Agen & Developer -

Cluster Itu Artinya Apa? Dan Alasan Banyak Yang Memilih Rumah Jenis Ini

Cluster Itu Artinya Apa? Dan Alasan Banyak Yang Memilih Rumah Jenis Ini
Share:

Banyak sekali perumahan di Tangerang yang menawarkan rumah berkonsep cluster. Sebenarnya, cluster itu artinya apa? Tentu saja, hal ini sangat penting agar Anda benar-benar menemukan hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengetahui apa itu perumahan berkonsep cluster, Anda bisa memutuskan apakah konsep tersebut cocok atau tidak untuk Anda. 

Pengertian Perumahan Berkonsep Cluster 

Perumahan berkonsep cluster adalah perumahan di mana rumah yang ada di kawasan tersebut sama baik ukuran, bentuk, dan desainnya. Umumnya, unit rumah yang ada pada perumahan cluster berjumlah ratusan. Bisa jadi, pihak pengembang membagi unit rumah tersebut dalam beberapa cluster jika memang jumlahnya sangat banyak. 

Unit rumah pada perumahan berkonsep cluster juga tidak memiliki pagar. Unit rumah tersebut dibangun berdempet dan hanya dipisahkan oleh tembok beton saja. Perumahan berkonsep cluster juga dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jan dan one gate system serta fasilitas lain yang lengkap.

Ciri-Ciri Umum Perumahan Berkonsep Cluster 

Nah, sekarang Anda tidak lagi bertanya-tanya, cluster itu artinya apa? Untuk lebih memahami lagi perumahan berkonsep cluster, Anda bisa melihatnya dari ciri-ciri yang selalu ada pada perumahan ini. 

  • Desain Rumah yang Sama 

Jangan heran jika desain rumah pada perumahan cluster sama. Ini memang menjadi ciri khas rumah di kawasan cluster. Pihak pengembang akan membuat satu desain lalu mengaplikasikannya pada area perumahan tersebut. Pihak pembeli tidak bisa membuat desain sendiri atau mengubah desain rumah cluster sesuka hati. 

  • Unit Rumah Berjumlah Ratusan 

Umumnya, area perumahan cluster terlihat luas. Pasalnya, area tersebut harus mampu menampung unit rumah dengan jumlah yang banyak. Biasanya satu cluster berisi hingga 100 atau lebih unit rumah. Jika terlalu banyak dan lahan masih ada, pihak pengembang akan membaginya dalam beberapa cluster.  

  • Semua Rumah Cluster Tidak Memiliki Pagar 

Salah satu ciri umum rumah yang berada di kawasan cluster adalah bagian depannya yang tidak memiliki pagar. Bagian depan rumah tersebut dibiarkan terbuka walaupun memiliki area car pot. Area car pot juga tidak begitu luas. Biasanya hanya cukup untuk 1 unit mobil saja. 

Jika ingin menambahkan pagar, Anda harus meminta izin pada pihak pengembang. Bisa jadi, Anda juga harus membuat atau mengganti surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah tersebut. 

Keuntungan Tinggal di Kawasan Perumahan Cluster 

  • Lebih Aman 

Tinggal di kawasan perumahan cluster lebih aman karena sistem keamanan berjalan 24 jam selama 7 hari non stop. Bahkan, beberapa security di perumahan cluster akan meminta KTP Anda saat akan masuk ke kawasan perumahan tersebut. Selain itu, hanya ada 1 pintu masuk saja atau one gate system. Dengan begitu, masyarakat umum yang bukan penghuni cluster tidak terlalu leluasa untuk keluar dan masuk. 

  • Aman untuk Keluarga Kecil yang Memiliki Balita 

Rumah di kawasan cluster cocok untuk Anda yang memiliki balita atau anak kecil. Pasalnya, perumahan ini biasanya dilengkapi dengan taman. Taman ini biasanya juga memiliki beberapa mainan, seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lain-lain.

Anak-anak bisa bermain di sekitar taman yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kendaraan yang lalu lalang juga tidak terlalu ramai. 

Informasi ini tidak hanya menjawab, cluster itu artinya apa? Tapi juga memberikan alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli rumah di kawasan perumahan cluster saat tinggal di Tangerang nanti.  

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top