Agen & Developer -

Apakah Rumah Cluster Boleh Dipagar? Ini Jawabannya Dan Alasannya!

Apakah Rumah Cluster Boleh Dipagar? Ini Jawabannya Dan Alasannya!
Share:

Apakah rumah cluster boleh dipagar? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh orang-orang yang berencana untuk mengambil rumah di perumahan. Rumah cluster sendiri merupakan jenis perumahan dimana semua rumah yang ada di dalamnya memiliki desain dan Konsep seragam.

Desain rumah cenderung modern dan fungsional. Pihak pengembang juga sudah memperhitungkan segala sesuatunya agar perumahan tersebut benar-benar aman dan nyaman untuk ditinggali.

Apakah Boleh Memasang Pagar?

Pihak pengembang perumahan cluster biasanya menerapkan beberapa peraturan tertentu bagi penghuni perumahan cluster. Salah satunya adalah tidak boleh memasang pagar. Peraturan ini disepakati bahkan secara hitam di atas putih oleh pihak penghuni selalu konsumen.

Peraturan lainnya yang biasanya diberlakukan adalah tidak boleh melakukan renovasi apalagi sampai merubah struktur bangunan maupun fasad. Para penghuni juga hanya boleh menggunakan rumah cluster sebagai rumah tinggal, bukan menggunakannya untuk tujuan komersial.

Mengapa Tidak Boleh Memasang Pagar?

Ada beberapa alasan mengapa perumahan cluster termasuk perumahan di Tangerang tidak boleh dipasang Pagar oleh para penghuninya. Alasan utamanya tentu saja karena konsep perumahan tersebut sudah merupakan kesepakatan antara pihak pengembang dan pihak-pihak lainnya dengan berbagai tujuan. Misalnya untuk tujuan estetika dan kelestarian lingkungan.

Tujuan lainnya adalah karena perumahan cluster memang mengusung konsep terbuka. Hunian semacam ini agar para penghuni dapat dengan mudah berkunjung dan berinteraksi dengan tetangganya. Sehingga, konsep perumahan modern dengan nuansa Kekeluargaan dapat dicapai.

1. Keamanan Yang Terjamin

Apakah rumah cluster boleh dipagar? Jawabnya adalah tidak seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun jangan khawatir. Tanpa adanya pagar pun, sistem keamanan di perumahan cluster sudah sangat terjamin. Pihak pengembang sudah menerapkan  sistem pengamanan yang berkualitas tinggi untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Salah satu penerapan sistem keamanan pada perumahan cluster adalah adanya sistem one gate. Sistem one gate atau sistem satu pagar adalah adanya satu pagar utama sebagai pintu masuk ke perumahan cluster. Selain menggunakan teknologi canggih seperti CCTV modern, perumahan cluster juga mempekerjakan satpam profesional.

Setiap rumah juga biasanya sudah dipasang sistem keamanan yang tidak kalah canggihnya. Hal ini untuk menghindari tindakan kejahatan yang berasal dari sesama penghuni cluster. Dengan sistem keamanan yang berlapis seperti ini, keberadaan pagar tentunya tidak diperlukan.

2. Tetap Diberikan Pembatas

Lalu, bagaimana cara membatasi satu rumah dan rumah lainnya? Sebagai pembatas, pihak pengembang sudah membangun batas beton antara satu rumah dan rumah lainnya. Pagar beton ini khususnya untuk membatasi halaman yang memang terbuka. Jadi, jangan khawatir jika tetangga Anda akan mengklaim wilayah Anda.

Demikianlah jawaban untuk apakah rumah cluster boleh dipagar? Anda bisa mempertimbangkan hal-hal yang disebut di atas sebelum memutuskan untuk mengambil unitnya atau tidak.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top