dibeli? Jawabnya itu tergantung dengan jenis rumah susunnya. 

Rumah susun sendiri merupakan bangunan gedung yang bertingkat dan dibangun pada sebuah lingkungan. Hakikatnya seluruh hunian vertikal seperti kondominum, apartemen termasuk pada kategori di rumah susun. 

Apartemen ini masuk ke dalam salah satu golongan jenis rumah susun. Berikut ini jenis-jenis rumah susun yang terdapat di Indonesia. 

1. Rusunawa

Rusunawa atau rumah susun sewa adalah jenis hunian vertikal dimana pembangunannya akan disewakan ke MBR. Rusunawa akan dibangun serta dikelola pemerintah untuk bisa memenuhi kebutuhan hunian masyarakat di kelas bawah pada kota besar. 

Apakah rumah susun bisa dibeli? Tidak semua masyarakat bisa sewa hunian satu ini. Ketentuannya untuk masyarakat yang dapat menyewa rusunawa ini adalah:

  • Memiliki penghasilan kurang dari Rp 4.500.000 per bulan. 
  • WNI yang masuk ke kategori memiliki penghasilan rendah, baik itu untuk PNS maupun buruh sampai kalangan mahasiswa dan pelajar. 

Pengelolaan rusunawa ini berbeda dengan perumahan di Tangerang karena dapat melepaskan hak huni bila kesejahteraan yang bersangkutan mengalami peningkatan. Agar bisa menyewa Anda hanya harus mendaftar di pengelola yang mengisi formulir pendaftaran. Lalu, lengkapi dokumen yang diminta seperti, surat keterangan bekerja dan tidak mempunyai rumah, fotokopi KTP, slip gaji dan lainnya. 

Harga untuk sewanya juga sangat beragam, tergantung dari lokasi dan spesifikasi unit yang nantinya ditawarkan. Namun, pemerintah sudah menetapkan untuk regulasi harga dengan batas maksimal sewa sebesar 30% dari pendapatan setiap bulannya. 

2. Rusunami (Rumah Susun Sederhana Milik) 

Sama seperti rusunawa, rusunami atau sering disebut dengan apartemen yang bersubsidi adalah bagian program pemerintah untuk menyediakan hunian layak untuk MBR. Apakah ye

rumah susun bisa dibeli? Berbeda dari rusunawa unitnya hanya disewakan, rusunami bisa dibeli masyarakat yang memang memenuhi syarat sesuai dengan regulasi pemerintah. Nantinya, pembeli harus mengajukan melalui kredit pemilikan apartemen bersubsidi. 

Masyarakat yang akan membeli rusunami akan mendapatkan bantuan pemerintah. Subsidi berupa SSB sampai 5% menyesuaikan golongan, bantuan uang muka maksimum sekitar 7 juta menyesuaikan golongan dan pembelian bebas pajak.

Unit rusunami ini harus dipakai sendiri atau tidak dapat dipindah tangan kan untuk jangka waktu yang sudah ditentukan. Berdasarkan penjelasan diatas bisa didapatkan kesimpulan jika perbedaan rusunawa dan rusunami hanya ada di dalam status kepemilikannya. 

3. Rumah susun khusus

Rumah susun khusus dibangun agar dapat memenuhi kebutuhan khusus dari masyarakat. Contohnya, agar bisa memenuhi kebutuhan hunian para korban bencana alam maupun masyarakat yang terdampak dari program pembangunan pemerintah. 

Rumah susun khusus ini juga dapat digunakan untuk kepentingan pondok pesantren, buruh industri sampai masyarakat yang ada di perbatasan. 

4. Rumah susun negara

Rumah susun negara ini merupakan hunian vertikal yang dimiliki negara. Rumah ini diperuntukkan untuk menunjang tugas dari PNS, polri dan juga TNI. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top